Penyebab Koneksi Internet Menjadi Lemot, Lag, atau Tidak Stabil

Cepat dan lambannya koneksi internet yang kita gunakan sangat berpengaruh terhadap aktifitas kita di internet. Koneksi dengan kecepatan yang lambat sering kali membuat kita geregetan, jengkel, dan lain sebagainya bahkan bisa menyebabkan pekerjaan maupun sesuatu yang akan kita lakukan terhambat.

Sedangkan koneksi yang lancar bahkan ngebut menjadi idaman banyak pengguna internet, meski tak jarang koneksi dengan kecepatan yang sangat cepat bikin kuota serasa boros hehe.

Ternyata itu semua bukan terjadi begitu saja tanpa sebab, melainkan banyak faktor penyebab internet lemot, lag, atau lambat seperti yang saya jabarkan lagi dibawah ini.


Beberapa penyebab koneksi internet lemot, lag, dan tidak stabil


1. Provider

Provider menjadi bagian yang paling menentukan dari bagus tidaknya koneksi. Misalnya saja provider kartu SIM smartphone, biasanya yang mempunyai sinyal bagus bakalan punya kecepatan internet yang stabil meski gak menjamin juga kecepatannya.

Sedangkan untuk hotspot maupun WiFi juga hampir serupa. Meski agak mahal kalau provider itu emang enak banget buat internetan ya gausah takut buat langganan, daripada murah tapi lemot, lancar dikit kena FUP. Gak enak banget deh.

2. Cuaca

Kok bisa cuaca sih? mungkin ada yang agak gimana gitu, tapi ada juga yang paham soalnya setiap kali badai, hujan, petir, mendung, angin kecepatan internet bisa berubah. Sebenarnya bukan salah cuaca sih, tetapi jaringannya.

Pada saat cuaca hujan misalnya, mungkin ada pusat jaringan atau server yang terganggu, sinyal semakin lemah, dan lain sebagainya.

3. Lokasi

Lokasi ternyata juga tak kalah sering menentukan seberapa lancar internet yang bisa kita pakai. Misalnya di desa atau pengunungan biasanya tower dari provider, atau lokasi pusat jaringan jarang ditemui atau jauh sehingga sinyal dan jaringan juga sangat minim.

Berbeda dengan lokasi diperkotaan, yang pada umumnya banyak bangunan, tower, dan pusat dari jaringan sehingga memudahkan seseorang untuk menikmati koneksi yang lancar.

4. Gadget yang digunakan

Eittts, ternyata selain dari faktor eksternal ternyata ada juga faktor internal salah satunya yaitu gadget yang kamu gunakan. Kalau smartphone biasanya semakin kesini semakin mendukung jaringan dengan koneksi yang cepat, misalnya wifi, 4G, dan fitur-fitur lainnya yang bisa mempercepat koneksi.

Bahkan para produsen gadget dan sistem operasi yang digunakan sudah berlomba-lomba menciptakan cara agar koneksi di gadget semakin optimal melalui fitur maupun bahan yang digunakan karena bahan juga berpengaruh dalam penangkapan sinyal khususnya pada smartphone seperti Android dan iPhone.


5. Data yang diterima

Ngomongin data yang diterima kemungkinan besar dari kalian pasti berifikir bahwa ini sih cuman kalau download file. Padahal kalian salah besar, meski tidak mengunduh file, namun saat kalian browsing, chat dan membuka feed maupun beranda media sosial seperti IG, Facebook, Line, dan lain-lain secara otomatis kalian juga mengunduh data.

Data tersebut besaranya juga berbeda-beda, semakin memuat banyak karakter, gambar, maupun konten maka data yang digunakan relatif semakin banyak. Nah, ketika data tersebut berukuran besar maka dalam pemuatannya pun memerlukan koneksi yang lebih. Apabila internet mempunyai jaringan lamban, pasti semakin berat data yang dimuat semakin lamban untuk diakses.

6. Aplikasi

Aplikasi yang saya maksud bisa berupa browser, media sosia, maupun sejenis. Semua itu mempunyai server dan kualitas berbeda. Semakin bagus aplikasi pasti juga semakin optimal untuk digunakan, dibuka ataupun dimuat. Sebaliknya, aplikasi dengan server yang jelek juga akan berpengaruh saat kamu melakukan aktifitas di aplikasi tersebut.

Maka wajar sekali jika beda aplikasi yang kamu buka kecepatan internet serasa berbeda maupun berubah-ubah.


Nah, itu dia beberapa hal yang menyebabkan koneksi lemot, lag, dan kurang stabil. Sebenarnya masih ada lagi beberapa yang belum bisa saya sampaikan. Namun diatas tersebut sudah cukup secara umum menjadi beberapa hal yang paling sering dan penting yang menentukan kecepatan koneksi internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel