Pengertian dan Macam-Macam Fungsi Perangkat Keras Jaringan - Ngeneki.com

Pengertian dan Macam-Macam Fungsi Perangkat Keras Jaringan

Perangkat Keras Jaringan
Perangkat Keras Jaringan - Jaringan adalah kumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung satu sama lain untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan yang sangat baik adalah Internet, yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia. Di sebelah kanan adalah contoh gambar jaringan rumah dengan beberapa komputer dan perangkat jaringan lain yang semuanya terhubung.

Pemahaman dasar tentang jaringan sangat penting bagi siapa pun yang mengelola server. Tidak hanya penting untuk membuat layanan Anda online dan berjalan dengan lancar, itu juga memberi Anda wawasan untuk mendiagnosis masalah. Nah, di bawah ini ulasan tentang pengertian pembangunan jaringan sederhana.

Perangkat Keras Jaringan

Sebagian besar jaringan sederhana digunakan pada kantor kecil atau rumah dan jaringan besar pun sering dibagi menjadi segmen yang lebih kecil. Segmen yang lebih kecil itu dipisahkan dari jaringan yang lebih besar oleh perangkat yang dapat memfilter data dan membantu jaringan menjadi lebih efisien.Perangkat yang memfilter lalu lintas ini disebut perangkat konektivitas, dan ada beberapa jenis beserta deskripsi singkatnya:

1. Bridge 

Merupakan perangkat konektivitas yang meneruskan data berdasarkan alamat fisik.Dalam istilah jaringan, Bridge menyaring dan meneruskan paket berdasarkan alamat fisik. Bridge beroperasi pada Network Access Layer dalam tumpukan protokol TCP / IP.

2.Hub

Selanjutnya adalah hub yang merupakan perangkat konektivitas yang kabel jaringannya terpasang untuk membentuk segmen jaringan. Hub biasanya tidak memfilter data, tetapi mengirim ulang paket atau bingkai data yang masuk ke semua bagian. Hampir semua jaringan saat ini menggunakan hub pusat atau beralih ke mana komputer di jaringan terhubung. Dalam jaringan hub, setiap komputer terhubung ke hub melalui satu baris.

3. Switch

Sedangkan switch adalah suatu saklar mengetahui alamat yang terkait dengan masing-masing port-nya dan meneruskan setiap frame data yang masuk ke port yang benar. Switch dapat mendasarkan keputusan penerusan pada pedoman yang disediakan dalam header protokol TCP / IP.Switch secara sederhana adalah versi hub yang lebih pintar. Pada switch, seperti halnya hub, setiap komputer terhubung melalui satu baris. Namun, sakelar itu lebih pintar tentang ke mana ia mengirim data yang masuk melalui salah satu port-nya.

4. Router

Router merupakan sebuah perangkat konektivitas yang memfilter dan meneruskan data berdasarkan alamat logis. Dalam kasus jaringan TCP / IP, itu akan menjadi alamat IP.Router adalah bagian penting dari jaringan TCP / IP yang lebih besar. Bahkan, tanpa pengembangan router jaringan dan protokol routing TCP / IP, Internet (jaringan terbesar di dunia) tidak akan menjadi luas. Router memainkan peran penting dalam mengendalikan lalu lintas dan menjaga jaringan agar tetap efisien.

Itulah jenis-jenis perangkat konektivitas yang bekerja bersama dan bertanggung jawab untuk:
  • Mengontrol lalu lintas. Jaringan besar membutuhkan cara untuk menyaring dan mengisolasi lalu lintas data.
  • Konektivitas. Perangkat ini dapat menghubungkan berbagai jenis jaringan menggunakan berbagai jenis protokol jaringan.
  • Menangani hirarkis. Mengelompokkan jaringan dengan perangkat konektivitas memberikan contoh (fisik) aktual pengiriman data aktual ke tujuan yang tepat melalui ID jaringan alamat IP dan ID host.
Sebelum membahas ke panduan pembangunan jaringan sebaiknya pelajari dulu beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian pembangunan jaringan sederhana di bawah ini!

Istilah-Istilah Dalam Pembangunan Jaringan Sederhana

Ada beberapa istilah dalam pembangunan jaringan sederhana, berikut ulasannya:

Koneksi

Merupakan bagian dalam jaringan, koneksi mengacu pada potongan informasi terkait yang ditransfer melalui jaringan. Umumnya menyimpulkan bahwa koneksi dibangun sebelum transfer data (dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan dalam protokol) dan kemudian didekonstruksi di akhir transfer data.

Paket atau Packet

Paket adalah unit paling dasar yang ditransfer melalui jaringan. Saat berkomunikasi melalui jaringan, paket adalah amplop yang membawa data anda (dalam beberapa bagian) dari satu titik ujung ke titik lainnya. Paket memiliki bagian yang berisi informasi tentang paket termasuk sumber dan tujuan, cap waktu, hop jaringan, dan lainnya. Bagian utama dari paket berisi data aktual yang sedang ditransfer. Kadang-kadang disebut tubuh atau muatan.

Antarmuka Jaringan

Antarmuka jaringan dapat mengacu pada segala jenis antarmuka perangkat lunak ke perangkat keras jaringan. Misalnya, jika anda memiliki dua kartu jaringan di komputer anda, maka dapat mengontrol dan mengkonfigurasi setiap antarmuka jaringan yang terkait dengannya secara individual. Antarmuka jaringan dapat dikaitkan dengan perangkat fisik, atau mungkin merupakan representasi dari antarmuka virtual.

LAN

Istilah berikutnya adalah LAN singkatan dari "Local Area Network". Ini mengacu pada jaringan atau bagian dari jaringan yang tidak dapat diakses publik untuk internet yang lebih besar. Jaringan rumah atau kantor adalah contoh dari LAN.

WAN

Singkatan dari "wide area network". WAN berarti jaringan yang jauh lebih luas daripada LAN. Sementara WAN adalah istilah yang relevan untuk digunakan dalam menggambarkan jaringan besar yang tersebar secara umum, biasanya WAN berarti internet. Jika suatu antarmuka dikatakan terhubung ke WAN, secara umum diasumsikan bahwa itu dapat dijangkau melalui internet.

Protokol

Protokol adalah seperangkat aturan dan standar yang pada dasarnya mendefinisikan bahasa yang dapat digunakan perangkat untuk berkomunikasi. Ada sejumlah besar protokol yang digunakan secara luas dalam jaringan, dan mereka sering diimplementasikan dalam berbagai lapisan. TCP, UDP, IP, dan ICMP adalah contoh beberapa protokol tingkat rendah. Beberapa contoh protokol lapisan aplikasi, yang dibangun di atas protokol yang lebih rendah ini, adalah HTTP (untuk mengakses konten web), SSH, TLS / SSL, dan FTP.

Port

Sementara port adalah alamat pada satu mesin yang dapat diikat ke perangkat lunak tertentu. Ini bukan antarmuka fisik atau lokasi, tetapi memungkinkan server Anda untuk dapat berkomunikasi menggunakan lebih dari satu aplikasi.

Firewall

Firewall adalah program yang memutuskan apakah lalu lintas masuk ke server atau keluar harus diizinkan. Firewall biasanya berfungsi dengan membuat aturan untuk jenis lalu lintas yang dapat diterima di port mana. Secara umum, firewall memblokir port yang tidak digunakan oleh aplikasi tertentu pada server.

NAT

NAT adalah singkatan dari terjemahan alamat jaringan. Ini adalah cara untuk menerjemahkan permintaan yang masuk ke server perutean ke perangkat atau server terkait yang diketahui di LAN. Ini biasanya diterapkan dalam LAN fisik sebagai cara untuk merutekan permintaan melalui satu alamat IP ke server backend yang diperlukan.

VPN

VPN singkatan dari jaringan pribadi virtual. Ini adalah sarana untuk menghubungkan LAN terpisah melalui internet, sambil menjaga privasi. Ini digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan sistem jarak jauh seolah-olah mereka berada di jaringan lokal, seringkali karena alasan keamanan.

Itulah beberapa istilah yang sering digunakan dalam pembangunan jaringan sederhana. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Macam-Macam Fungsi Perangkat Keras Jaringan"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel