Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Indihome
Provider

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Indihome

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WIFI Indihome – Kebutuhan akses internet saat ini sudah menjadi hal yang lumrah. Untuk menutupi kebutuhan tersebut, para provider jaringan menyediakan  kuota internet dengan varian harga dan kualitas yang tentunya berbeda.

Namun karena kemajuan teknologi dan berbagai hal pendukung lain membuat beberapa mencari perluang untuk bisa mendapatkan berbagai akses gratis.

Salah satunya dengan menggunakan akses internet dengan mode jaringan WIFI dengan cara yang tidak wajar.

Tidak sedikit orang yang melakukan pembobolan WIFI (Indihome) baik di hp ataupun di PC. Hal ini dilakukan tentu agar dirinya mendapatkan akses internet secara gratis.

Tetapi yang seperti ini tentu merugikan pemiliknya, sekalipun kuota unlimited namun tetap akan ada resiko lain yang akan ditanggung oleh pemilik.

Selain menyebabkan koneksi internet menjadi lambat, terkadang pembobol WIFI digunakan mengakses internet untuk hal-hal yang negatif, semisal kejahatan dan bentuk kriminal lain.

Inilah yang akan membahayakan Anda sebagai pemilik WIFI, karena ketika kejahatan tersebut ditemukan penyidikan yang dilakukan akan mengarah pada IP Address WIFI Indihome di rumah Anda.

Selain itu bisa saja, kita sebagai pemilik WIFi yang berlangganan dan membayar merasakan lemot serta tidak bisa menikmati seperti semestinya. Hal tersebut membuat Anda wajib mengetahui siapa saja yang menggunakan WIFI Indihome.

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Indihome

Banyak cara melihat pengguna WIFI yang aktif dan bisa Anda lakukan sendiri. Proteksi ini bisa berupa penggunaan software tambahan, atau dengan melakukan pengecekan secara berkala. Untuk mengetahuinya, simak pembahasan berikut ini.

Modem ZTE

Pihak indihome tentu akan memberikan modem pada penggunanya. Agar bisa mengetahui password atau menggantinya, diperlukan akses ke modem.

Hal ini berlaku juga jika Anda ingin mengetahui perangkat mana yang menggunakan WIFI Anda. Anda bisa mengecek melalui modem bawaan dari Telkom Speedy. Untuk mengetahui pengguna WIFI di rumah Anda melalui ZTE F609, berikut langkah-langkahnya.

  • Buka akses modem pada PC/ Laptop/ Smartphone
  • Akses halaman IP 192.168.1.1 / 192.168.100.1 atau dengan menggunakan IP yang diberikan petugas Telkom saat memasang modem.
  • Selanjutnya Anda diharuskan untuk login, jika belum pernah melakukan penggantian password dan username, secara default password dan username pada ZTE adalah Admin/ user.
  • Cari menu Network > WLAN > Associated Devices.
  • Setelah menemukan menu tersebut, Anda akan mengetahui siapa saja yang menggunakan WIFI Indihome di rumah Anda.

CMD

Cara mengetahui pengguna WIFI Indihome juga bisa dilakukan melalui Command Prompt (CMD). Bagi Anda yang belum mengetahui keberadaan CMD, tekan logo Windows + R dan pilih CMD.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dengan mengetikan Net View pada CMD yang telah dibuka sebelumnya.

Untuk melakukan tes pada perangkat yang terhubung ke WIFI Anda, ketikan “ping nama salah satu komputer”, contoh: ping NISPA-PC. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda akan mengetahui perangkat mana saja yang sedang terhubung pada WIFI Indihome Anda.

Software – Advance IP Scanner

Cara mengetahui siapa yang memakai wifi kita bisa dilihat melalui Advanced IP Scanner. Selain memiliki fitur yang apik, software ini juga memiliki kelebihan lain dari fitur menarik yang ditawarkannya.

Pengguna hanya perlu mengisi alamat IP Prute sebelum mengakses aplikasi ini. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan software tersebut adalah kemampuannya dalam memindai alamat IP dengan waktu yang cepat dan tepat. Advanced IP Scaner juga memiliki tampilan yang sangat menarik dan mudah dipahami penggunanya.

Router Huawei

Saat ini banyak beredar router Indihome yang menggunakan Huawei HG8245H5. Jika keamanan WIFI Anda hanya menggunakan username dan passwordadmin”, Anda tidak akan bisa berbuat banyak.

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa username dan password yang terlalu mudah akan memudahkan pembobol untuk mengakses WIFI Anda. Anda bisa menggunakan username dan password yang berbeda untuk menjaga keamanan WIFI Anda.

Aturan penulisan dari password biasanya harus mengandung huruf kapital dan non kapital, serta harus mengandung angka. Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WIFI Indihome di rumah Anda dengan menggunakan Huawei ini sama saja dengan menggunakan software lainnya.

Selain menggunakan beberapa software diatas, salah satu langkah wajib untuk mengamankan setting internet dan akses administrasi adalah dengan mengganti password administrator pada modem fiberhome.

Langkah pertama untuk mengubah username dan password adalah dengan akses alamat IP 192.168.1.1 agar dapat membuka halaman login.

Sama halnya dengan modem-modem lain, default username dan password-nya adalah admin atau unknown. Langkah selanjutnya adalah klik menu Management dan Account Management akan secara otomati terbuka.

Sebaiknya ubah terlebih dahulu username dan password untuk menjadi keamanan WIFI Anda. Jika Anda lupa password baru yang sudah diubah, Anda harus me-reset modemnya dan harus dilakukan setting ulang.

Setelah memahami cara mengetahui siapa saja yang memakai WIFI kita di PC ataupun ponsel, tidak lengkap jika Anda tidak mencoba untuk memblokir pengguna WIFI Anda.  Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi Android yang bernama Fing.

Setelah terpasang buka aplikasi tersebut dan Anda akan mendapatkan informasi IP Address dari perangkat yang terhubungan dengan jaringan, termasuk modem WIFI.

Selain mengetahui siapa saja yang menggunakan WIFI Indihome, memblokir penggunanya akan cukup membantu keamanan WIFI Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa mengambil perangkat Generic dengan IP Address 192.168.1.100, kemudian klik perangkat tersebut.

Pada tampilan yang baru, Anda dapat melihat tampilan detail dari perangkat tersebut.

Anda hanya diharuskan untuk melihat MAC Address yang terletak di bagian bawah. Setelah mendapatkannya, Anda bisa berpindah pada komputer atau PC.

Untuk memblokir perangkat tersebut, bukalah peramban pilihan Anda dengan menggunakan Google Chrome atau yang sejenisnya. Pada Address bar, ketikan alamat IP dari router WIFI Anda, misal 192.168.1.1. Agar dengan mudah memblokir perangkat yang terhubung dengan WIFI Indihome, Anda harus masuk pada tab setting atau pengaturan, kemudian cari tab security keamanan.

Lokasi dari tab ini akan bermacam-macam dan tentunya mengaharuskan Anda untuk mencari perangkat dengan seksama. Setelah melakukan hal tersebut, masukan MAC Address perangkat yang Anda inginkan. Kemudian pilih aturan blokir pada MAC Address tersebut dan klik Apply.

Jika dibandingkan dengan cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WIFI Indihome, cara memblokir perangkat WIFI yang sudah terhubung membutuhkan cara yang lebih rumit. Namun hal ini tetap penting dilakukan untuk menjaga keamanan WIFI Indihome Anda.

Anda harus melakukan tindakan agar device tidak dengan mudah dikenali. Demikianlah pembahasan mengenai cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WIFI Indihome. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *