Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat dengan Laptop atau Komputer

Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat dengan Laptop atau Komputer – Halo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi salah satu tutorial mengenai salah satu bagian terpenting dari gadget yaitu cara mengatasi SD card tidak bisa diformat. Di baca dengan teliti yaaaa….

SD card adalah salah satu bagian paling penting dari smartphone karena merupakan tempat file di simpan. Tetapi sayangnya sering kali ditemui masalah yang terkait dengan SD card, misalnya memori terkena virus atau terjadi kesalahan saat mengelola file didalamnya sehingga bisa menimbulkan masalah seperti file yang corrupt.

Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat dengan Laptop atau Komputer

Ketika terjadi hal yang demikian kebanyakan orang pasti akan panik dan bingung karena SD card tersebut tidak dapat dibuka. Terlebih lagi jika di dalam SD card tersebut terdapat banyak file penting yang tidak bisa di cari atau dibuat lagi.

Oleh karena itu anda perlu melakukan cara untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan format. Memang sih nanti file yang ada di dalamnya akan hilang, tetapi paling tidak ini lebih bagus dibandingkan SD card anda tidak bisa digunakan lagi.

Tetapi sayangnya tidak semua orang yang melakukan format berjalan dengan lancar. Banyak dari mereka yang kesulitan bahkan mengalami yang namanya SD card tidak bisa di format. Mungkin juga termasuk anda.

Tetapi tenang saja, di tutorial mengatasi SD card yang tidak bisa di format kali ni saya akan memberikan solusinya dengan menggunakan bantuan laptop atau komputer Windows. Berikut alat, bahan, dan caranya….

Alat dan bahan yang harus anda siapkan…

  1. PC (laptop atau komputer).
  2. Card reader. Bisa anda dapatkan di toko peralatan komputer dengan harga yang bermacam-macam dan terlatif murah.

Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa di Format

Ada tiga cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi SD card yang tidak bisa diformat. Ketiganya juga menggunakan bantuan PC. Tetapi anda bisa memilihnya mana yang anda inginkan.

Cara pertama

  1. Pertama, masukkan SD card ke card reader.
  2. Lalu tancapkan card reader ke laptop atau komputer anda.
  3. Buka windows explorer, lalu klik kanan pada device SD card anda.
  4. Selanjutnya pilih “Properties“.
    Properties
  5. Lalu klik tab “Tools” dan klik “Check” atau “Check Now“.
  6. Jika setelah itu muncul pop up, silahkan pilih “Check and repair drive“.

Cara kedua

  1. Pertama, masukkan SD card ke dalam card reader.
  2. Selanjutnya tancapkan card reader tersebut ke dalam komputer atau laptop anda.
  3. Kemudian cari nama dari SD card tersebut.
  4. Klik kanan pada nama SD card, lalu akan muncul opsi dan kemudian pilih format.
    Format device
  5. Setelah muncul pop up, pada bagian “file system” pilih FAT.
  6. Kemudian centang kotak yang ada di samping tulisan “quick format” dan klik “Start“.
  7. Selesai. Sekarang silahkan eject SD card, setelah itu coba anda lepas dan tancapkan ulang card reader tersebut.
Selesai, sekarang seharusnya SD card anda sudah berhasil di format. Setelah itu juga sudah bisa digunakan kembali seperti yang semestinya.
Jika anda sudah mencoba kedua cara di atas dan ternyata masih belum bisa, anda bisa menggunakan cara yang terakhir beriut ini.

Cara ketiga (alternatif)

  1. Masukan SD card ke card reader seperti pada cara sebelumnya, jika sudah masuk langsung saja tancapkan ke port USB di komputer atau laptop anda.
  2. Buka aplikasi “Run” melalui pencarian di start screen Windows atau menggunakan kombinasi dengan menekan tombol Windows + R, lalu ketikkan “cmd” dan enter.
    Melalui CMD
  3. Setelah itu ketik ‘FORMAT G:/FS:FAT’. (G) jika SD card anda terdeteksi pada bagian drive G. Jika tidak sesuaikan dengan nama variabel SD card anda yang bisa anda lihat melalui Windows Explorer.
  4. Lalu tekan Enter di keyboard anda. Selesai.

Begitulah cara untuk mengatasi SD Card yang tidak bisa di format. Sebenarnya masih ada cara lain yaitu menggunakan komputer dan bantuan aplikasi, tetapi menurut saya itu akan lebih ribet dan memerlukan banyak bahan lagi.

Selain itu tiga cara di atas menurut saya sudah sangat cukup, karena jika cara yang pertama tidak bisa bisa menggunakan cara yang kedua, dan masih ada lagi cara alternatif. Oh iya, cara ini mungkin dapat anda gunakan juga untuk melakukan format device selain SD card seperti flashdisk, hardisk, atau sejenisnya.

Semoga dengan adanya postingan ini bisa membantu mengatasi masalah anda. Sekian dulu dari saya, mohon maaf apabila ada kekurangan. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa melalui komentar atau menghubungi saya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar