Cara Download, Install, dan Konfigurasi XAMPP di Windows

XAMPP di Windows

Ngeneki.com – Cara Download, Install, dan Konfigurasi XAMPP, XAMPP adalah perangkat lunak open source gratis yang menyediakan cara mudah bagi desainer dan pengembang web untuk menginstal komponen yang diperlukan untuk menjalankan perangkat lunak berbasis PHP seperti WordPress, Drupal, Joomla, dan lainnya di Windows 10, Mac OS X, dan Linux.

Jika kalian seorang pengembang web, perancang, atau seseorang yang mencoba masuk ke blogging, XAMPP akan menghemat waktu dan kebingungan kalian karena harus menginstal dan mengonfigurasi Apache, MySQL, PHP, dan Perl secara manual di perangkat kalian.

Dalam panduan ini, kalian akan mempelajari instruksi untuk menginstal XAMPP di komputer kalian yang menjalankan Windows 10, cara mengkonfigurasi perangkat lunak, dan menyelesaikan masalah umum.

Baca juga: Pengertian, Cara Kerja, dan Fitur MySQL

Cara Download dan Install XAMPP di Windows

Untuk mengunduh dan menginstal XAMPP di komputer kalian, gunakan langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, unduh XAMPP dari Apache Friends (https://www.apachefriends.org/download.html).
    Catatan:
    a. Jika kalian memiliki persyaratan versi khusus untuk PHP, maka unduh versi yang harus kalian pasang.
    b. Jika kalian tidak memiliki persyaratan versi, maka unduh versi terlama, karena dapat membantu kalian menghindari masalah saat mencoba memasang perangkat lunak berbasis PHP.
  2. Kemudian klik dua kali file untuk menjalankan penginstal.
  3. Selanjutnya klik tombol OK pada peringatan untuk melanjutkan.
  4. Setelah itu klik tombol Berikutnya atau Next.
    Cara install XAMPP Windows

  5. XAMPP menawarkan berbagai komponen yang dapat kalian instal, seperti MySQL, phpMyAdmin, PHP, Apache, dan banyak lagi.
  6. Sebagian besar, kalian akan menggunakan sebagian besar komponen ini, karena itu disarankan untuk meninggalkan opsi default dan klik tombol Next.
  7. Gunakan pengaturan lokasi pemasangan default, atau pilih folder lain untuk menginstal, dan klik tombol Next.
  8. Hapus opsi Learn more about bitnami for XAMPP. Kemudian klik tombol Next.
  9. Lalu pilih “Izinkan akses untuk mengizinkan aplikasi melalui firewall (jika ada)”. Selanjutnya klik tombol Selesai.
  10. Setelah itu pilih bahasa Anda (Inggris atau Jerman) dan klik tombol Simpan.

Setelah kalian menyelesaikan langkah-langkahnya, Panel Kontrol XAMPP akan diluncurkan, dan kalian dapat memulai konfigurasi server web.

Baca juga: Pengertian, Sejarah, dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

Cara Mengkonfigurasi XAMPP Pada PC

Panel Kontrol XAMPP mencakup tiga bagian utama. Pada Moduls, kalian akan menemukan semua service yang tersedia. kalian dapat menjalankan setiap service dengan mengklik tombol Start.

Saat kalian memulai beberapa service, termasuk Apache dan MySQL, di sisi kanan, kalian juga akan melihat nomor ID proses dan nomor port TCP / IP yang digunakan setiap service.

Sebagai contoh, secara default Apache menggunakan TCP / IP port 80 dan 443, sedangkan MySQL menggunakan TCP / IP port 3306.

Cara setting XAMPP Windows

Kalian juga dapat mengklik tombol Admin untuk mendapatkan akses ke dasbor administrasi untuk setiap service dan memverifikasi bahwa semuanya berfungsi dengan benar.
Di sisi kanan ada daftar tombol untuk mengonfigurasi berbagai aspek panel kontrol, termasuk Konfigurasi untuk mengonfigurasikan moduls mana yang secara otomatis ingin memulai ketika kalian membuka XAMPP.
Dan ada juga tombol akses cepat untuk membuka command-line shell, folder instalasi XAMPP, service, dan quit the app.
Terakhir, kalian mendapatkan bagian log, di mana kalian bisa melihat apa yang terjadi setiap kali Anda memulai modul atau mengubah pengaturan.
Ini juga merupakan tempat pertama untuk melihat ketika sesuatu tidak berfungsi.
Pengaturan default harus berfungsi untuk kebanyakan orang yang menggunakan XAMPP untuk membuat pengujian untuk menjalankan situs web untuk penggunaan pribadi atau klien.
Namun, tergantung pada konfigurasi pengaturan kalian, kalian mungkin perlu mengubah nomor port TCP / IP untuk server Apache, ukuran unggah database, atau mengatur kata sandi untuk phpMyAdmin.
Untuk mengubah pengaturan ini, kalian harus menggunakan tombol Config untuk layanan yang sesuai.
Misalnya, kalian harus membuka file httpd.conf untuk mengubah pengaturan di server Apache, dan file my.ini untuk mengubah pengaturan untuk MySQL.
Selesai, sekian dulu artikel dari saya mengenai cara install XAMPP di Windows beserta tips saat download dan konfigurasinya.
Jangan lupa baca artikel lainnya juga dari Ngeneki mengenai Tips Komputer.
Semoga artikel ini bisa membantu aktifitas kalian. Untuk kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar