Cara Mengatasi Mobile Legends Freeze

Belakangan ini muncul isu mengenai freeze Mobile Legends. Saya sendiri mengalaminya beberapa kali dalam satu minggu terakhir. Error ini muncul ketika sedang berada di dalam pertandingan. Dalam artikel ini kami akan memberitahukan cara mengatasi Mobile Legends freeze tersebut.

Sebelumnya, isu mengenai error yang serupa juga sempat ramai. Salah satu teman saya mengalami freeze setelah top up dari Google Play. Tetapi freeze tersebut tidak di dalam pertandingan, melainkan macet saat loading screen memasuki lobi. Saat ini sudah berhasil diatasi, error ini terjadi karena bug dari layanan Google.

Nah, saya mengira freeze yang saya alami mirip dengan yang rekan saya alami. Tetapi ternyata berbeda. Beragam cara yang sudah saya lakukan seperti hapus chache, hapus data, ganti akun Google, log out akun Google, uninstall Mobile Legends, sampai dengan menggunakan aplikasi sejenis game booster tidak berhasil memberikan solusi.

Kemungkinan penyebab dari error ini adalah bug dari Mobile Legends itu sendiri, entah terkait dengan akun Google, provider yang sedang digunakan, dan MIUI. Kenapa MIUI? sebab saya sering menemui masalah ini terjadi di pengguna Xiaomi, termasuk saya dan teman saya.

Saya juga sempat mencoba mematikan koneksi ketika dalam battle dan menguhubungkannya kembali dan akibatnya terjadi freeze. Kemudian saya menemukan sebuah cara yang berhasil mengatasi freeze Mobile Legends tersebut dan ini cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

Baca juga: 1000+ Nama Keren Buat Mobile Legends

Cara Mengatasi Mobile Legends Freeze

1. Mode Pesawat

Cara pertama adalah memanfaatkan fitur mode pesawat yang ada di ponsel kalian.

  1. Buka Mobile Legends seperti biasanya.
  2. Ketika sudah sampai tampilan utama (lobi) silahkan aktifkan mode pesawat.
  3. Selanjutnya matikan lagi mode pesawat dan pastikan kalian sudah connect kembali dengan game.
  4. Mainkan game Mobile Legends seperti biasanya.

Tutorial ini adalah tutorial yang berhasil untuk saya sejauh ini. Jika masih belum berhasil silahkan ikuti metode lainnya.

2. Matikan Komedi Putar Wallpaper

Cara ke dua ini khusus untuk pengguna Xiaomi, jika bukan silahkan skip ke cara selanjutnya.

  1. Buka Setelan.
  2. Ketikkan Wallpaper di pencarian dan pilih Komedi Putar Wallpaper.
  3. Nonaktifkan opsi.
  4. Selesai.

3. Hapus Cache dan Data

Hapus cache dan data ini sudah terbukti menjadi solusi yang cukup berhasil untuk banyak error yang terjadi di aplikasi Android, tak terkecuali Mobile Legends. Silahkan ikuti langkah berikut.

  1. Ketuk dan tahan aplikasi Mobile Legends kemudian ilih info aplikasi.
  2. Jika sudah pilih hapus cache.
  3. Kemudian buka dan mainkan Mobile Legends seperti biasa. Jika masalah masih terjadi ulangi langkah pertama kemudian pilih Hapus Semua Data.

4. Matikan Pembaruan di Beberapa Aplikasi

Metode ke empat adalah mematikan update di beberapa aplikasi sistem. Aplikasi ini kemungkinan berkaitan dengan kinerja Mobile Legends. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama buka Setelan.
  2. Lalu masuk ke Aplikasi dan pilih Kelola Aplikasi.
  3. Pada bagian pojok kanan atas pilih Tampilkan Semua Aplikasi.
  4. Kemudian ketikkan “MSA” di pencarian.
  5. Pilih nonaktifkan pembaruan.
  6. Selanjutnya ulangi langkah ke 4 dengan mengetikkan, “Android System WebView”.
  7. Selesai.

5. Log Out Akun Google

Cara ke lima adalah ke luar dari akun Google Anda. Mulai dari Google Play Store, Google Play Games, dan lain-lain. Jika sudah silahkan masuk lagi dan jika belum berhasil coba gunakan akun Google yang lain.

Cara ini sempat terbukti saat bug top up Mobile Legends. Beberapa orang mengikuti langkah ini dan berhasil mengatasi error yang terjadi.

6. Uninstall Mobile Legends

Cara ini bisa jadi opsi akhir jika ke lima cara sebelumnya belum berhasil. Beberapa kendala, bug, error bisa terjadi karena file Mobile Legends yang corrupt, hilang, dan rusak.

Sehingga cara ini bisa berhasil untuk beberapa masalah. Jika masih belum berhasil silahkan ikuti langkah terakhir sebagai berikut.

7. Gunakan Provider Internet yang Lain

Saya mendapati sebuah komentar di akun resmi Mobile Legends di Facebook. Ada seseorang yang mengeluhkan tentang bug freeze. Jawaban dari akun resmi tersebut menyatakan bahwa sedang ada masalah dengan beberapa provider. Dengan begini Anda bisa mencoba menggunakan koneksi internet dari provider lain.

Baca juga: 12 Alasan Kenapa Mobile Legends Menjadi Game Terpopuler Saat Ini

Itulah beberapa cara mengatasi Mobile Legends yang freeze, stuck, dan error lainnya. Jika ada pertanyaan terkait topik di atas silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.