Contoh Surat Perjanjian Perdamaian - Ngeneki.com

Contoh Surat Perjanjian Perdamaian

Contoh Surat Perjanjian Perdamaian - Dari sekian banyaknya surat, salah satu yang paling penting yaitu surat yang digunakan untuk melakukan perjanjian damai. Surat ini biasanya dibutuhkan ketika seseorang atau komunitas mengalami suatu konflik dengan individu atau kelompok lainnya agar tidak terus menerus terjadi permusuhan.

Jika saat ini anda belum begitu paham apa yang dimaksud dengan surat perjanjian perdamaian, maka dari itu anda diharuskan mengetahui terlebih dahulu apa itu surat perdamaian termasuk fungsiya.

Setelah itu barulah anda mengetahui beberapa contoh surat perjanjian perdamaian yang saat ini, banyak digunakan oleh beberapa orang dalam kehidupan sehari-hari juga memiliki makna yang penting.

Tentunya sesuai dengan nama dari surat ini, maka surat ini memang dibuat dengan maksud untuk mendamaikan satu atau dua pihak bahkan lebih yang disebabkan oleh berbagai hal.

Sehingga fungsinya sudah jelas dimana surat ini dapat dipergunakan, ada beberapa contoh surat perjanjian perdamaian yang akan membantu anda untuk membuat surat perdamaian sebagaimana mestinya.
Damai

Perjanjian Perdamaian Karena Kecelakaan

Contoh surat perdamaian kecelakaan:

Kami masing-masing yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Mushiron Muslimin
Umur : 22
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jln. Cikikis No.2 Kecamatan. Jangur Kelurahan. Sigaran

Selanjutnya dengan pihak pertama (Pengendara motor Honda Vario Z 7000 MN)
Nama : Maman Ohim
Umur : 25 
Pekerjaan : Buruh Swasta
Alamat : Jln. Cimulu No.2 Kecamatan. Koler Kelurahan. Simprung

Selanjutnya dengan pihak kedua (pengendara motor Honda CBR Z 1000 ZE)

Sehubungan dengan terjadinya kecelakaan lalu lintas pada hari Jumat Tanggal 30 Januari 2019, tepatnya pada pukul 09.15 WIB.

Terjadinya kecelakaan di jalan Cibatu, kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, kecelakaan ini dialami oleh kedua pihak yang menggunakan kendaraan bermotor, diantaranya adalah Motor Honda Vario Z 7000 MN yang dikendarai oleh pihak pertama bertabrakan dengan Motor Honda CBR Z 1000 ZE yang dikendarai pihak kedua. 

Kecelakaan ini menyebabkan kedua pihak mengalami luka-luka serta kedua unit dari kendaraan milik masing-masing pihak mengalami kerusakan parah, kedua kendaraan tersebut telah diamankan oleh pihak kepolisian setempat.

Atas kejadian kecelakaan lalulintas tersebut, kami kedua belah pihak bersepakat berdamai secara kekeluargaan tanpa paksaan dari pihak manapun, adapun perjanjian yang tertera sebagai berikut:
  1. Kedua belah pihak telah mengakui bahwa kecelakaan yang telah terjadi pada hari Jumat tersebut, terjadi akibat kelalaian daripada kedua belah pihak sehingga kecelakaan tersebut akhirnya terjadi. 
  2. Sesuai dengan kesepakatan yang telah dibicarkan, bahwa pihak pertama bersedia untuk membantu biaya kerusakan pada kendaraan pihak kedua sebesar 50 persen. Pihak pertama juga bersedia untuk membantu biaya pengobatan pihak kedua diluar BPJS sebanyak 1.000.000 (satu juta rupiah.
  3. Dengan demikian setelah surat perdamaian ini kami buat serta kami tanda tangani, kedua belah pihak tidak akan saling menuntut satu sama lain. Kedua pihak tidak akan menuntut ganti rugi kepada pihak manapun, baik saat ini atau dikemudian hari sehubungan dengan perkara kecelakaan yang terjadi tersebut. 
Demikianlah surat perdamaian kecelakaan ini kami buat untuk dipergunakan dengan sebenar-benarnya, serta surat ini kami buat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, melainkan semua yang tertera pada perjanjian ini dibuat atas kesadaran dari kedua belah pihak agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Tasikmalaya 1 Februari 2019

Mushiron Muslimin

(Pihak Pertama)

Jakaria Yahya

(Saksi-Saksi)
  1. Dhani (saksi pihak pertama)
  2. Cicih (saksi pihak kedua)

Contoh Surat Perjanjian Perdamaian Kesepakatan Bersama

Pada hari ini, Tanggal 30 Januari 2019 bahwa kami yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                 : Ahmad Asep
Tempat Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 13 Februari 1993
Jenis Kelamin         : Laki-Laki
Pekerjaan         : Freelance
Alamat         : Jalan Cimukut Utama No.22, Kec. Karangan, Kel. Sidikan, Tasikmalaya

Serta keterangan lainnya yang dibutuhkan

Selanjutnya dalam surat kesepakatan bersama ini disebut sebagai pihak pertama:
Nama         : Jajang Sandi
Tempat Tanggal Lahir : Tasikmalaya 20 Mei 1995
Pekerjaan         : Montir
Alamat         : Jalan Leuwianyar No.15 Kec. Cipedes Kel. Sukamanah, Tasikmalaya

Serta keterangan lainnya yang dibutuhkan

Selanjutnya dalam surat kesepakatan bersama ini disebut pihak kedua:

Sehubungan dengan dibuatnya surat kesepakatan ini, maka kedua belah pihak akan menyampaikan ketersediaannya untuk bersedia berdamai, atas kejadian perselisihan antara kedua belah pihak. Yang mana pihak pertama dan pihak kedua secara bersamaan, selanjutnya disebut sebagai para pihak ini akan menerangkan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut:
  1. Bahwa, pada hari kamis tanggal 20 Desember 2018, pihak pertama pada surat ini telah mengalami luka-luka, yang mengharuskannya mendapatkan perawatan medis di rumah sakit umum wilayah setempat.
  2. Telah dinyatakan bahwa, luka-luka yang dialami oleh pihak pertama tersebut diduga akibat tindakan penganiayaan, yang pada saat itu dilakukan oleh pihak kedua bersama para pelaku lainnya. 
  3. Atas terjadinya tindakan penganiayaan tersebut, pihak pertama sebelumnya telah mengajukan laporan kepada pihak berwajib, atas dugaan tindak pidana alias tindakan penganiayaan yang saat itu dilakukan oleh pihak kedua. 
  4. Pihak kedua disini telah mengakui perbuatannya, serta telah menyatakan penyesalan atas perbuatan yang dilakukannya. Pihak kedua juga telah menyatakan permohonan maafnya, kemudian berjanii bahwa tidak akan mengulangi kembali perbuatannya tersebut, serta memohon pihak pertama untuk mencabut kembali laporannya. 
Dengan adanya pernyataan diatas, maka kedua belah pihak telah membuat kesepakatan sesuai dengan daftar berikut:
  1. Para pihak telah menyepakati untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara damai.
  2. Pihak pertama telah memaafkan perbuatan pihak kedua tanpa syarat.
  3. Pihak pertama telah sepakat untuk mencabut laporan yang telah dikirimkan kepada pihak kepolisian, serta berjanji tidak akan melakukan tuntutan hukum apapun setelah perjanjian ini.
  4. Pihak pertama serta pihak kedua tidak akan melakukan tindak pidana lain di kemudian hari, baik terhadap salah satu pihak ataupun orang lain. Jika terjadi kembali, maka kedua pihak siap untuk dihukum sesuai peraturan yang berlaku. 

Penutup

Sebuah surat perjanjian memang memiliki fungsi yang sangat penting, terutama ketika surat tersebut memang digunakan untuk maksud berdamai.

Maka kegunaannya haruslah sesuai dengan apa yang diharuskannya, dengan demikian surat yang dibuat tersebut dapat membantu agar anda senantiasa sebagai salah satu pihak yang ingin mengajukan perdamaian dapat terwujud. 

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Perjanjian Perdamaian"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel