Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram ke Galeri

Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram ke Galeri – Instagram sebenarnya sudah mempunyai fitur untuk menyimpan postingan, tetapi hanya dapat dilihat di aplikasi dan membutuhkan koneksi internet melalui menu “Tersimpan” (tidak masuk ke galeri).

Sehingga kita tidak bisa melihat dan membagikan foto dan video tersebut dengan leluasa.

Belum lagi kalau postingan foto dan video di Instagram yang ingin kita simpan tersebut dihapus oleh orang yang mengunggah, maka Anda otomatis juga tidak akan bisa melihatnya kembali..

Bahkan jika foto dan video tersebut adalah hasil unggahan Anda sendiri, Anda tetap tidak bisa menyimpan foto dan video tersebut ke galeri.

Lalu, bagaimana cara untuk menyimpan foto maupun video dari Instagram ke Galeri? Berikut ini Ngeneki berikan langkah-langkahnya secara lengkap. Simak baik-baik ya.

Baca juga: Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri HP Tanpa Aplikasi

Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram ke Galeri

Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk menyimpan foto dan video di IG ke galeri. Istilah lainnya Anda dapat download foto dan video tersebut.

Cara yang pertama adalah menggunakan aplikasi pihak ke tiga dan cara ke dua menggunakan website downloader. Anda dapat memilih sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba.

Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram ke Galeri dengan Aplikasi

  1. Pertama, download dan install aplikasi Instasave for Instagram – Photos & Videos Downloader di Google Play Store.Instasave
  2. Apabila sudah terpasang, buka aplikasi Instagram dan cari foto atau video yang ingin Anda simpan ke galeri.
  3. Klik ikon seperti titik tiga pada bagian pojok kanan atas bagian foto atau video, lalu pilih “Salin Tautan“.Salin Tautan
  4. Lalu akan muncul notifikasi dengan tulisan “Unduh selesai!“. Sekarang silahkan buka galeri yang ada di smartphone Anda dan buka folder dengan nama “DownloadInstagram“.Notifikasi dan Galeri
  5. Selesai, gambar atau video yang Anda download sudah muncul di galeri. Ini bertanda bahwa konten tersebut berhasil disimpan secara offline di memori.

Sebagai tambahan Anda juga dapat melakukan repost atau membagikan konten yang tadi disimpan ke media sosial lain dengan membuka aplikasi tersebut.

Selain Instasave buatan DEV CHOKEIR ada beberapa aplikasi lain yang saya rekomendasikan untuk menyimpan foto dan video dari Instagram ke galeri dengan langkah-langkah yang mirip. Diantaranya sebagai berikut.

  • InstaSave – photo & video Downloader for INSTAGRAM
  • Foto & Video Downloader untuk Instagram-Repost IG
  • iSave – Photo and Video Downloader for Instagram
  • Downloader for Instagram: Photo & Video Saver

Baca juga: Cara Membuat Foto Keren untuk Instagram

Bagi Anda yang tidak ingin kerepotan mendowload sebuah aplikasi, saya juga memberikan trik yang bisa digunakan untuk menyimpan foto dan video di Instagram tanpa aplikasi.

Cara ini nanti hanya memanfaatkan browser yang sudah pasti ada di setiap smartphone Android. Langsung saja simak berikut langkah-langkahnya.

Cara Menyimpan Foto dan Video dari Instagram ke Galeri Tanpa Aplikasi

Salin Tautan
Paste dan Ketuk
Download Image
  1. Pertama, buka Instagram dan cari foto atau video yang ingin di download. Lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Salin tautan“.
  2. Buka Google Chrome (bisa juga browser lain), kemudian buka situs https://downloadgram.org/.
  3. Paste tautan dari foto atau video yang sudah di salin dari Instagram tadi pada kolom yang tersedia, kemudian ketuk “Download” (apabila muncul iklan, silahkan di close saja).
  4. Selanjutnya ketuk tombol “Download Image“.
  5. Selesai, sekarang Anda telah berhasil menyimpan foto atau video tersebut, biasanya hal ini ditandai dengan notifikasi yang menyatakan bahwa download telah selesai. Kemudian Anda bisa langsung cek di galeri pada folder “Download/Unduhan“.

Adapun situs lain yang bisa Anda coba untuk mengunduh konten dari Instagram dengan cara yang hampir sama diantaranya sebagai berikut.

  • https://www.dredown.com/instagram
  • https://instadownloader.co/id/
  • https://instaview.me/id
  • https://instaoffline.net/

Baca juga: Cara Menyembunyikan Foto di Instagram tanpa Menghapus

Dari kedua metode di atas Anda bisa menyesuaikan sendiri mana yang menurut Anda paling mudah dan cocok.

Semoga artikel cara menyimpan foto dan video dari Instagram ke galeri ini dapat membantu kalian.

Ingat! jangan pernah menggunakan cara ini untuk disalahgunakan. Terima kasih.


Artikel Tentang Instagram Lainnya:

Tinggalkan komentar