Protokol Pengalamatan Beserta Pengertian dan Macam-Macam IP - Ngeneki.com

Protokol Pengalamatan Beserta Pengertian dan Macam-Macam IP

Protokol Pengalamatan dan Macam-Macam IP -  Selamat datang di blog Ngeneki.com, pada kesempatan kali ini juga saya akan berbagi artikel tentang salah satu materi dari rekayasa perangkat lunak yaitu Internet Protokol.

Protokol pengalamatan atau alamat protokol Internet, lebih sering dan lebih dikenal sebagai alamat IP, adalah alamat numerik unik yang digunakan perangkat elektronik untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi satu sama lain saat bekerja pada jaringan komputer.

Angka-angka ini juga digunakan untuk mengumpulkan data untuk lokasi geografis.


Perangkat apa pun yang berpartisipasi dalam jaringan komputer akan memiliki alamat IP, termasuk komputer, modem, router, sakelar, printer, mesin faks Internet, beberapa telepon, dan server infrastruktur.

Alamat protokol Internet hanya digunakan untuk komunikasi di jaringan komputer dan tidak bertindak sebagai pengidentifikasi. Pengidentifikasi adalah konsep serupa yang secara unik mengidentifikasi perangkat lain dalam jaringan.

Internet Protocol

Pengertian Internet Protokol

Internet Protokol (IP) adalah metode atau protokol yang digunakan untuk mengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya di Internet. Setiap komputer (dikenal sebagai host) di Internet memiliki setidaknya satu alamat IP yang secara unik mengidentifikasinya dari semua komputer lain di Internet.

Saat anda mengirim atau menerima data (misalnya, email atau halaman Web), pesan akan dibagi menjadi beberapa bagian kecil yang disebut paket.

Masing-masing paket ini berisi alamat Internet pengirim dan alamat penerima. Paket apa pun dikirim terlebih dahulu ke komputer gateway yang mengerti sebagian kecil dari Internet.

Lalu, komputer gateway membaca alamat tujuan dan meneruskan paket ke gateway yang berdekatan yang kemudian membaca alamat tujuan dan seterusnya di Internet sampai satu gateway mengenali paket tersebut sebagai milik komputer dalam lingkungan atau domain terdekatnya.

Gateway itu kemudian meneruskan paket langsung ke komputer yang alamatnya ditentukan.

Sejarah Internet Protokol 

Pada tahun 1974, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menerbitkan sebuah makalah penelitian oleh ilmuwan komputer Amerika Robert Kahn dan Vint Cerf, yang menggambarkan model protokol untuk koneksi jaringan paket bersama yang didasarkan pada ARPANET pendahulu internet.

Selain protokol kontrol transmisi TCP, komponen utama dari model ini adalah protokol IP yang memungkinkan untuk komunikasi di berbagai jaringan fisik.

Setelah ini, semakin banyak jaringan penelitian dikonsolidasikan berdasarkan kombinasi protokol "TCP / IP", yang pada tahun 1981 secara spesifik ditentukan sebagai standar dalam RFC 971.
Macam-Macam Alamat IP.

Alamat IP dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu:
  1. Alamat IP statis
  2. Alamat IP dinamis

Berikut penjelasan detailnya!

1. Alamat IP Statis

Seperti namanya, alamat IP statis tidak pernah berubah tetapi dapat diubah sebagai hasil dari administrasi jaringan.

Alamat IP ini berfungsi sebagai alamat Internet permanen dan menyediakan cara komunikasi yang sederhana dan handal. Dari alamat IP statis suatu sistem, bisa mendapatkan banyak detail seperti benua, negara, wilayah dan kota di mana komputer berada.

Selain itu, juga mendapatkan informasi tentang Penyedia Layanan Internet (ISP) yang melayani komputer tertentu dan informasi non-teknis seperti garis lintang dan bujur secara tepat dari negara tersebut beserta tentang lokal komputer.

Ada banyak situs web yang menyediakan pencarian alamat IP. Anda dapat mengetahui alamat IP dengan membuka halaman http://whatismyip.org/.

2. Alamat IP dinamis

Sedangkan alamat IP dinamis adalah alamat IP sementara. Alamat IP ini ditugaskan ke komputer setiap kali terhubung ke Internet.

Alamat IP ini sebenarnya dipinjam dari kumpulan alamat IP, dibagi melalui berbagai komputer. Alamat IP statis dianggap kurang aman daripada alamat IP dinamis karena lebih mudah dilacak.

Selain ada dua jenis alamat IP di atas, alamat IP juga dibagi menjadi 2 versi yakni Versi IP 4 dan Versi IP 6. Ini penjelasan lengkapnya:

IP Versi 6

IP Versi 6
IP Versi 6 atau disingkat dengan IPv6 adalah versi terbaru dari Protokol Internet. Karena Internet berkembang pesat, ada kekurangan global untuk IPv4. IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

IPv6 dimaksudkan untuk menggantikan IPv4. IPv6 menggunakan alamat 128-bit dan memungkinkan 2128 yaitu sekitar 3,4 × 1038 alamat.

Jumlah aktual sedikit lebih kecil karena beberapa rentang dicadangkan untuk penggunaan khusus atau tidak digunakan.

Alamat IPv6 diwakili oleh 8 grup dengan empat digit heksadesimal dengan grup yang didukung oleh titik dua. Misalnya: 2001: 0db8: 0000: 0042: 0000: 8a2e: 0370: 7334.

Fitur-fitur IPv6
  • IPv6 menyediakan konektivitas ujung ke ujung yang lebih baik daripada IPv4.
  • Routing yang relatif lebih cepat.
  • IPv6 menawarkan kemudahan administrasi daripada IPv4.
  • Lebih banyak keamanan untuk aplikasi dan jaringan.
  • Ini memberikan kemampuan Multicast dan Anycast yang lebih baik.
  • Fitur mobilitas yang lebih baik daripada IPv4.
  • IPv6 mengikuti prinsip-prinsip desain utama IPv4 dan sehingga transisi dari IPv4 ke IPv6 lebih lancar.

IP Versi 4

IP Versi 4
IP Versi 4 (IPv4) didefinisikan pada tahun 1981. IPv4 menggunakan alamat IP 32-bit. Jadi jumlah maksimum alamat IP adalah 232 — atau 4.294.967.296.Alamat IPv4 biasanya diformat dengan empat bidang 8-bit. Setiap bidang 8-bit mewakili byte alamat IPv4.

Setiap bidang dipisahkan dengan titik-titik. Metode mewakili byte alamat IPv4 disebut sebagai format desimal bertitik. Bytes dari IPv4 diklasifikasikan menjadi dua bagian, bagian jaringan dan bagian host.

Secara umum, sistem pengalamatan IPv4 dibagi menjadi lima kelas alamat IP. Semua lima kelas diidentifikasi oleh oktet pertama dari alamat IP.Klasifikasi lamat IPv4 adalah sebagai berikut:
  • Alamat kelas A.
  • Alamat Kelas B.
  • Alamat kelas C.
  • Alamat Kelas D.
  • Alamat kelas E.
Itulah penjelasan tentang protokol pengalamatan, pengertian beserta macam-macam IP. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda sekalian. Kunjungi terus blog ini untuk mendapatkan update terbaru. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Protokol Pengalamatan Beserta Pengertian dan Macam-Macam IP"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel