Pengertian Pembangunan Jaringan Sederhana - Ngeneki.com

Pengertian Pembangunan Jaringan Sederhana

Pengertian Pembangunan Jaringan Sederhana
Pembangunan Jaringan Sederhana - Jaringan sederhana terdiri dari dua peralatan penting yakni switch dan router. Jika anda tahu cara kerja perangkat keras ini, anda akan memiliki pemahaman mendasar tentang jaringan sederhana.

Mengetahui pengertian pembangunan jaringan sederhana dapat membantu anda membuat keputusan yang lebih baik tentang desain jaringan, layanan, dan fitur yang perlu diterapkan pada bisnis atau kepentingan anda lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk tahu apa itu switch dan router lebih detail lagi. Sehingga, anda bisa menggunakan perangkat tersebut dengan baik sesuai kebutuhan dan pastinya dapat memberikan anda keuntungan lebih. Nah, berikut ini adalah ulasan tentang Switch dan Router lebih lengkap!

Pengertian serta Kegunaan Switch dan Router

Switch

Switch dan router adalah inti dari jaringan. Meskipun terlihat serupa dan melakukan tugas yang sama, tapi ada perbedaan.Switch adalah dasar dari sebagian besar jaringan bisnis.

Switch bertindak sebagai pengontrol, yang menghubungkan komputer, printer, dan server ke jaringan di dalam gedung atau kampus. Switch memungkinkan perangkat pada jaringan anda untuk berkomunikasi satu sama lain serta dengan jaringan lain.

Cara berbagi informasi dan alokasi sumber daya, Switchlebih menghemat uang bisnis dan meningkatkan produktivitas.

Ada dua jenis Switch yang perlu dipertimbangkan sebagai bagian pada pembangunan jaringan sederhana anda yaitu dikelola dan tidak dikelola.

Switch yang tidak dikelola berfungsi di luar kotak tetapi tidak dapat dikonfigurasi. Peralatan jaringan rumah biasanya menawarkan Switch jenis ini.

Sedangkan Switch yang dikelola dapat dikonfigurasi. Anda dapat memantau dan menyesuaikan Switch yang dikelola secara lokal atau jarak jauh, memberi anda kendali lebih besar atas lalu lintas dan akses jaringan.

Router

Router menghubungkan beberapa jaringan secara bersamaan. Itu juga menghubungkan komputer di jaringan-jaringan itu ke Internet. Router memungkinkan semua komputer jaringan untuk berbagi koneksi Internet tunggal, yang menghemat uang.

Alat ini bertindak sebagai dispatcher, menganalisis data yang dikirim melalui jaringan, memilih rute terbaik untuk perjalanan data anda dan mengirimkannya dalam perjalanan.

Router menghubungkan bisnis Anda ke dunia, melindungi informasi dari ancaman keamanan, dan bahkan dapat memutuskan komputer mana yang mendapat prioritas di atas yang lain.

Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat memilih di antara router yang menawarkan fitur yang berbeda, seperti firewall, Virtual Private Network (VPN), atau sistem komunikasi Internet Protocol (IP).

Dalam penjelasan paling sederhana, jaringan hanyalah komputer yang saling berbicara. Dimana dapat melakukan ini dan itu dengan mengirimkan paket data menggunakan berbagai protokol dan media transmisi seperti kabel ethernet atau koneksi Wi-Fi.

Komputer juga harus tahu cara menemukan komputer lain di jaringan. Singkatnya, setiap komputer pada jaringan membutuhkan alamat unik sehingga pesan tahu ke mana harus pergi setelah dikirim.
Jaringan ada karena beberapa alasan diantaranya:

  • Komputasi terdistribusi dalam arsitektur jaringan klien-server atau peer-to-peer
  • Keamanan dan otentikasi data terpusat
  • Penghapusan risiko downtime komputer
  • Menggabungkan komputer ke dalam satu domain untuk memfasilitasi aplikasi groupware dan tugas administrasi sistem
  • Komunikasi.

Jenis-jenis jaringan yang sering anda temui setiap hari adalah jaringan area lokal (LAN) dan jaringan area luas (WAN).

Banyak orang saat ini menggunakan jarinagn LAN di sekolah, kantor, dan bahkan rumah. LAN sangat baik untuk berbagi akses Internet dan file dan database yang biasa digunakan. Sedangkan bagi pengguna yang ingin terhubung ke jaringan yang lebih luas harus menggunakan WAN.

Internet itu sendiri pada dasarnya adalah WAN besar, dengan setiap node di jaringan memiliki alamat IP uniknya sendiri.Seperti yang mungkin sudah anda baca di buku atau tonton di film, pertimbangan keamanan memainkan peran besar saat merancang jaringan.

Teknologi seperti firewall dapat memblokir dan menyaring lalu lintas jaringan yang tidak diinginkan.
Jaringan pribadi virtual (VPN) digunakan untuk menghubungkan pengguna jarak jauh ke jaringan kantor tanpa membahayakan keamanan.

VPN menggunakan enkripsi data yang kuat untuk menyembunyikan data saat bergerak di antara router melalui Internet.Jaringan bukanlah sesuatu yang bisa anda kuasai dalam satu minggu atau bahkan sebulan.

Ada beberapa jenis jaringan lain selain PC dan server. Contohnya adalah teknologi Bluetooth, yang dioptimalkan untuk jaringan antara elektronik konsumen umum seperti ponsel, pemutar mp3, dan perangkat serupa. Inilah hal-hal yang dibutuhkan pada pembangunan jaringan sederhana:

Client dan Server

Bagian terpenting pada jaringan adalah hubungan client dan server. Server adalah komputer yang menyimpan konten dan layanan seperti situs web, file media, atau aplikasi obrolan.

Contoh server yang baik adalah komputer yang memegang situs web untuk halaman pencarian Google: http://www.google.com. Server memegang halaman itu, dan mengirimkannya ketika diminta.

Client adalah komputer yang berbeda, seperti laptop atau ponsel anda, yang meminta untuk melihat, mengunduh, atau menggunakan konten. Client dapat terhubung melalui jaringan untuk bertukar informasi.

Misalnya, ketika anda meminta halaman pencarian Google dengan browser web anda, komputer anda adalah client. Dua komputer dihubungkan dengan kabel Ethernet.

Komputer-komputer itu dapat saling melihat dan berkomunikasi melalui kabel. Komputer client meminta situs web dari komputer server. Situs web dikirimkan dari server, dan ditampilkan di browser web client.

Sebagian besar permintaan dan pengiriman konten di jaringan mirip dengan atau didasarkan pada, hubungan client ke server. Di jaringan, server dapat ditemukan hampir di mana saja, dan jika client memiliki alamat, maka dapat mengakses konten di server.

Alamat IP

Untuk mengirim dan mengarahkan data melalui jaringan, komputer harus dapat mengidentifikasi tujuan dan asal. Identifikasi ini adalah alamat IP Protokol Internet.

Alamat IP hanya satu set empat angka antara 1 dan 254, dipisahkan oleh titik-titik. Contoh dari alamat IP adalah 173.194.43.7.Alamat IP mirip dengan alamat jalan.

Bagian-bagian dari alamat menggambarkan di mana di dunia bangunan jaringan itu berada.
Bagian lain menjadi negara bagian atau kota, kemudian daerah di dalam negara bagian atau kota itu, kemudian lokasi di jalan itu.Ada berbagai klasifikasi, atau jenis alamat IP.

Jaringan dapat bersifat publik, atau bersifat pribadi. Alamat IP publik dapat diakses di mana saja di Internet. Sedangkan alamat IP pribadi tidak, dan sebagian besar biasanya tersembunyi di belakang perangkat dengan alamat IP publik.

Itulah pengertian pembangunan jaringan sederhana beserta apa saja yang dibutuhkan dalam pembangunan jaringan sederhana. Sekian dulu yang mungkin dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pembangunan Jaringan Sederhana"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel