Pengertian Media Jaringan dan Jenis-Jenisnya Lengkap - Ngeneki.com

Pengertian Media Jaringan dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Media Jaringan - Pengertian media jaringan komputer adalah suatu perangkat yang diperlukan dalam membangun sebuah komputer baik perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (software).

Adapun perangkat media jaringan itu adalah dua buah komputer, network interface card, hub, repeater, bridge, file server, router dan media transmisi.

Sedangkan media transmisi yang digunakan oleh komputer sebagai sarana penghubung terbagi dalam dua macam yakni wired network (menggunakan kabel) dan wirelless network (tanpa menggunakan kabel) inilah penjelasan lengkapnya:

1. Wired Network (Media Transmisi dengan Kabel)
Wired Network (Media Transmisi Dengan Kabel)

Sebagian besar jaringan komputer saat ini menggunakan sistem wired network ini. Namun, medi ini mempunyai keterbatasan jangkauan dan tidak efisien. Jaringan dengan kabel ini cocok untuk rumah, sekolah, kampus dan lainnya.

Kabel yang sering digunakan dalam jaringan ada 3 jenis yaitu Twisted Pair, Coaxial (kawat koaksial) dan Serat optic.

Kabel Twisted Pair

Kabel twisted pair dapat digunakan untuk komunikasi telepon dan jaringan kabel ethernet. Sepasang kabel yang dapat mengirimkan data. Ketika sinyal elektronik melalui kabel, itu menciptakan medan magnet kecil di sekitar kawat.

Ketika menempatkan dua kawat bersama-sama, medan magnet saling berhadapan. Jadi, dua medan magnet hilang. Mereka dapat menyaring medan magnet di luar. Ada dua jenis kabel twisted pair, unshielded twisted pair (UTP) dan paired twisted pair (STP).

Kawat koaksial

Kabel koaksial terbuat dari konduktor berongga luar dan kawat dalam terbuat dari dua elemen konduktor. Bagian tengah kabel terbuat dari kawat tembaga.

Kawat tembaga dikelilingi oleh isolasi fleksibel. Foil logam dilapis dari isolasi yang disebut lapisan kedua. Lapisan kedua adalah mengurangi jumlah gangguan luar.

Kabel koaxial mendukung kecepatan transfer 10 hingga 100 mbps. Kabel coaxial sedikit mahal daripada kabel UTP. Namun, kabel koaksial dapat lebih murah dalam topologi bus fisik.

Kabel coaxial dapat dikabel jauh jauh dari kabel UTP. Kabel twisted pair dapat berjalan 100 meter (328 kaki). Menggunakan kabel beracun, jaraknya 500 meter (1640 kaki).

Kabel serat optik

Kabel serat optik dapat membawa lebih banyak data dalam jarak yang lebih jauh dengan sinyal cahaya daripada sinyal electrinic membawa kabel beracun. Kabel serat optik dapat berjalan 100 km (60 mil) tanpa memperkuat sinyal cahaya.

Serat optik dapat digunakan media untuk telekomunikasi dan jaringan karena lebih fleksibel daripada kabel lainnya. Transmisi cahaya melalui serat karena pantulan di dalam material.

2. Wireless Network (Media Transmisi Tanpa Kabel/ Nirkabel)

Wireless Network (Media Transmisi Tanpa Kabel)
Media transmisi yang kedua adalah wireless atau tanpa kabel. Wireless network adalah komunikasi data pada jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel sebegai medianya, tapi menggunakan gelombang elektromagnetik.

Wireless network ini membuat pengguna bisa mengakses komputer dari manapun berada.

Kekurangannya adalah kemampuan transfer data yang tidak mumpuni. Itu memungkinkan pengguna sering kehilangan data atau kesulitan menstransfer data dari komputer yang satu ke lainnya. Jenis-Jenis Jaringan Nirkabel:

WLAN (Jaringan Area Lokal Nirkabel)

Wireless Area Network (WLAN) menggunakan sinyal radio daripada pemasangan kabel jaringan tradisional dan dibangun oleh perangkat yang disebut AP.

WLAN memiliki status yang dibangun dengan baik di pasar yang berbeda dan dibentuk untuk menyediakan konektivitas nirkabel dalam area paparan terbatas seperti rumah sakit, bandara, universitas, pabrik gas, atau penyedia layanan kesehatan.

WLAN memberikan kecepatan transfer data tertinggi dengan terminologi 802.11.Teknologi yang digunakan dalam WLAN adalah Frequency-hopping spread-spectrum yang memelihara satu saluran logis.

Direct-Sequence Spread Spectrum memberikan pola chip untuk membuatnya lebih efisien dan teknologi inframerah.

Manfaat jaringan area lokal adalah jangkauan dan jangkauan yang tinggi, integritas, Interoperabilitas dengan infrastruktur kabel dan nirkabel, Interferensi, Kesederhanaan, Kemudahan, Keamanan, Biaya, Skalabilitas, dan keselamatan yang menjadikan platform hebat untuk jaringan nirkabel.

WAN (Jaringan Area Luas Nirkabel)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komunikasi yang membentang jarak jauh atau tempat. Mereka menghubungkan berbagai jaringan yang lebih kecil, seperti jaringan area lokal dan jaringan area metropolitan.

Dalam suatu perusahaan, WAN dapat digunakan untuk kantor pusat perusahaan, layanan cloud, kantor cabang, dan fasilitas lainnya.WAN tidak menautkan komputer satu per satu tetapi digunakan untuk menautkan LAN.

WMAN (Jaringan Area Metropolitan Nirkabel)

IEEE 802.16 adalah nama bersertifikat WMAN yang berfungsi pada broadband untuk metropolitan nirkabelnya.

Komunikasi jaringan yang cepat dalam area metropolitan disebut jaringan area Metropolitan. Ini dapat meluas hingga ke seluruh kota atau area geografis terkait lainnya dan dapat menjangkau hingga 50 km.

WMAN dirancang untuk area geografis yang lebih besar dari LAN yang mencakup hingga 30 mil dengan kecepatan 34 Mbit / detik hingga 155 Mbit / detik.

Ini sering digunakan di sekolah, kampus, dan layanan publik yang mendukung tulang punggung jaringan berkecepatan tinggi.IEEE 802.16 adalah nama bersertifikat WMAN yang berfungsi pada broadband untuk metropolitan nirkabelnya.

WPAN (Jaringan Area Pribadi Nirkabel)

Wireless Personal Area Networks adalah jaringan jarak pendek yang digunakan untuk menghubungkan perangkat berdasarkan teknologi Bluetooth di lokasi sentral seperti meja.

Kisaran jaringan area pribadi sekitar 30 kaki.Standar IEEE WPAN adalah 802.15 dan cocok untuk ruang kerja individu. Jaringan ini menyediakan transmisi data untuk perangkat seperti komputer, Smartphone, tablet, dan PDA.

Jaringan Hibryd

Jaringan komputer yang menggunakan lebih dari satu jenis teknologi atau topologi disebut jaringan hybrid. Jaringan hybrid didasarkan pada hubungan peer-to-peer dan client-server.

Jalur akses hybrid paling umum adalah router hybrid.Jaringan hybrid menggunakan standar Ethernet 802.3 dan Wi-Fi 802.11.Jaringan ini bergantung pada hub, sakelar, router untuk menghubungkan komputer berkabel dan nirkabel dan perangkat lain yang mendukung jaringan.

Demikianlah pengertian media jaringan beserta jenis-jenisnya secara lengkap. Mohon maaf apabila ada yang kurang. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu aktifitas kalian. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Media Jaringan dan Jenis-Jenisnya Lengkap"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel