Cara mendapatkan banyak followers di Instagram
Instagram

Cara Mendapatkan Banyak Followers di Instagram, Wajib Dicoba!

Mempunyai banyak followers Instagram menjadi sebuah keinginan bagi beberapa orang dengan tujuan masing-masing.

Ada yang ingin menjadi seorang selebgram dengan akun miliknya, ada juga yang digunakan untuk berbisnis. Keduanya bisa dicapai dengan beberapa tips yang sama.

Sebelum menuju ke tips, saya akan menyebutkan beberapa manfaat yang bisa Anda dapat jika mempunyai banyak followers di Instagram, seperti

  • Membuat akun Anda dikenal lebih banyak orang
  • Membuat akun Instagram lebih dipercaya oleh publik
  • Bisa memberikan pengaruh positif ke masyarakat (ifluencer)
  • Membuat konten yang Anda bagikan bisa dilihat lebih banyak orang
  • Mendapatkan centang biru (akun verified)
  • dan masih banyak lagi

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan ada banyak followers Instagram, maka jumlah followers juga bisa dikatakan sebagai sebuah aset.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan banyak followers tersebut? simak berikut ini.

Cara Mendapatkan Banyak Followers di Instagram

Menentukan tujuan

Kenapa Anda membuat akun Instagram? Kenapa Anda menginginkan banyak followers Instagram?

Dua pertanyaan tersebut wajib Anda jawab sebelum menuju ke langkah-langkah selanjutnya, sebab akan sangat disayangkan jika Anda mempunyai banyak followers tetapi tidak tahu tujuannya untuk apa atau bahkan hanya untuk pamer saja.

Secara garis besar ada beberapa jenis akun yang harus Anda pahami, beberapa diantaranya sebagai berikut.

  • Akun personal yang membuat Anda bisa menjadi seorang selebgram
  • Akun bisnis untuk mengenalkan produk dan jasa yang Anda miliki
  • Akun publik atau hiburan

Jika sudah menentukan tujuan Anda akan lebih mudah untuk menentukan berbagai hal pada langkah berikutnya.

Mengubah jenis akun

Apa jenis akun Instagram Anda sekarang?, umumnya ada tiga jenis akun Instagram yaitu akun privasi, biasa, dan akun bisnis.

Saya menyarankan Anda untuk mengubah ke akun bisnis atau privat, tetapi ini tidak wajib, tergantung tujuan Anda sendiri, sebab setiap jenis akun memiliki keunggulan masing-masing.

Akun bisnis membuat akun Instagram Anda terlihat lebih profesional untuk publik, ini sangat cocok jika Anda ingin mendapatkan banyak followers karena ketika menunggah sebuah konten, maka konten tersebut bisa dilihat oleh semua orang, bahkan dapat memanfaatkan hashtag yang sedang trending (dijelaskan di tips berikutnya).

Jika Anda memilih akun privat (digembok) maka konten yang diunggah hanya bisa dilihat oleh followers yang sudah dikonfirmasi saja, tetapi ini juga akan membuat publik penasaran dan mengikuti jika mereka ingin melihat konten yang Anda unggah.

Memilih username, foto profil, bio, dan highlighs stories yang unik

Saat memilih username, usahakan buat sesingkat mungkin sehingga mudah dihafalkan, hindari karakter seperti angka dan underscore, unik

Pada bagian foto profil gunakan foto yang mencerminkan konten yang Anda buat di Instagram, misal akun Anda tentang info pantai, maka gunakan ikon pantai pada foto profil untuk membuat publik lebih mudah mengenali

Atur juga bio Instagram sebagus mungkin. Jika akun Anda digunakan bisnis, gunakan kalimat yang profesional, isi dengan slogan, dan beberapa hal ikonik dari produk atau jasa yang ditawarkan. Namun jika akun Anda adalah akun personal, isi bio dengan kalimat yang unik.

Setelah munculnya stories di Instagram, pada halaman profil kita juga dapat menampilkan sorotan stories yang berisi IG stories yang pernah kita buat sebelumnya.

Ini bisa menjadi bagian penting bagi akun Anda jika ingin mendapatkan banyak followers Instagram, sebab seseorang yang melihat halaman profil akun Anda bisa tertarik untuk mengikuti.

Mengunggah konten yang menarik secara konsisten

Instagram adalah media sosial yang mengutamakan konten berupa foto dan video sehingga Anda wajib memperhatikan berbagai hal dalam konten yang Anda buat. Ini bisa disesuaikan dengan tema dari akun Instagram Anda.

Jika Anda adalah seorang fotografer, isi dengan konten berupa foto yang keren hasil dari jepretan Anda, jika akun Anda berupa akun jualan, selingu juga dengan konten yang informatif dan cenderung menarik perhatian.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu dari segi desain dan caption. Gunakan desain sebaik mungkin untuk konten yang Anda unggah. Begitu juga dengan caption.

Lalu unggah konten secara konsisten, tidak harus spam, tetapi paling tidak satu minggu ada satu dua kali foto atau video yang Anda unggah. Ini bertujuan agar akun Anda dinilai aktif oleh Instagram dan sering direkomendasikan ke pengguna Instagram lainnya.

Menyematkan hashtag pada setiap konten yang diunggah

Hashtag adalah bagian penting dari sebuah caption, apalagi jika akun Anda dibuat publik alias tidak digembok. Pengguna Instagram lain akan lebih mudah menemukan unggahan dan akun Anda dengan menyematkan hashtag.

Saat membuat hashtag usahakan jangan terlalu banyak, maksimal enam saja karena Instagram akan menilai spam jika terlalu banya. Gunakan juga hashtag yang memang berkaitan dengan konten dan akun yang Anda unggah, misalnya saja Anda mengunggah foto keren, gunakan hashtag #fotografi #foto #fotokeren dan sebagainya.

Mengikuti topik tertentu dan berinteraksi dengan pengguna lain

Jika ingin mendapatkan banyak followers Instagram, Anda wajib aktif juga menggunakan akun tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti akun tertentu yang serupa dengan topik dari akun Anda.

Misalnya akun Anda adalah tentang quotes, Anda bisa mengikuti akun quotes yang lainnya seperti @zonakata2 dan lain-lain.

Tidak berhenti di situ juga, Anda sesekali harus berinteraksi dengan pengguna lain, dengan cara berkomentar dan membalas komentar pengguna lain. Ini bertujuan agar lebih banyak orang yang melihat aktifitasmu di Instagram.

Menambah relasi di kehidupan nyata

Instagram memanglah media sosial, tapi terlepas dari itu relasi di dunia nyata juga bisa menjadi kelebihan tersendiri demi memperoleh pengikut di Instagram. Misalnya akun Anda adalah akun pribadi, dengan bergabungnya Anda di komunitas maka akan semakin banyak orang juga yang mengenal dan tidak menutup kemungkinan mengikuti akun Anda.

Kehidupan nyata ini bisa menjadi jurus yang ampuh, misalnya saja Anda juga terkenal di dunia nyata, ini akan otomatis membuat akun media sosial Anda diintip banyak orang. Untuk bisa dikenal orang di dunia nyata Anda bisa membuat sebuah prestasi tertentu.

Beriklan

Jika Anda ingin lebih cepat dalam mendapatkan banyak followers Instagram Anda bisa memilih untuk mengiklankan konten dan akun Instagram Anda. Cara ini cocok untuk yang membuat akun Instagram sebagai akun bisnis, misal untuk mengenalkan produk dan jasa yang Anda miliki.

Instagram Ads, membuat Anda bisa menampilkan konten di akun Instagram orang lain secara tertarget menurut minat, umur, wilayah, dan lain sebagainya.

Karena berbayar, maka saya sarankan untuk merencanakan lebih matang lagi ketika akan menggunakan Instagram Ads supaya tidak merugi. Untuk step by step-nya bisa Anda lihat di internet atau artikel iannya.

Menggunakan aplikasi auto followers Instagram

Cara ini adalah cara yang sangat tidak saya sarankan, tetapi saya tulis untuk menambah wawasan Anda. Sebab banyak orang yang menggunakan cara ini demi mendapatkan banyak followers Instagram secara instan. Tidak salah juga sebenarnya, tapi harus menerima juga resikonya.

Resikonya aplikasi auto followers tersebut membuat akun Anda juga mengikuti orang lain yang menggunakan aplikasi tersebut secara otomatis. Selain itu resiko lainnya adalah akun Anda bisa diberi peringatan oleh Instagram karena dideteksi login di device yang mencurigakan.

Kerugian lainnya yang Anda dapat yaitu akan merusak kualitas akun Instagram Anda. Memang benar jumlah followers Anda bisa banyak, tapi tidak semua akun yang mengikuti akun Anda adalah akun yang aktif.

Ini berdampak bagi akun Anda kedepannya, postingan Anda bisa saja sulit muncul diberanda pengikut dan tidak direkomendasikan oleh Instagram sebab terdeteksi oleh algoritma.

Beli followers

Mirip dengan aplikasi auto followers, bedanya jika Anda membeli kemungkinan followers yang Anda dapatkan bisa jauh lebih banyak. Selain itu biasanya Anda hanya menyetorkan username Instagram saja ke penjual jasa tersebut.

Resiko dan kerugiannya sama seperti menggunakan aplikasi auto followers. Dan karena jumlah followers yang didapat bisa jauh lebih banyak, maka kemungkinan followers Anda hilang (drop) juga sangat besar. Bisa saja, di hari pertama followers Anda bertambah sekian ribu, di hari kedua semuanya hilang begitu saja.

Itu dia sepuluh cara untuk mendapatkan banyak followers Instagram. Baca juga artikel saya lainnya tentang Instagram. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    4 Replies to Cara Mendapatkan Banyak Followers di Instagram, Wajib Dicoba!

    1. Bingung mau fokus update konten apa di akun Instagram, tapi penginnya dapetin banyak follower. Jiwa desain pun masih newbie2 amat buat upload tentang konten blogging.

      1. Iya, sering gitu kalau mau mulai. Tapi jangan kebanyakan mikir, mending langsung mulai aja gak harus langsung sempurna kok…

      1. Wah kalau bisnis masih cetek bro, tapi saran dari gw cari model bisnis yang jelas dan sesuai minat, gabung ke komunitas tentang bisnis, bikin target, tapi fokus dengan target paling kecil dulu, jalanin ae

        Semakin lancar, ya perhatikan kualitas, pelayanan, konsistensi, serta branding

        Percaya apa nggak, bisnis itu enak kalau ditulis secara teori, tapi pas dijalaninya butuh kegigihan untuk mencapai kesuksesan

        Yang penting jalanin aja dulu, no gengsi, nanti akan selalu ketemu solusi dari setiap permasalahan

        Semangat borrrrr

        #MagetanAdem, Gresik piye?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *