Cara Paling Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di HP Android - Ngeneki.com

Cara Paling Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di HP Android

internet di android
Ngeneki.com - Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android, Internet saat ini memang sudah sangat berkembang hingga dapat diakses dengan berbagai gadget seperti pada ponsel pintar Android yang sudah tak asing lagi kita jumpai di mana-mana.
Meskipun demikian namun kecepatan koneksi yang ngebut dan stabil belum bias dirasakan oleh semua orang.

Padahal semua pengguna Android pasti menginginkan internet yang cepat termasuk saya pribadi maupun kalian. Apalagi bagi orang-orang yang bekerja dengan memanfaatkan internet, hobi, suka download file, atau senang untuk streaming video. Tentu saja itu semua pasti membutuhkan koneksi yang stabil.


Namun sayangnya di setiap Negara mempunyai tingkat kecepatan yang berbeda-beda dan banyak sekali faktor penyebab koneksi internet menjadi lemot, lag, atau tidak Stabil. Sehingga gak jarang kalau mungkin membuat banyak orang mencari-cari cara untuk mengatasinya, kebingungan, dan bertanya-tanya bagaimana caranya supaya bisa ngebut yaaaa?.

Kalau memang benar mungkin sudah banyak sekali cara, tips, maupun trik yang tersebar dimana-mana terutama di dunia internet sendiri.

Tapi tahukah kalian bahwa tidak semua yang ada disana itu aman, banyak sekali cara mempercepat koneksi internet yang menurut saya cukup beresiko dan bisa jadi malah membuat semakin lemot.
Salah satu contoh adalah menggunakan VPN maupun dengan menginstall aplikasi tambahan apalagi aplikasi tersebut tidak ada di Play Store. Jangan deh! mending ikutin cara aman saja dalam mempercepat daripada menyesal.

Nah, oleh karena itu tepat banget sobat membaca postingan ini karena dibawah saya akan jelaskan beberapa tips cara supaya internetan di smartphone Android gak lemot lagi dan gak aneh-aneh deh.

Cara mempercepat koneksi internet di Android


Menggunakan provider terbaik

Provider merupakan penyedia layanan yang kita gunakan untuk mengakses internet atau lebih mudahnya disebut dengan operator.

Dari berbagai provider yang ada gak semuanya bisa diandalkan untuk internet karena memang setiap provider biasanya memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri.

Maka dari itu bijaklah dalam memilih penyedia layanan internet entah itu dari kartu SIM di android maupun jaringan WiFi untuk mengakses internet.

Kenali lokasi

Pahami dulu tempat tinggal kamu atau dimana kamu menggunakan internet karena cepat lambatnya juga bisa dipengaruhi oleh hal yang satu ini.

Semakin jauh dari tower untuk jaringan kartu SIM pasti semakin susah sinyal yang didapat dan berakibat koneksi internet menjadi lemot.

Meskipun dengan WiFi namun jika jarak antara operator sobat berlangganan dengan tempat tinggal jauh maka kabel yang digunakan semakin panjang dan melewati banyak tempat, hal itu juga semakin besar resiko terkena gangguan.


Usahakan sudah berada di jaringan 4G

Zaman sekarang masih belum 4G itu kelihatan kuno banget deh kecuali pake WiFi ya. Soalnya wacana 5G aja udah banyak.

Jadi kalau kamu masih pake jaringan Edge, H+, 3G segera upgrade ke 4G, karena jika disesuaikan dengan isi internet saat ini sudah mulai keberatan deh.

Berlangganan paket internet yang tepat

Pahami betul paket yang kamu pilih untuk mengakses internet. Jangan mudah terkecoh dengan nama maupun harga.

Saat ini paket internet unlimited bisa lebih murah daripada yang dibatasi kuota.
Namun sayangnya paket internet unlimited tersebut punya FUP atau batasan kuota juga, hingga setelah batas tersebut habis maka kecepatan internet jadi lamban.

Percumah deh, embel-embel unlimited setelah FUP malesin banget buat dipake.
Mending yang kuota tapi benar-benar lancar, stabil, dan ngebut.


Gunakan sistem Android versi terbaru

Sistem operasi sangat berpengaruh dalam segala isinya termasuk juga jika kamu menggunakan yang terbaru dan pasti yang lebih baik lagi bisa dibilang termasuk upaya yang juga mempercepat koneksi.
Selain itu sistem pasti lebih optimal dalam berbagai sisi atau fitur.

Update aplikasi

Aplikasi yang ada di HP juga jangan lupa untuk selalu diupdate.

Sama seperti sistem operasi, versi terbaru pasti lebih baik dari sebelumnya entah itu media sosial, browser, bacaan, games, dan lain sebagainya.

Gunakan browser yang ngebut

Nah, buat kamu yang hobinya berselancar browser adalah sesuatu yang sangat vital banget keberadaanya.

Bagaimana tidak dari sekian banyaknya browser di Android tidak semuanya bisa diandalkan, bahkan justru ada yang menjadikan kita terganggu dengan notifikasi berita dan lain sebagainya.

Maka dari itu gunakan browser yang ringan dan ngebut, kalau perlu yang biasanya ada fitur mempercepat biar lebih nyaman saat mencari informasi di internet terutama dari mesin pencari.

Kurangi jumlah aplikasi yang ada

Hapus saja aplikasi yang tidak perlu, selain membuat memori terpenuhi tetapi aplikasi tersebut biasanya juga bisa berjalan dilatar belakang meski kita tidak membuka sama sekali.
Belum lagi yang menggunakan data internet, mending hapus deh.

Matikan aplikasi yang berjalan otomatis di latar belakang

Jika benar-benar sudah diminimalisir atau sayang untuk membuang beberapa aplikasi bisa juga kamu melakukan cara ini yaitu mematikan perizinan aplikasi untuk memulai atau berjalan di latar belakang.
Lagi-lagi selain bisa saja mempercepat koneksi ternyata juga mempercepat sistem.

Pastikan Android terbebas dari virus

Semakin canggih teknologi, semakin canggih juga aksi-aksi kejahatan termasuk melalui persebaran virus yang sudah bukan hanya ada di komputer, melainkan saat ini telah banyak ditemui di HP.
Biasanya Android yang terkena bakal lemot, banyak iklan, bahkan sering error.

Maka dari itu sering-sering untuk melakukan scan karena biasanya sudah ada aplikasi bawaan dari HP, namun kalau belum ada bisa juga mengunduh dari Google Play Store akan tetapi harus pintar memilih yaaaa.


Akhir kata...

Diatas adalah beberapa tips yang saya rekomendasikan untuk kalian supaya internet jadi lebih stabil, cepat, kinerja sistem lebih optimal, terbebas virus, bahkan hingga mungkin baterai juga menjadi lebih awet (anggap saja ini bonus).

Sebenarnya cara ini kalau mau melakukan pasti sangat mudah, hanya saja banyak orang atau pengguna Android yang sebelumnya mungkin belum mengerti tentang bagaimana caranya untuk membuat koneksi internet jadi cepat dan gak patah-patah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel