Cara Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile yang Terbukti Ampuh

Halo, selamat datang gamers. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk mengatasi lag maupun patah-patah ketika kamu bermain PUBG Mobile di Android atau smartphone milikmu yang bisa diterapkan untuk HP spek rendah hingga tinggi sekalipun.

Sejak kemunculan game battleground untuk perangkat mobile tersebut banyak sekali menarik perhatian masyarakat dunia, khususnya gamers. Karena sebelumnya game tersebut adalah game yang hanya bisa dimainkan di perangkat komputer atau laptop.

Tetapi ternyata secara mengejutkan versi mobile secara resmi dari PUBG juga bisa dirilis, dengan tampilan dan gameplay yang benar-benar mirip dan hanya berbeda pada bagian navigasi saja karena perangkat mobile menggunakan touchscreen bukan keyboard dan mouse.

Sayangnya, setelah game PUBG Mobile rilis secara resmi, banyak juga bermunculan masalah-masalah baru saat memainkan game tersebut, salah satu di antaranya yang paling familiar yaitu lag atau patah-patah ketika menjalankan game-nya.

Tidak heran kalau para player sering mengeluhkan hal-hal tersebut, karena pada versi PC pun sebenarnya juga bisa mendapati masalah yang sama.

Oleh sebab itu, pada artikel ini juga saya akan memberikan berbagai alasan kenapa patah-patah, lag, dan disconnect saat bermain PUBG Mobile beserta dengan cara untuk mengatasi yang menurut saya terbukti cukup ampuh untuk menjadi solusi.

Cara mengatasi lag, patah-patah, serta disconnect saat bermain PUBG Mobile

Spesifikasi HP

Penyebab yang paling sering terjadi ketika bermain PUBG Mobile di ponsel menurut saya spesifikasi yang terlalu rendah. Karena menurut saya sebenarnya tidak semua perangkat selalu bisa digunakan untuk bermain game tersebut, tetapi para pengguna memaksakan untuk menjalankan game battleground tersebut di perangkatnya.

Perlu kamu ketahui bahwa spesifikasi minimal ketika ingin bermain PUBG Mobile adalah berikut.

Android:

  • CPU: Quad Core
  • Sistem operasi: Android 4.3 (Jelly Bean)
  • RAM: 2GB
  • Storage (Memori): 1GB

iOS:

  • CPU: Dual Core @1.3GHz
  • Sistem operasi: iOS 9
  • RAM: 1GB
  • Storage (Memori): 1GB

Jika memang spesifikasi smartphone kamu belum memenuhi menurut saya jangan terlalu memaksakan untuk bermain game PUBG Mobile atau kamu akan menemui masalah lag, patah-patah, bahkan force close karena game tersebut menurut saya memang ditujukan untuk Android kelas menengah ke atas.

Sebagai pengganti kamu bisa bermain game dengan gameplay serupa yang lebih ringan salah satunya seperti Free Fire atau jika kamu mempunyai budget bisa dengan membeli ponsel yang memiliki spek lebih bagus.

Gunakan settingan low

Bagaimana jika spesifikasi HP kamu sudah memenuhi kriteria seperti pada poin pertama tadi tetapi masih merasakan yang namanya lag, patah-patah, hingga force close mungkin poin nomor dua ini untuk mengatasi LAG PUBG ini bisa menjadi solusinya.

Game PUBG memang menjadi primadona banyak orang karena memiki tampilan grafis yang cukup realistis, tentu saja hal tersebut bisa didapat ketika kamu menggunakan settingan tinggi.

Tetapi sayangnya tidak semua ponsel bisa menjalankan settingan tersebut, bahkan termasuk ponsel mid-end (kelas menengah).

Maka ketika kamu bermain coba cek setting terlebih dahulu lalu pastikan untuk mencoba menggunakan settingan terendah dengan cara berikut.

Cara setting grafis PUBG Mobile
  1. Masuk ke pengaturan saat berada di lobi dengan memencet (tombol gear) pada pojok kiri bawah.
  2. Pilih “Grrafis” pada menu.
  3. Pada bagian grafis pastikan kamu telah memilih ke settingan paling kiri (halus).
  4. Frekuensi bingkai gambar juga gunakan yang kiri (rendah).
  5. Tekan “Ok“.
Selesai, selanjutnya coba kamu mainkan lagi game PUBG Mobile tersebut, apakah masih lag, patah-patah, bahkan force close.

Kurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang

Poin ketiga ini berhubungan dengan yang namanya RAM pada ponsel kamu. Karena aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memakan RAM, sedangkan game PUBG Mobile membutuhkan RAM yang cukup banyak.

Solusinya, ketika kamu bermain PUBG Mobile, silahkan kamu matikan terlebih dahulu aplikasi lainnya. Jangan melakukan multitasking.

Jika masih merasakan lag maupun patah-patah, coba cek settingan pada smartphone kamu (setiap HP berbeda-beda), biasanya ada pengaturan mengenai perizinan dan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Pastikan koneksi memadai

Koneksi menjadi salah satu kunci utama dalam bermain game online khususnya PUBG Mobile. Karena meskipun kamu jago bermain PUBG, tetapi kalau koneksi kamu tidak bagus seperti mengalami disconnect, tidak stabil, dan lambat maka juga pasti akan mempengaruhi permainanmu.

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh internet provider yang memang lamban atau jika kalian menggunakan WiFi terutama di tempat umum kemungkinan cepat lambatnya jaringan juga dipengaruhi oleh banyaknya pengguna.

Oleh sebab itu selalu pastikan bahwa koneksi yang kamu gunakan sudah memadai. Jika ingin melakukan testis bisa dengan mencoba untuk bermain di mode classic terlebih dahulu, ketita ternyata lancar barulah bermain di mode ranked.

Update sistem Android kamu

Mungkin tidak sedikit dari kalian yang bingung, kenapa harus melakukan update sistem di smartphone kalian padahal sudah memenuhi di syarat minimum. Alasannya yaitu setiap update pasti akan memberikan pembaruan.

Bisa jadi di versi yang lama ada sistem yang bermasalah atau kinerja dari versi yang baru ternyata jauh lebih optimal. Dengan begitu sistem dari ponsel kamu tersebut juga bisa berpengaruh terhdapat lag atau tidaknya saat bermain PUBG Mobile.

Suhu ponsel terlalu panas

Salah satu penyebab terjadinya lag atau lemot di PUBG yaitu kondisi HP yang sudah sangat panas, bisa jadi karena ada sistem hardware yang error, karena baru saja kamu gunakan untuk berbagai aktifitas yang cukup ekstrim, maupun kondisi ponsel ternyata baru saja di cas.

Kasus seperti ini biasa terjadi di ponsel low end, tetapi juga bukan tidak mungkin terjadi juga pada smartphone kalian.

Suhu dari perangkat yang panas menandakan bahwa HP tersebut sudah bekerja sangat keras untuk menjalankan aktifitasnya. Jadi solusinya silahkan kamu istirahatkan terlebih dahulu ponsel kamu, setelah dingin baru gunakan untuk bermain.

Jangan bermain sambil mengecas

Sebenarnya tidak hanya saat bermain PUBG Mobile saja, melainkan saat menggunakan aktifitas di dalam HP sebaiknya jangan dilakukan saat mengecas, terlebih untuk penggunaan yang berat seperti bermain game.

Kenapa begitu? karena ponsel akan bekerja lebih keras dan suhu dari HP juga akan semakin panas. Hal ini sangat beresiko jika dipaksakan untuk terus digunakan.

Selain itu tidak jarang ditemui berbagai masalah lain dari kasus seperti ini, bisa jadi smartphone yang kamu gunakan malah overheat dan rusak.

Gunakan aplikasi game booster

Aplikasi game booster ini bisa kamu dapat dari layanan penyedia aplikasi seperti Play Store jika di Android atau mungkin ada juga yang bawaan dari HP. Seperti pada ponsel saya Xiaomi yang memiliki fitur khusus percepat mode permainan.

Aplikasi tersebut biasanya akan menghentikan aktifitas dari aplikasi lain di latar belakang, serta memprioritaskan game yang sedang dimainkan untuk dijalankan secara lancar. Pada beberapa aplikasi sendiri malah terdapat setting prioritas jaringan, sehingga bisa memperlancar ketika bermain PUBG Mobile.

Mengganti lokasi server

Untuk lokasi server sendiri sebenarnya kamu juga dapat memilih. Untuk pengguna di Indonesia maka akan dimasukkan ke dalam server Asia. Tetapi apakah server ini berpengaruh?

Kalau menurut saya pribadi tergantung. Karena sebenarnya server ini bisa berpengaruh juga bisa tidak. Karena ketika server yang kita gunakan banyak penggunanya dan pihak dari PUBG Mobile tidak bisa menampung hal ini bisa kemungkinan terjadi.

Tetapi saya rasa ini seperti tidak mungkin, mengingat PUBG Mobile adalah salah satu game yang besar dan pasti teknis juga dilakukan secara profesional. Namun, tidak ada salahnya juga kan untuk mencoba cara ini.

Cara menggubah lokasi server di PUBG Mobile:

Cara ganti server PUBG Mobile
  1. Saat di lobi, tekan menu yang berada di bawah tombol mulai (biasanya untuk memilih map, mode, dan jumlah pemain).
  2. Lalu, pada pojok kanan atas ada tulisan Asia di samping ikon globe, silahkan pencet dan ganti ke server yang kamu inginkan.
  3. Di sana akan terdapat juga kecepatan koneksi dari  masing-masing server, semakin tinggi angkanya maka semakin lambat server tersebut.

Ubah setting melalui file

Cara yang terakhir ini bisa disebut juga sebagai langkah alternatif jika sudah melakukan tips sebelumnya tetapi belum berhasil atau masih mendapati lag, lemot, patah-patah, hingga force close ketika bermain PUBG Mobile.

Langsung saja simak berikut ini tutorialnya.

  1. Download aplikasi Root Explorer yang bisa kamu dapatkan dari Google Play Store atau layanan pendia aplikasi lainnya, kemudian silahkan install terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut dan masuk ke “Internal Storage“.
  3. Jika sudah piih folder Android/ Data/ com.tencent.tmgp.pu.
  4. Selanjutnya silahkan buka folder Files/ UE4Game/ ShadowTrackerExtra/ ShadowTrackerExtra (ada 2)/ Saved/ Config/ Android/ UserCustom.ini..
  5. Cari yang namanya”GameUserSettings.ini“, jika sudah ketemu silahkan tahan gunakan teks editor lalu ubah settignya menjadi seperti berikut.

Sg. ResolutionQuality=100
Sg. ViewDistanceQuality=3
Sg. AntiAliasingQuality=10
Sg. ShadowQuality=0
Sg. PostProcessQuality=0
Sg. TextureQuality=5
Sg. EffectQuality=3
Sg. FoliageQuality=1
Sg. TrueSkyQuality=1
Sg. GroundClutterQuality=1
Sg. IBLQualuty=0
Sg. PUBGQualutyLv1=0

Penutup

Sampai sekian dulu tips dan cara bermain PUBG Mobile supaya tidak merasakan lagi yang namanya patah-patah, lag, lemot, bahkan force close.

Jika masih belum berhasil, bisa juga kamu coba dengan mencopot pemasangan aplikasi kemudian menginstall lagi PUBG Mobile. Karena bisa jadi ada file yang bermasalah di dalamnya.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat ya, terima kasih.

Bagikan artikel ini

2 pemikiran pada “Cara Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile yang Terbukti Ampuh”

Tinggalkan komentar