Manfaat Warehouse Management System (WMS) - Ngeneki.com

Manfaat Warehouse Management System (WMS)

Warehouse Management System (WMS) yang dalam bahasa Indonesia adalah Sistem Manajemen Pergudangan adalah kunci utama pasokan gudang. Tujuan utama dari manajemen ini adalah mengontrol semua proses yang terjadi dalam gudang termasuk pengiriman (shipping), penerimaan (receiving), penyimpanan (putaway), pergerakan (move) dan pengambilan (picking).

Pada saat ini WMS bisa memanfaatkan teknologi seperti Radio Frequency, WiFi LAN, Barcode Scanner, Email dan teknologi lainnya. Tujuan dibuat WMS yakni menyediakan komputerisasi satu set prosedur tindakan-tindakan di gudang.

Sistem ini tentu memudahkan pekerjaan karyawan logistik suatu perusahaan. Nah, berikut ini dasar-dasar penggunaan WMS dan manfaat warehouse management system yang perlu anda ketahui!

Manfaat Warehouse Management System

Warehouse Management System

Ada beberapa manfaat dari Warehouse Management System (WMS) yang akan membuat anda merasa perlu memilikinya. Berikut penjelasannya:

Mengurangi pengeluaran gaji karyawan

Biaya tenaga kerja gudang bisa sangat tinggi ketika ada jumlah barang yang besar. Menerapkan WMS berarti bahwa perusahaan dapat mengurangi tingkat karyawan dengan dua cara.

Di saat kondisi jumlah barang normal, akan lebih hemat dalam pengeluaran gaji karyawan. Selain itu, saat musiman dengan kondisi barang melonjak, kegiatan ini bisa dikelola dengan baik daripada perekrutan staf sementara.

Mengurangi pengerluaran terhadap peralatan

Karena WMS merupakan sistem komputasi yang mana semuanya dilakukan melalui komputer, sehingga bisa mengurangi penggunaan peralatan.

Hal ini menghasilkan pengurangan yang signifikan pada anggaran pemeliharaan tahunan dan pembelian peralatan baru.


Mengurangi Kerugian Persediaan

Jika gudang anda memiliki jumlah persediaan yang salah, akan mengakibatkan kehilangan jejak barang-barang anda.

Jika anda memiliki item di gudang yang tidak terhitung pada catatan memungkinkan anda akan memesan stok lagi, yang menyebabkan kelebihan stok.

Dengan WMS, anda mendapatkan catatan inventaris yang tepat dan bersamaan, membantu menghindari masalah ini.

WMS juga akan melacak tanggal kedaluwarsa produk untuk memastikan rotasi stok yang tepat, menghindari kesalahan informasi dan pemborosan, serta menghemat uang.

Penggunaan Ruang Lebih Efisien

WMS sangat ideal untuk mengelola ruang di gudang anda untuk penyimpanan yang lebih efisien. Warehouse Management System membuat anda mampu melihat area penyimpanan dan lokasi di gudang secara menyeluruh.

Itu berarti mudah dalam menata, mengorganisasi penyimpanan barang berdasarkan kemudahan pencarian.WMS bahkan dapat memberi tahu Anda tempat terbaik untuk menyimpan barang berdasarkan dimensi dan beratnya.

Meningkatkan Kapasitas Gudang

Berkat kemampuan jenis program wms ini dalam memberikan informasi yang akurat tanpa lama, memungkinkan stok bergerak lebih cepat melalui gudang anda untuk meningkatkan kapasitas.

Dengan memberikan catatan inventaris yang benar, memiliki WMS akan menyelamatkan anda dari overstocking, yang pada akhirnya meningkatkan nilai rupiah dari stok yang anda miliki.

Menghemat waktu pencarian dan meminimalisir kerusakan barang

Karena semua stok barang tertata dengan rapi, menjadikan karyawan lebih mudah dalam mengelola barang. Sehingga, cepat mencari barang saat akan dijual.

Karena pencarian yang mudah dan penataan yang rapi, akan meminimalisir terjadinya kerusakan stok.

Memaksimalkan Produktivitas Tenaga Kerja

Jika anda menemukan staf yang membuang-buang waktu untuk mencari inventaris, atau berkeliling, tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, WMS mengatasi hal itu.

Mempunyai WMS akan membantu mereka dalam meningkatkan produktivitas pekerjaannya dengan mengelola dan memprioritaskan pekerjaan.

Lebih dari itu, WMS dapat memberi tahu anda berapa banyak anggota staf yang dibutuhkanuntuk menyelesaikan suatu tugas dan berapa lama tugas itu harus dilakukan.

Jika gudang anda dapat menggunakan tangan untuk meningkatkan organisasi, efisiensi dan produktivitas, sistem manajemen gudang sangat ideal untuk mengelola operasi logistik harian sekaligus menghemat waktu dan uang anda.

Peningkatan Layanan Pelanggan

WMS memungkinkan dokumen inventaris berkurang yang berarti laporan, memilih tiket, memindahkan tiket, dan daftar pengepakan semuanya dapat dilakukan secara elektronik.

Dengan merampingkan proses dari pemesanan hingga pengiriman, ketersediaan produk, maka dapat lebih akurat menentukan tanggal pengiriman kepada pelanggan.

Tak hanya itu, langkah ini juga mengurangi tingkat keluhan pelanggan dan meningkatkan keseluruhan layanan pelanggan anda.

Pengetahuan Dasar Tentang Warehouse Management System


Pengetahuan Dasar Warehouse Management System
  • Proses masuk: barang perlu diperiksa dan dicatat saat diterima dan disimpan di gudang yang benar. Atau dikemas untuk pengiriman tanpa penyimpanan lebih lanjut (cross-docking).
  • Tata letak gudang dan slotting: barang yang bergerak cepat harus dekat dengan bagian depan, barang yang sering dibeli bersama harus berdekatan satu sama lain, barang yang mudah keliru harus dipisahkan satu sama lain.
  • Memilih: harus mudah bagi staf anda untuk menemukan barang, dan waktu perjalanan mereka antara barang dan antara pesanan harus diminimalkan.
  • Pengepakan: pesanan anda harus dikemas dalam kemasan yang tepat, lengkap dengan faktur yang akurat dan ditambahkan ke manifes pengiriman untuk dikirim.
  • Pengiriman: pesanan yang tepat harus pada kendaraan yang tepat pada waktu yang tepat, dengan manifes pengiriman yang tepat.
  • Mengelola pengembalian: barang-barang yang dikembalikan harus dibongkar sebelum siap untuk dimuat lagi. Barang-barang ini kemudian perlu diperiksa terhadap pesanan asli dan informasi yang dicatat di akun pelanggan anda.

Penggunaan WMS memang memudahkan anda dalam mengelola gudang. Mulai dari barang masuk sampai pengiriman kepada pelanggan. Oleh karena itu, WMS penting sekali anda miliki untuk kelancaran bisnis anda.

Selain memastikan sistem pengelolaan barang di gudang, anda pun perlu memastikan bahwa karyawan anda mampu menggunakan WMS ini. Sehingga, tujuan atau manfaat mempunyai WMS dapat anda nikmati. 

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Warehouse Management System (WMS)"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel