Template Blogger Terbaik 2019

Sebagai blogger kita pasti ingin blog kita mempunyai tampilan yang bagus. Salah satu caranya dengan memilih template yang tepat. Oleh sebab itu pada artikel ini saya akan memberikan daftar template blogger terbaik 2019.

Template sendiri merupakan salah satu bagian yang paling penting untuk menentukan bagus tidaknya suatu blog.

Jika blog diibaratkan sebagai manusia sekarang, maka template adalah pakaian yang dikenakan oleh orang tersebut.

Persis seperti pakaian, jika tampilan suatu blog keren, maka juga akan memberikan first impression yang bagu terhadap pengunjung.

Akibatnya, orang yang baru melihat blog anda akan betah dan bukan tidak mungkin untuk kembali melihat blog anda.

Sayangnya, masih banyak sekali yang belum tau kalau setiap template yang digunakan itu selalu berbeda bukan hanya dari segi tampilan, tetapi juga dari struktur dan fitur.

Hal itu juga mempengaruhi berbagai faktor lainnya seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

Ciri-ciri Template Blogger Terbaik 2019

Adapun beberapa kriteria template yang bagus yaitu…

  1. Memiliki struktur data yang valid
    Struktur sebuah template adalah hal yang paling utama yang menjadi kriteria template tersebut bagus atau tidak.Karena jika terjadi error di dalam template maka akibatnya sangat fatal, bisa jadi blog kita sulit terindeks oleh Google Search.

    Poin ini masih sering saya temui ketika browsing, terutama blog yang sudah lama. Mungkin karena sudah menemukan template yang cocok lalu lupa untuk mengecek struktur template tersebut.

    Di sini juga kelemahan dari template blogger gratis, karena biasanya tidak mendapatkan update dari kreatornya ketika ada perubahan struktur.

    Untuk mengecek apakah struktur template sudah valid bisa dengan mengunjungi situs Structure Data Testing Tool dan pastikan tidak ada keterangan error di sana.

  2. Responsif
    Syarat yang kedua supaya template blogger bisa dikatakan terbaik yaitu responsif yang artinya tampilannya bisa menyesuaikan ketika dibuka memalui berbagai jenis perangkat seperti komputer, tablet, dan juga ponsel.Algoritma Google sendiri juga sudah update beberapa tahun lalu mengenai hal ini seiring bertambah banyaknya pengguna ponsel, khususnya smartphone Android.

    Untuk mengecek apakah template tersebut responsif atau tidak bisa melalui Pengujian Situs Mobile-Friendy.

  3. Fast Loading
    Kecepatan loading juga menjadi salah satu kunci sukses kenapa blog tersebut bisa disukai oleh pengunjung.Hal ini sangat penting, terutama bagi anda yang mencari visitor melalui mesin pencari seperti Google, karena ketika blog anda lama dimuat besar kemungkinan pengunjung yang baru datang langsung kabur dan memilih untuk mengeklik situs yang lain.

    Akibatnya cukup fatal, posisi blog akan turun di mesin pencari. Hal ini menjadi bagian dari algoritma yang semakin canggih.

    Cara cek kecepatan situs bisa dengan PageSpeed Insight. Pastikan sebisa mungkin skor yang kamu dapatkan menengah hingga ke atas.

  4. Fitur
    Fitur di sini sebenarnya hampir tidak perlu dibahas, akan tetapi juga wajib diperhatikan. Alasannya karena tidak semua template mempunyai fitur yang sama dan bagus.Kadang saya masih menemukan blog yang tidak memiliki menu navigasi yang baik, kolom pencarian, breadcrumb, dan lain sebagainya.

    Oleh sebab itu baca terlebih dahulu ketika anda ingin menggunakan sebuah template, biasanya tertera di halaman penyedia template.

  5. Warna, jenis huruf, dan tata letak
    Bisa jadi ini adalah tampilan yang sebenarnya. Karena istilah template sendiri masih general sehingga banyak hal yang ada di dalamnya.Tetapi inti dari tampilan menurut saya yaitu warna, jenis font, dan tata letak (layout). Karena perpaduan warna yang bagus, jenis font, dan juga tata letak sangat berimbas kepada kenyamanan pengunjung.

    Jangan sampai warna dan jenis font yang digunakan tidak sedap dipandang. Untuk tata letak sendiri juga jangan sampai ada yang rusak dan tidak tepat.

.Itulah beberapa kriteria mengenai template blogger terbaik 2019. Saya tidak memasukkan “SEO Friendly” ke dalam list tersebut.

Alasannya sederhana, karena kelima daftar di atas adalah bagian dari ramah SEO atau tidaknya suatu blog.

Selain itu SEO sendiri juga dipengaruhi oleh banyak sekali faktor dan bukan hanya template saja. Tetapi paling tidak anda juga harus mengetahui mana template yang bagus dan tidak.

Oleh karena itu saya memberikan daftar template blogger terbaik di tahun 2019 gratis maupun premium yang bisa anda coba.

Template Blogger Gratis Terbaik 2019

Biasanya memang yang berkualitas itu pasti yang berbayar, tetapi menurut saya yang gratis pun sebenarnya juga gak kalah bagus.

Jadi buat kamu yang males ngeluarin duit bisa deh pakai salah satu yang saya sebutkan dibawah ini. Yuk langsung saja simak berikut….

Viral Go!

Viral Go

Demo dan Download

Template yang dipublikasikan di IDN Theme memang terkenal bagus-bagus sejak dahulu.

Arlina Design lah yang membuat semua itu dengan gaya template yang modern, simpel, SEO, dan loading cukup gesit.

Untuk template yang satu ini adalah buatan Namina, salah satu partner dari Arlina Design yang ternyata gak kalah keren juga, bahkan sangat cocok untuk blog kekinian.

Tampilanya sangat nyaman, kecepatan loading bagus, dan SEO friendly. Cocok banget buat berbagai jenis blog dengan artikel apapun.

Oh iya, template ini tersedia versi gratis dan premium, jadi buat kamu yang pengen download bisa dengan mudah untuk menggunakanya.

Tentu saja hal itu tidak mendapat fitur sebanyak premium. Walau begitu, lumayan lah.

Tech Life

Tech Life
 

Demo dan Download

Buat kamu yang pengen nyoba template gratis rasa premium banget, yang satu ini paling bagus deh menurut saya.

Yang paling bikin saya takjub yaitu tampilannya yang elegan, seperti theme WordPress.

Jadi gak terlalu kelihatan deh kalau sebenarnya kita pakai Blogger.

Seperti namanya, Tech Life, berarti tema ini paling cocok buat situs yang bertema berita teknologi.

Tetapi bukan berarti tidak cocok untuk yang lainnya yah…

Oh iya, selain keren, tetapi template ini juga SEO Friendly, nyaman dilihat, dan responsive.

Mini Mag

MiniMag


Demo dan Download

Mungkin masih jarang ada yang tau ya dengan minimag. padahal didalmnya sangatlah bagus, salah satunya tema minimag ini.

Tampilanya juga gak norak, simpel, grid dan yang lebih bagusnya lagi kalian bisa mengunduhnya secara gratis.

Yaudahdeh tunggu apalagi, langsung saja cek di halaman aslinya.

Blanter Wisdom

Blanter Wisdom

Demo dan Download

 

Ada lagi nih yang gak kalah bagus, buatan salah satu blogger Indonesia sendiri yaitu Blanter Wisdom.

Template buatan ID Blanter ini bisa banget bikin nyaman orang yang berkunjung karena tampilanya yang unik.

Dengan mengandalkan fitur featured post yang dimodifikasi menjadi template ini semakin sempurna lagi dan beda dari yang lain.

Fiturnya pun juga bagus, mulai dari SEO Friendly hingga kecepatan pemuatannya.

Template Blogger Premium Terbaik 2019

Sekarang giliran daftar template blogger terbaik 2019 versi premium

VioMagz

Responsive Blogger Template

Demo dan Beli

 

Sudah bukan rahasia lagi kalau template buatan Mas Sugeng memang selalu mantap sejak dulu kala.

Mulai dari yang gratis seperti brosense, template Mas Sugeng, Blogku hingga yang akhir-akhir ini berupa versi premium Evomagz, Viomagz selalu saja bisa menjadi obat bagi kebanyakan blogger yang pengen blognya punya banyak pengunjung dari Google Search.

Banyak juga yang menggunakannya dan langsung diterima di Google AdSense setelah ganti template. Bahkan saya sendiri dahulu juga menggunakan template buatan Mas Sugeng untuk daftar.

Selain itu tampilan yang terkesan sangat sederhana tapi desain yang bagus membuatnya tidak terkesan norak dan tidak terlihat terlalu membosankan.

Lebih lagi support langsung dari Mas Sugeng dalam beberapa bulan kedepan, mendapatkan update seterusnya, dan metode pembayaran yang mudah bisa jadi alasan kenapa kamu harus mencoba yang satu ini.

Kompi Flexible

Responsive Blogger Template
 

Demo dan Beli

Kompi Flexible adalah template blogger buatan dari kang Adhy (Kompi Ajaib). Jika kalian sudah lama ngeblog mungkin sudah mengenalnya karena di blognya terdapat berbagai tutorial, tips, trik, dan berbagai template keren yang dibutuhkan blogger.

Mungkin tidak sepopuler milik Mas Sugeng, tetapi template ini punya kualitas sendiri yang bisa dibilang sangatlah bagus.

Bahkan saya sendiri menggunakanya, dan page view langsung naik 90%. Gila bener kan.

Bukan cuman itu, slot untuk penempatan iklannya pun sangatlah bagus sehingga bisa menunjang penghasilan dari Google AdSense.

Classic

Responsive Blogger Template

Demo dan Beli

Kebanyakan template premium itu selalu mengedepankan sisi SEO Friendly, karena bisanya yang menggunakan adalah blogger profesional yang benar-benar ingin berpenghasilan dari situ.

Salah satunya template Classic ini. Mungkin memang belum banyak yang tau, oleh karena itu kamu juga harus tau bahwa template ini buata seorang creator yang handal yaitu Bamz.

Dulu template buatan yang paling terkenal adalah SEO Elite.

Kecepatan loadingnya pun juga sangat ngebut, sehingga bisa banget untuk mendukung posisi blog terbaik di mesin pencari Google.

SEO Booster

Responsive Blogger Template

Demo dan Beli

Kalau yang ini adalah karya dari contohblog. Salah satu situs yang sudah lama ada dan isinya tutorial ngeblog banyak banget.

Tampilanya bagus, firendly, dan kecepatan muat juga ngebut.

Selain itu template ini juga SEO Friendly.

Terbukti gak jarang saya mememui blog yang mangkring di halaman pertama Google menggunakan template hasil buatan CB.

Baca juga: Cara Mengatasi Trafik Blog yang Menurun Karena Ganti Template

Itu dia beberapa template blog berkualitas menurut saya yang wajib kamu coba jika belum.

Memang sih template premium terlihat lebih bagus, tetapi gak kalah juga kok yang gratis.

Oh iya, jangan sesekali kamu menggunakan template bajakan atau premium yang bisa diunduh secara gratis.

Ada banyak alasan kenapa demikian, yang pertama yaitu tidak menghargai si pembuat. Membuat template blog tidaklah mudah, bahkan tidak semua orang bisa membuat apalagi dengan kualitas yang bagus.

Itu juga termasuk suatu karya, maka jangan sampai nanti ketika kamu berkarya juga tidak hargai oleh orang lain.

Untuk memilih template blog silahkan baca Ciri-ciri Template Blog yang Bagus dan Bisa Bikin Betah Pengunjung

Alasan yang kedua yaitu biasanya isi atau kode template sudah diotak-atik oleh orang yang membagikan.

Dampaknya bisa saja buruk untuk blog, karena sungguh aneh jika orang membeli dengan uang sendiri lalu orang lain diberi gratis oleh dirinya.

Yang terakhir menjadi alasan kenapa gak usah pakai template premium kalau memang gak beli secara resmi yaitu template gratis sudah banyak dan berkualitas.

Jadi kamu gak usah khawatir kalau takut blogmu gak bagus. Semua itu bukan harnya bergantung kepada template, tapi kualitas tulisanmu.

Sampai disini dulu mungkin artikel saya kali ini tentang beberapa template blogger terbaik 2019 mulai dari yang gratis hingga premium.

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!.

Bagikan artikel ini

2 pemikiran pada “Template Blogger Terbaik 2019”

Tinggalkan komentar