3 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Loading Blog Anda - Ngeneki.com

3 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Loading Blog Anda

cek kecepatan loading blog
Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog - Loading blog merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjung sehingga juga bisa berakibat kepada rangking blog di mesin pencari Google.

Karena Google sendiri sudah bisa memahami perilaku manusia dan terbukti bahwa orang yang mengakses sebuah blog yang mempunyai kecepatan loading lama akan sangat rentan untuk meninggalkan halaman.

Bahkan saya sendiri juga sangat merasakan hal seperti itu. Meskipun kecepatan loading blog hanya sebagian kecil dari unsur yang mempengaruhi peringkat blog, namun ini bukanlah suatu hal yang bisa di sepelekan.

Meski pengunjung blog anda sudah sangat banyak saat loading blog anda berat, tetapi menurut saya 99% pasti akan lebih meningkat lagi jika loading blog anda cepat.

Untuk itu cara yang harus anda lakukan seharusnya mengecek terlebih dahulu apakah kecepatan loading blog anda sudah bagus atau belum.

Cara mengeceknya pun juga sangat mudah, bisa dilakukan hanya melalui situs dengan sekali klik. Jika anda sudah tidak sabar lagi, silahkan lanjutkan membaca dengan teliti.

Baca juga: Cara Supaya Artikel Cepat Terindex Google dengan 5 Hal Berikut

 3 Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog 

Ada dua situs yang menurut saya paling akurat dan cocok untuk mengecek kecepatan loading blog anda secara otomatis, yaitu Google PageSpeed Insight dan juga GTmertrix. Sedangkan cara yang lain dan paling bagus menurut saya untuk mengecek kecepatan loading yaitu dengan manual.

1. Mengecek kecepatan loading blog menggunakan Google PageSpeed Insight


  1. Pertama, silahkan buka halaman Google PageSpeed Insight (https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?hl=id).
    Google PageSpeed Insight
  2. Kemudian isi kolom yang tersedia di sana dengan alamat blog anda, lalu klik Analisis.
  3. Selanjutnya tunggu hingga proses menganalisis selesai.
  4. Terakhir akan muncul hasil kecepatan dari loading blog anda. Di sana juga akan terdapat keterangan apa saja yang harus dibenahi jika blog anda masih belum sempurna kecepatan loadingnya. Jika anda mendapatkan skor 90-100 berarti loading blog anda termasuk cepat dan apabila mendapatkan skor 50-89 berarti loading blog anda sedang, namun jika blog anda mendapat skor di bawah dari 49 berarti sangat lambat.


2. Mengecek kecepatan loading blog menggunakan GTmertrix 


  1. Pertama, buka situs GTmetrix yaitu https://gtmetrix.com/.
  2. Kedua, masukkan link blog anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik Analyze.
    GTmetrix
  3. Tunggu hingga proses menganalisa selesai.
  4. Selanjutnya silahkan lihat sendiri skor kecepatan loading blog anda. Di sana juga terdapat ukuran halaman dan waktu pemuatan halaman. Selain itu ada fitur compare yang bisa kalian gunakan untuk membandingkan kecepatan loading blog yang satu dengan yang lain. Jika masih lambat, di sana terdapat juga informasi bagian mana yang harus anda perbaiki. Silahkan dipelajari dan diperbaiki.



3. Mengecek kecepatan loading blog secara manual

Cara yang terakhir ini sangat berbeda dengan kedua cara sebelumnya. Karena pada cara mengecek loading blog nomor tiga saya menyuruh anda untuk melihat seberapa cepat halaman situs anda dimuat dengan perangkat anda sendiri.

Kurang lebih nanti langkah-langkahnya akan seperti ini


  1. Silahkan anda buka melalui browser yang ada terserah apa saja.
  2. Lalu ketikkan url atau alamat blog anda.
  3. Jika sudah lihat bagaimana menurut anda kecepatan loading blog anda. Apakah sudah cepat atau belum?.
Cara di atas menurut saya juga tidak kalah bagus dengan kedua cara sebelumnya. Di cara yang ketiga anda bisa mencoba menggunakan berabagai perangkat untuk mengetes seberapa cepat loading blog. 

Jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih bagus, cek juga dengan berabagai jenis browser dan jaringan.

Begitulah cara untuk mengecek kecepatan loading suatu blog atau website. Sekarang, mari kita lanjut ke tips yang bisa mempercepat loading blog menurut saya pribadi.

Cara mengatasi loading blog yang berat atau lama

Untuk mengatasi loading blog yang berat atau lama menurut saya ada beberapa tips yang sebaiknya anda lakukan yaitu sebagai berikut.
  • Gunakan template yang ngebut.
  • Minimalisir penggunaan widget.
  • Kompres gambar untuk postingan di blog anda.
  • Gunakan hosting yang berkualitas.
  • Beralih ke AMP
Itulah beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan, dan menurut saya sendiri manjur.


Akhir kata....

Jadi, kecepatan loading blog itu sangatlah penting. Terutama untuk anda yang ingin meningkatkan pengalaman pengguna dan rangking blog di mesin pencari Google.

Tetapi, kecepatan loading blog bukanlah faktor utama yang bisa menjadi pengunjung blog anda ramai dari mesin pencari. Karena faktor terpenting yang paling berpengaruh dari posisi blog di mesin pencari yaitu konten yang anda buat.

Maka tidak heran jika banyak situs atau media besar yang sebenarnya cukup lama untuk memuat halamannya tetapi bisa mangkring di posisi teratas.

Sekian dulu artikel saya kali ini mengenai cara mengecek kecepatan loading blog atau situs. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya seputar tips blogger yang mungkin bisa membantu anda.

Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Loading Blog Anda"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel