Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan - Ngeneki.com

Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan - Pelanggan adalah bagian terpenting dari perkembangan bisnis. Oleh karena itu, anda harus memberikannya pelayanan terbaik agar mereka tidak meninggalkan anda.

Ibaratnya pelanggan adalah raja dan raja selalu menginginkan yang terbaik. Penting bagi anda untuk mempelajari cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Sehingga, bisnis anda terus berkembang pesat.

Pelayanan terhadap pelanggan juga dapat membedakan bagaimana perusahaan anda dengan perusahaan lain. Tidak peduli seberapa rendah harga anda, jika layanan pelanggan anda buruk, maka akan kehilangan pelanggan tetap.

Begitu pula tidak peduli harga anda tinggi, tapi jika pelayanan pelanggan baik maka anda bisa mempertahankan pelanggan anda. nah, berikut ini cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan!

Baca juga: 5 Bisnis dengan Modal Kecil Penghasilan Besar

Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan


Terdapat beberapa tata cara yang bisa anda lakukan untuk membuat pelanggan puas dengan pelayanan anda. Inilah caranya:

1. Dapat Diakses

Pelanggan harus dapat menghubungi anda, atau seseorang di perusahaan anda, jika mereka membutuhkan layanan atau memiliki pertanyaan untuk ditanyakan. Menawarkan berbagai cara bagi pelanggan untuk menghubungi anda seperti telepon, email, dan media sosial.

Pastikan semua saluran komunikasi itu mudah dikelola dan diketahui oleh anda. Jika tidak, tingkat layanan pelanggan anda bisa suram.

Jika anda memberikan banyak saluran kontak, tetapi tidak menambah sumber daya dan staf anda, anda takkan bisa mengurus layanan pelanggan anda dengan baik.

Hasilnya pelayanan anda mengalami penurunan dan pelanggan bisa saja meninggalkan anda, lalu bisnis anda pun ikut suram.

2. Selalu Tanggapi dengan Tepat Waktu

Jika anda membuka layanan pelanggan menghubungi kontak bisa selama 24 jam, berarti anda harus dapat dihubungi kapanpun itu. Jika tidak, batasi saja waktu pelayanan pelanggan anda, misalnya pukul 08.00 – 17.00.

Dalam jangka waktu itu, pastikan telepon, email atau media sosial anda aktif dan ada staf yang siap menjawab semua pertanyaan atau membantu pelanggan.

3. Dengarkan Apa yang Dikatakan Pelanggan Anda

Pelanggan hanyalah orang biasa, dan mereka ingin didengar, terkadang yang diperlukan hanyalah amda mendengarkan apa yang mereka katakan.

Jangan hanya membela diri, perusahaan atau produk anda, dengarkan saja apa yang mereka katakan. Siapa tahu, menyampaikan point penting yang bisa anda gunakan untuk kemajuan usaha anda.

Baca juga: 7 Bisnis yang Bisa Dilakukan Hanya dengan Laptop dan Koneksi Internet

4. Perlakukan Pelanggan Anda Dengan Hormat

Jika Anda berurusan dengan pelanggan yang marah, kasar, mengeluh atau menuntut, jangan pernah mengikuti emosi mereka. Terus perlakukan pelanggan anda dengan hormat dan pada gilirannya mereka akan menghormati anda.

Mereka mungkin hanya mengalami hari yang buruk dan akan menyesali perilaku buruknya itu. Memang dia tidak menghormati anda, tapi dengan anda bisa membuat pelanggan luluh, anda akan merasa senang. Itu bukan berarti anda menurunkan derajat anda dihadapan orang tersebut.

5. Jangan Bertengkar dengan Pelanggan Anda

Ingat, anda tidak akan pernah memenangkan pertengkaran dengan pelanggan. Artinya adalah, jika anda menang, anda akan membuat pelanggan pergi dan kehilangan bisnis. Kita semua paham betul bahwa pelanggan sering salah, tetapi bukan ide yang baik untuk membela diri.

Fokus pada apa yang terjadi dan lihat bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikan situasi. Tanggapi kekacauan dalam bisnis anda dengan kepala dingin.

6. Hormati Komitmen Anda

Lakukan apa yang anda katakan akan anda lakukan. Jika anda menawarkan jaminan, maka anda harus menghargainya. Jika anda mengatakan anda akan menjawab email, maka tanggapi mereka.

Sangat menjengkelkan bagi siapa pun yang dijanjikan sesuatu, tapi malah tidak mendapatkannya. Langkah itu merupakan cara yang pasti untuk menghancurkan suatu hubungan.

7. Lakukan Apa Yang Anda Katakan

Jika anda berjanji untuk menghubungi pelanggan pada hari Senin, teleponlah mereka pada hari Senin. Ini sangat sederhana. Jika anda ingin mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari pelanggan, anda harus mengikuti dan melakukan apa yang anda katakan.

Dari sudut pandang pelanggan, kita semua tahu betapa menjengkelkan dan membuang-buang waktu untuk menunggu panggilan telepon, email, atau kunjungan dari seseorang yang (ternyata) tidak punya niat untuk menindaklanjuti. Jadi, tepatilah apa yang anda katakan pada pelanggan.

8. Fokus pada Hubungan Pelanggan, Bukan Penjualan

Agar bisnis anda menikmati kesuksesan jangka panjang, anda harus memupuk hubungan jangka panjang. Mengorbankan hubungan jangka panjang untuk membuat penjualan jangka pendek merusak bisnis anda.

9. Akui Saat Anda Membuat Kesalahan

Kita semua manusiaa dan kita semua pernah membuat kesalahan. Satu pelajaran yang sangat berharga tentang layanan pelanggan adalah, ketika anda melakukan kesalahan, jangan menyangkal atau mencoba untuk menutupinya.

Akui saja kesalahan anda, minta maaf, dan lakukan apa pun untuk memperbaiki situasi. Pelanggan anda akan menghargainya dan tidak ada yang kehilangan pelanggan dengan cara ini. Justru mereka akan semakin simpati kepada anda.

Baca juga: 5 Pekerjaan yang Bisa dilakukan dan Menguntungkan di Internet

10. Latih Staf Anda

Ketika staf  atau karyawan dilatih untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, mereka akan tahu dalam membuat keputusan saat berhadapan dengan pelanggan. Pastikan mereka memahami sepenuhnya prinsip-prinsip layanan pelanggan yang berlaku untuk bisnis anda.

Jika anda tidak yakin mereka mampu melakukan hal yang benar, maka anda telah merekrut orang yang salah. Jadi, saat anda merekrut karyawan, berilah pelatihan dulu tentang layanan pelanggan. Setelah itu pastikan semua staf mau melakukan pelayanan terbaik pada pelanggan.

Penutup...

Setelah membaca sepuluh langkah di atas, bagaimana anda menilai layanan pelanggan anda? Jika merasa ada yang kurang dari cara memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan di atas, anda perlu meningkatkan layanan pelanggan anda.

1 Komentar untuk "Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan"

  1. Terima kasih atas tipsnya dan sekaligus juga nasihatnya, dapat menambah wawasan saya dalam hal menjalin hubungan yang baik dengan para customer, tetap semangat postingnya ya min

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel