Tips Penting Sebelum Melakukan Traveling atau Perjalanan Wisata

Tips Penting Sebelum Melakukan Traveling atau Perjalanan Wisata

Ngeneki.com – Tips Melakukan Traveling atau Perjalanan Wisata, Saat liburan tiba biasanya banyak banget nih yang punya rencana buat berwisata atau traveling ketimbang bekerja keras, pastilah.

Nah, sebelum kamu melakukan perjalanan jangan lupa untuk tahu apa aja yang harus kamu perhatikan, lakukan, siapkan, dan pikirkan.

Jangan sampai saat holiday nanti acara menikmati hari libur berantakan atau cuma wacana. Oke daripada, kelamaan mending langsung aja ke bawah yaitu beberapa hal yang harus kamu pikirin sebelum wisata.

Tujuan yang jelas

Jelas donk, kalau kamu mau ngapa-ngapain jadi harus punya tujuan yang jelas. Masa iya mau jalan-jalan gatau kemana, berhenti ditempat atau muter-muter gajelas deh jadinya.

Nah, maka dari itu kamu harus nyiapin berbagai lokasi atau tempat wisata yang bakalan kamu kunjungi biar nanti gak bimbang.

Banyak kok sekarang ini tempat wisata dimana-mana, bahkan mulai dari yang bernuansa alam hingga kota juga banyak.

Tentukan Jadwal

Setelah tau tempat yang mau dikunjungi, kali ini saatnya  kamu menentukan jadwal atau waktu yang pas buat berlibur.

Mau berapa hari dan mulai tanggal berapa jadi salah satu hal yang paling penting biar nanti gak ribet atau rencana liburan kamu berantakan. Jadinya gak tabrakan juga dengan acara lainnya dan bisa lebih menikmati deh.

Lihat kondisi cuaca

Ini nih poin yang gak kalah penting dari lainnya. Meskipun di Indonesia cuman punya dua musim tapi kalau kamu wisata di daerah lokal aja bakalan nyesel kalau sampai ga liat cuaca.

Apalagi kalau di musim penghujan, harus bener-bener pintar deh milih waktu yang tepat. Jangan sampai kalau liburan ke wisata alam pas hujan, waduh bakalan gak asik deh. Coba bayangin juga kalau ke pantai pas panas, kan enak hehe.

Punya budget yang sesuai

Buat kamu yang ngebet banget liburan jangan lupa ya sama uang. Karena meskipun bisa sengirit apapun yang namanya bekal berupa uang itu penting.

Saat ini aja hampir semua tempat wisata bayar sekalipun itu wisata alam yang sebenarnya keberadaanya alami.

Nah, mungkin kalau kamu bener-bener ngepres jadi backpacker aja deh, gabung ke komunitas. Tapi inget, harus siap mental dan pemberani.

Oh iya masih ada lagi kok caranya traveling ngirit, bahkan bisa dapat uang. Baca di cara traveling sekaligus mendapat penghasilan.

Kalau bisa rame-rame

Jalan-jalan sendiri itu gaenak. Masa iya ntar mau ngomong gapunya temen buat diajak ngobrol, mau ngapa-ngapain juga agak ribet.

Bawa barang semuanya sendirian, bahkan mau ambil fotopun gabisa sebagus kalau ada yang fotoin. Emang sih gak ada salahnya buat traveling sendirian, tapi alangkah baiknya jangan sendiri.

Tapi kalau emang gasuka rame ya ajak aja satu sampai empat orang. Dijamin bakalan lebih ngena, seru, dan asik.

Jangan lupa bawa peralatan yang dibutuhin

Yaelah yang ini sih harusnya ga dijelasin, semua kalau mau kemana-mana harusnya bawa peralatan atau barang yang nanti bakal dibutuhin.

Dan kalau kamu liburan ke tempat jauh atau dalam jangka waktu cukup lama harus bener-bener teliti ya sebelum berangkat saat menyiapkan barang bawaan.

Berikut ini nih mungkin benda yang cukup penting dan perlengkapan yang penting buat diperhatikan saat berwisata.

Kendaraan atau transportasi

Mau berlibur kemanapun kecuali di desa sebelah alat transportasi adalah hal yang paling utama. Gimana mau kesana kalau gada transportasi. Kalau jauh mungkin kamu harus nyiapin pesawat, kalau lumayan mungkin kereta, dan kalau jauh gak jauh-jauh banget mobil.

Kalau emang kepepet gada kendaraan yang pas, awa motor aja gamasalah. Yang terpenting dari alat transportasi ini sebenernya bukan pakai apa, tetapi lebih ke fungsi dan keamanannya.

Kalau pengen bebas muter-muter ya pakai mobil atau motor, tapi kalau ke satu atau dua tempat doank pakai kendaraan umum juga oke ya kan.

Gadget

Di era yang kaya gini mana mungkin ada manusia yang gak kecanduan gadget, yah kalaupun ada mungkin lansia.

Untuk itu kamu juga wajib banget buat memperhatikan benda yang satu ini. Mulai dari HP, powerbank, kamera, dan aksesoris lainnya jika emang dibutuhin.

Ngeneki.com punya beberapa gadget yang bikin liburanmu tambah asik yaitu berikut.

Smartphone

Jelas deh yang paling utama dari semuanya yaitu HP. Bahkan kapanpun dimanapun orang saat ini hidupnya seperti gak lengkap tanpa ponsel.

Apalagi isinya ada aneka ragam medsos dan pakai provider internet ngebut. Bakalan candu banget nih.

Jadi sebelum berangkat periksa smartphone kamu dan kalau bisa pastiin sudah penuh. Oh iya jangan lupa bawa cas.

Powerbank

Ini nih juga jangan lupa. Meskipun saat ini baterai HP makin awet dan tempat ngecas udah banyak tapi alat ini bisa jadi penangkal kegelisahan saat baterai low. Keadaan darurat bisa terasi deh.

Kamera

Sekarang kalau dipikir-pikir traveling atau berwisata tanpa alat ini udah mustahil. Kamera harganya juga banyak yang murah dari minicam, mirrorles, hingga DSLR.

Ada juga tempat-tempat penyewaanya yang bisa kamu temuin di lingkunganmu. Kalau ga bawa kamera jepret foto itu kaya kurang puas, meski di HP sendiri udah bisa dengan kualitas bagus.

Tripod atau tongsis

Sebagai salah satu aksesoris paling wajib buat orang narsis dan yang hobi foto keren ya ini nih. Kalau pengen dapet angle yang pas pakai tripod deh, apalagi kalau pengen foto sendiri atau beberapa orang semuannya biar gak ada yang ketinggalan. Dijamin berguna banget deh.

Headset

Ini sih sifatnya gak wajib, tapi enak banget kalau dibawa traveling. Bukan sekedar buat bawaan loh ya, tetapi juga dipakai kalau kamu pengen dengerin musik biar ga bosen.

Selain itu bisa juga buat dengerin telepon di tempat umum biar kedengeran dan ga ngganggu orang lain.

Smartwatch

Kalau yang ini hukumnya kalau mampu aja, kalau engga gapenting juga sih. Tapi kalau pengen keliatan keren beli deh, biar kamu lebih enak kalau ngecek notif di smartphone selain itu juga nunjukin waktu. Apalagi fitur smartwatch itu beragam, asik deh pokoknya kalau bawa.

Pakaian

Mau berapa lama kamu jalan-jalan kalau ada pakaian ganti kan tenang, jadi biar kamu bisa mandi dan ganti-ganti baju.

Jangan lupa bawa baju yang layak ya, biar gak keliatan ketinggalan zaman. Apalagi style saat ini udah aneka ragam.

Oh iya, meski demikian gausah terlalu menaruh fashion jadi hal yang penting banget, tampil apa adanya aja udah oke kok.

Itu dia beberapa cara untuk traveling yang harusnya kamu ikuti biar gak nyesel dan jadi wacana.

Oh iya, jangan lupa bawa kamera yang bagus biar ga ketinggalan sama momen yang seru dan mengabadikan foto yang kekinian.

Sekian dulu dari saya, dadaaa.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar