Cara Melacak No HP Lewat WA, Aplikasi, dan SMS - Ngeneki.com

Cara Melacak No HP Lewat WA, Aplikasi, dan SMS

Melacak No HP Lewat WA - Aplikasi WhatsApp ternyata tidak hanya dapat digunakan untuk berkirimpesan! Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini aplikasi pesan instan terpopuler ini juga bisa digunakan untuk melacak nomor hp atau keberadaan si pemilik ponsel.

Cara melacak no HP lewat WA pun terbilang mudah karena hanya bermodalkan laptop atau PC dan jaringan internet. Penasaran?

Anda mungkin membayangkan bahwa urusan melacak identik dengan FBI dan detektif yang terkesan keren. Namun dengan semakin banyaknya aplikasi, Anda bisa melakukan pelacakan dengan mudah.


Baca juga: 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Saat Browsing di Android

Yang perlu diingat, melacak nomor handphone hanya dilakukan jika ada kebutuhan mendesak, seperti ingin menemukan seseorang.

Cara Melacak No HP Lewat WA Melalui Laptop atau PC

Cara Melacak No HP Lewat WA
Aplikasi WhatsApp hanya dapat berjalan menggunakan jaringan internet. Untuk melakukan pelacakan, Anda memanfaatkan jaringan internet tersebut yaitu dengan mencaritahu IP Address dari jaringan internet yang digunakan oleh target Anda.

Dengan kata lain, cara yang satu ini tidak bisa berjalan dengan baik tanpa adanya koneksi internet baik untuk Anda maupununtuk target.

Pada dasarnya agar kegiatan pelacakan dapat berjalan dengan mulus, Anda juga membutuhkan kerjasama dari target yang ingin dilacak.

Pasalnya Anda harus mengetahui IP Address dari target untuk menentukan lokasi keberadaan yang bersangkutan.


Bagaimana cara mendapatkan IP Address dari target? Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah mengajak chatting melalui aplikasi WhatsApp.

Untuk melacak nomor hand phone melalui laptop, Anda tidak perlu mendownload aplikasi apapun. Hanya dengan membuka WhatsApp Web melalui browser, Anda bisa menjalankan misi untuk mendapatkan IP Adress yang dimaksud.

Siap untuk melacak keberadaan seseorang melalui WhatsApp di handphone? Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini.
  1. Buka WhatsApp Web pada browser di laptop. Hubungkan dengan WhatsApp Anda dengan scan barcode yang muncul di layar laptop atau komputer.
  2. Setelah terhubung, mulailah untuk mengirim pesan pada target. Kirim pesan dan pastikan Anda mendapatkan balasan dari target. Tanpa balasan, Anda akan kesulitan untuk menjalankan misi ini.
  3. Setelah mendapatkan balasan, tutup semua aplikasi yang berjalan di belakang layar. Untuk melakukannya, buka fungsi Task Manager dengan menekan Ctrl+Alt+Delete. Tutup seluruh aplikasi kecuali yang digunakan untuk membuka WhatsApp Web.
  4. Selanjutnya tekan Win+R pada keyboard untuk memulai proses pelacakan. Setelah muncul dialog box, ketik cmd kemudian tekan enter.
  5. Padatampilan command prompt, ketik netstat -an kemudian tekan enter.
  6. Catat IP Address yang tercantum.
  7. Setelah mendapatkan alamat IP, Anda bisa melakukan pelacakan melalui website http://www.ip-address.com/ip_tracer/.
  8. Selsai, Anda telah mengetahui lokasi dari target.

Mudah sekali bukan? Tanpa mengunduh aplikasi, Anda bisa mengetahui di mana lokasi seseorang sehingga bisa menemukannya dengan mudah.

Meskipun demikian, tidak seharusnya Anda melakukan pelacakan tanpa alasan yang dibenarkan karena hal tersebut merupakan bagian dari privasi.

Yang perlu ditekankan sekali lagi, cara ini hanya bisa dilakukan apabila Anda dan target sama-sama terhubung dengan jaringan internet.

Apabila salah satu tidak bisa mendapatkan koneksi internet, maka langkah-langkah tersebut tidak dapat dijalankan.

Alternatif Cara Melacak No HP Lewat WhatsApp

Jangan khawatir. Anda dapat menggunakan cara lain untuk melacak lokasi seseorang tanpa melalui langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

Anda penasaran? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui keberadaan seseorang melalui smartphone.

1. Fitur live location

Cara yang satu ini cukup berbeda dari metode sebelumnya. Jika dengan WhatsApp Web Anda bisa melacak keberadaan target tanpa diketahui, dengan fitur Live Location maka Anda harus meminta secara baik-baik kepada target.

WhatsApp memang telah membekali aplikasinya dengan fitur Live Location yang memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi secara real time. Dengan mengikuti peta yang terkirim,

Anda bisa melacak keberadaan seseorang dan menemukannya dengan mudah. Meskipun demikian, Anda harus meminta target untuk mengaktifkan fitur tersebut. Jadi tidak ada lagi yang namanya melacak secara rahasia apabila menggunakan metode yang satu ini.


2. Aplikasi Android

Jika Anda ingin melacak nomor handphone tanpa WhatsApp, ada beberapa pilihan menarik yang bisa dipertimbangkan. Untuk melacak nomor handphone, Anda juga mengunduh aplikasi yang berguna.

Beberapa pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan antara lain HLR Lookup, Phone Tracker by Number, ComodoAnti Theft, hingga Google Find My Device.

Keseluruhan aplikasi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui lokasi seseorang. Tanpa root ponsel, aplikasi dapat dijalankan dengan mudah melalui smartphone Anda.

Sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melacak seseorang seperti IMEI Tracker dan Google Maps atau aplikasi lokal seperti Lacak Ponsel dan Lacak Nomor HP.

3. SMS

Ternyata Anda juga bisa melacak lokasi seseorang tanpa terhubung dengan jaringan internet. Hanya melalui SMS, Anda bisa mengetahui keberadaan nomor yang diinginkan.

Meskipun demikian, cara ini hanya tersedia untuk pengguna Telkomsel. Untuk memanfaatkan cara ini Anda hanya perlu menghubungi nomor khusus yang telah disediakan oleh provider.

Selainitu, provider Telkomsel juga memungkinkan Anda untuk melacak keberadaan nomor handphone melalui aplikasi My Telkomsel. Pastinya Anda harus terhubung dengan internet jika ingin memanfaatkan cara yang satu ini. 


Cara Melacak No HP Lewat WA sangatlah mudah. Hanya berbekal laptop atau PC, Anda hanya perlu mengakses WhatsApp Web untuk mendapatkan IP Address dari korban. Namun cara ini tidak dapat dilakukan jika Anda tidak terhubung dengan internet.

Yang terpenting, bijaklah ketika ingin melacak keberadaan seseorang. Pastikan Anda mempunyai alasan khusus untuk melakukannya. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melacak No HP Lewat WA, Aplikasi, dan SMS"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel