Cara Mengatasi Lag di Minecraft dengan Mudah - Ngeneki.com

Cara Mengatasi Lag di Minecraft dengan Mudah

Minecraft
Mengatasi Lag di Minecraft - Minecraft merupakan salah satu game yang mempunyai banyak penggemar dikarenakan bentuk gamenya yang berbeda dan unik dibanding game yang lainnya, entah dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa pun masih ada yang menggunakan game ini.

Game ini bisa dikatakan unik dan berbeda karena jika dilihat kembali pada masa sekarang ini, gamenya mempunyai grafik yang HD namun untuk game Minecraft ini meskipun grafiknya belum smooth namun mempunyai segala fitur yang tidak dimiliki oleh game lainnya.


Mungkin itulah salah satu alasan mengapa masih banyak sekali orang yang menggunakan game ini dan menyukainya. Terlebih lagi Minecraft ini memang di desain seperti itu dengan segala hal unik didalamnya.

Namun meskipun gamenya tidak terlalu HD, ternyata banyak juga persoalan mengapa Minecraft sering lag saat dijalankan. Nah, ternyata hal tersebut sudah ada jawabannya yang bisa membuat lag dalam Minecraft teratasi.

Jika pandangan orang lain yang  belum pernah memainkan Minecraft mungkin akan berfikir bahwa game ini sangatlah ringan dan bisa dijalankan pada device yang rendah sekalipun. Mungkin anggapan itu bisa benar dan bisa tidak, karena semua tergantung kepada settingan yang digunakan.

Buktinya banyak sekali para player yang ternyata mengalami salah satu hal yang tidak disukai oleh para gamers, yaitu lag. Banyak sekali orang yang mengeluhkan bahwa seringkali FPSnya drop yang membuat Minecraftlag.

Apakah ada cara untuk bisa mengatasi lag pada Minecraft tersebut? Jawabannya pasti ada, yaitu yang akan kamu ketahui setelah membaca artikel ini hingga akhir.

1. Melakukan setting grafik

Salah besar apabila didalam game Mincecraft tidak ada settingan grafik meskipun jika pandangan orang yang tida suka dengan Minecraft akan menganggap game ini sudah ketinggalan zaman karena tidak smooth.

Ternyata pada game Minecraft ini ada settingan grafiknya. Jika gamemu mengalami lag mungkin kamu bisa mengubah settingannya.

Caranya yaitu dengan masuk kedalam aplikasi Minecraft dan masuk kee menu options. Kemudian rubah dengan menurunkan settingan grafik seperti pada bagian Graphics dirubah menjadi Fast, smooth lighting di matikan, 3D dimatikan, particles dirubah menjadi minimal, dan lain sebagainya.

Sesuaikan dengan kondisi device yang kamu gunakan supaya menjadi lebih cepat, namun pastinya jika akmu turunkan maka kualitas grafik akan turun juga. Meskipun begitu, itulah cara yang termudah untuk bisa mengatasi lag pada Minecraftmu.

2. Memasang Texture Pack

Jika kamu pemain Minecraft sejati pastinya akan kenal yang namanya texture pack ini, ya bisa dikatakan sebagai settingan instan pada gamemu.

Texture pack ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dengan mendownloadnya di internet, namun kamu harus berhati-hati dalam mendownloadnya dan pastikan tempat yang kau download mempunyai kredibilitas yang bagus.

Setelah kamu mendownloadnya kamu bisa memasangnya pada game Minecraftnya, caranya yaitu :

a. Masuk ke appdata

Untuk memasuki bagian tersebut kamu bisa dengan memencet tombol Windows dan juga huruf R secara bersamaan pada laptop atau PC yang kamu gunakan, nantinya akan muncul tab baru yang bertuliskan Run.

Setelah muncul, kamu tinggal mengetikkan ‘%appdata%’ tanpa tanda petik, kemudian pencet tombol OK.

b. Memindah hasil download-an

Nanti kamu akan muncul folder appdata, kemudian kamu cari folder yang bertuliskan .minecraft. Didalam folder tersebut akan ada banyak folder, pilih saja folder yang bernama resourcepacks.
Kemudian pindahkan texture pack yang sudah kamu download sebelumnya kedalam folder resourcepack yang sudah kamu buka tadi.

c. Mengaktifkan resource pack

Setelah memindahkan, kamu bisa langsung masuk kedalam game Minecraft dan masuk kebagian options. Setelah itu pilih pada bagian Resource Packs yang ada didalam menu options tadi. Setelah itu nanti akan muncul beberapa list, pilih saja yang bertuliskan resourcepack.

3. Memaksimalkan kinerja Minecraft 

Cara yang satu ini merupakan sara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan kinerja Minecraft pada PCmu, namun yang perlu kamu ketahui bahwa nantinya kinerja Pcmu hanya akan mempercepat gamenya dan kemungkinan aplikasi lain akan sedikit lambat kinerjanya.

Untuk memaksimalkannya kamu bisa dengan membuka aplikasi Minecraftnya terlebih dahulu, kemudian kamu minimize aplikasi Minecraftnya dengan cara Window Mode dengan klik logo Windows pada keyboardmu.

Kemudian pada taksbarnya, kamu bisa klik kanan dan pilih yang bertuliskan task manager. Nantinya akan muncul tab baru yang berisikan list aplikasi yang sedang dijalankan, kamu cari saja aplikasi yang bernama java (TM) atau Minecraft.

Setelah ketemu, kamu klik kanan saja pada aplikasinya dan pilih opsi Go to details. Kemudian cari lagi yang bertuliskan javaw.exe, setelah itu klik knan pada javaw.exe-nya. Nantinya kamu akan menemukan beberapa opsi, kamu tinggal arahkan pada yang bertuliskan set priority dan klik High.

Settingan tersebut menandakan bahwa aplikasi itu mempunyai prioritas lebih dalam menjalankannya di Pcmu, sehingga pastinya kinerja Miencraft akan menjadi lebih lancar dan kemungkinan lag akan menjadi terselesaikan.


Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengatasi aplikasi Minecraft yang mengalami lag pada PCmu. Beberapa diantaranya yaitu yang sudah kamu baca pada beberapa poin diatas tadi yang bisa kamu praktekkan sendiri.

Namun, apabila cara diatas belum juga dapat menyelesaikan lag saat menjalankan aplikasi Minecraftnya, mungkin kamu harus mengupgrade hardware yang dimiliki oleh PCmu karena pengaruhnya sangat besar dalam mengatasi lag.

Itulah artikel mengenai cara mengatasi lag di Minecraft. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu bisa mengatasi lag yang ada pada Minecraft dengan mudah dan pastinya tidak bingung lagi secara terus-menerus.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Lag di Minecraft dengan Mudah"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel