Sarangan
General

10+ Tempat Wisata di Magetan yang Wajib DIkunjungi

Tempat Wisata di Magetan – Magetan adalah kota yang terletak di bawah gunung Lawu dan terkenal memiliki banyak wisata alam memukau. Apalagi ketika memasuki waktu liburan, kota kecil ini kerap kali padat mendadak, bahkan di beberapa jalur bisa macet.

Meskipun tidak begitu terkenal, ternyata wisata di kabupaten Magetan jumlahnya tidaklah sedikit, bahkan terus ditambah.

Terbukti, belakangan ini Bupati Magetan kerap membuka berbagai tempat wisata baru, tatanan kota seperti alun-alun dan jalan di sekitar pusat kota yang didesain unik ala Malioboro terlihat jelas dari trotoar dan lampu-lampu jalan.

Bahkan, titik nol kilometer Magetan baru saja selsai dibangun. Eitsss, tidak cukup sampai di sini. Masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Magetan. Baca selengkapnya di bawah ini.

10+ Tempat Wisata di Magetan (Update 2020)

1. Telaga Sarangan

Alamat: Ngluweng, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/QePngjktHnZs5kZTA
Tiket masuk: Rp19.000

Siapa sih yang gak kenal sama tempat wisata yang satu ini? Yap destinasi telaga yang berada di gunung lawu ini menjadi wisata paling populer untuk dikunjungi oleh para wisatawan bahkan turis.

Telaga Sarangan menyuguhkan pemandangan air, dan pulau kecil di tengah-tengahnya.

Suasana sekitar telaga yang ramai dengan penjual makanan khas Sarangan seperti Sate Kelinci membuat anda tidak perlu kerepotan ketika merasa lapar.

Tidak hanya itu, jajajan dan toko oleh-oleh yang menjual cindramata maupun pakaian menjadikan tempat ini semakin sempurna untuk dikunjungi karena anda tidak perlu repot-repot mencari buah tangan untuk dibawa pulang.

Selain itu di sana juga terdapat speedboat dan kuda yang bisa anda naiki. Sensasi naik speedboat dan kuda inilah yang sangat epik karena belum tentu ada di tempat lain.

Sedangkan bagi anda yang rumahnya jauh juga gak perlu bingung untuk menginap dimana, karena disana ada banyak hotel dan penginapan yang jaraknya dekat dengan telaga Sarangan.

2. Jalan Tembus

Alamat: Jl. Cemoro Sewu, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/wtVNiEzcow4VRRHC8
Tiket masuk: Gratis

Jalan Tembus Cemoro Sewu Sarangan sebenarnya hanyalah jalan biasa yang menghubungkan kabupaten Magetan dengan kabupaten Karanganyar.

Tetapi pemandangan yang disuguhkan di sepanjang jalan yang khas dengan pegunungan, alam, dan pohon-pohon tinggi menjadikan jalan ini kerap digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat dan mengambil foto.

Di beberapa bagian sepanjang jalan ini ada warung-warung yang bisa anda singgahi sembari menikmati suhu udara yang dingin.

Bahkan saat ini muncul banyak sekali objek wisata baru disepanjang jalan Tembus.

3. Mbah Djoe Resort

Alamat: Jl. Tawangmangu-Plaosan, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/c1Q4V5inM1k1sAQX8
Tiket masuk: Gratis

Mbah Djoe Resort adalah salah satu rest area yang paling rekomendasi untuk dikunjungi. Meski konsep utamanya adalah rest area dan tempat makan, tetapi bangunan yang di desain aesthecit kini malah menjadi primadona para wisatawan.

Makanan yang ditawarkan harganya juga standar, tetapi kelezatannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi Mbah Djoe Resosrt sendiri berada di jalur menuju jalan Tembus Cemoro Sewu. Jika kamu dari arah Magetan ikuti saja jalan dari sarangan ke arah Tawangmangu.

4. Mojosemi Forest Park

Alamat: Jalan Raya Sarangan, Cemorosewu No No.Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://g.page/mojosemiforestpark?share
Tiket masuk: Rp35.000 s/d Rp950.000

Taman wisata Mojosemi spertinya menyajikan konsep all in one untuk sebuah tempat karena tidak hanya sebagai taman wisata saja, melainkan arena bermain, rest area, bahkan tempat camp.

Fasilitas yang ada juga banyak, mulai dari tempat parkir yang luas, tempat ibadah, rest area dan wahana seperti camping ground, hight rope adventure, ATV, dan Air Softgun zone.

Selain itu di tempat tersebut juga masih ada vegatasi alami yang marih terawat hingga saat ini seperti Schima Wallichi, Eucalypthus sp, Podocarpus Imbricatus, dan Pinus sp.

Mojosemi Forest Park juga sering mengadakan event dan promo yang sangat menarik lho!.

5. Telaga Wahyu

Alamat: Jl. Raya Sarangan No.47, Plaosan III, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/49f96htFgyJP2stD8
Tiket masuk: Rp5000

Telaga Wahyu ini dulunya bernama Telaga Wurung, tetapi karena arti dari wurung berkonotasi negatif (murung) maka nama tersebut diganti.

Saat ini telaga tersebut menjadi objek wisata yang gak kalah keren dari telaga Sarangan.

Walaupun luasnya mungkin kalah dengan Sarangan, tetapi pemandangan di telaga Wahyu menurut saya lebih indah.

Suasana air lebih tenang karena tidak ada speedboat, yang ada mungkin perahu bebek saja, jadi kesan alami di sini masih sangat terasa.

Selain itu sekeliling telaga Wahyu tidak ada penjual yang sesumpek di Sarangan. Panorama bukit dan pemandangan dataran yang lebih rendah juga terlihat lebih memukai dari sini.

Setiap beberapa waktu sekali juga diadakan event mancing  bareng di Telaga Wahyu.

6. Genilangit

Alamat: Genilangit, Poncol, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/WXkkBXhx6XQTtXNc8
Tiket masuk: Rp5000

Taman Wisata Genilangit ini terletak di Poncol, Magetan. Tempat ini terbilang masih baru jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Magetan.

Termasuk kategori buatan tetapi taman wisata ini masih benar-benar diselimuti alam.

Pasalnya tempat ini berada di perbukitan dan lahannya sendiri ada di ujung bukit, masih banyak pepohonan, dan dekat dengan lahan yang ketinggiannya jauh lebih rendah.

Tempat ini menurut saya cocok bagi anda yang doyan narsis karena ada beberapa stand khusus untuk selfie.

Selain menawarkan keindahan tatanan taman, Genilangit juga memiliki arena permainan dan terdapat penjual makanan serta warung di sana.

7. Ujung Kulon Janggan

Alamat: Janggan, Poncol, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/x1zG2GAd4TNmBQJb8
Tiket masuk: Gratis

Hampir sama dengan Genilangit, hanya saja memiliki konsep berbeda.

Jika di Taman Wisata Genilangit kalian harus membayar tiket masuk, di Ujung Kulon tidak. Karena di sana hanyalah sebuah tebing, tetapi banyak tempat yang menyediakan spot foto dan kuliner.

Jadi kalian hanya perlu membayar ketika berhenti dan ingin mengambil sebuah foto di tempat tertentu yang disediakan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Genilangit.

8. Sentra Kerajinan Kulit Sawo

Alamat: Jl. Sawo, Selosari, Kec. Magetan, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/6TZJJyP5oywmrcHW6
Tiket masuk: Gratis

Sentra Kerajinan Kulit Sawo menjadi tempat yang epik dibanding objek wisata lain, sebab di sini bukan wisata untuk dinikmati suasanya, melainkan barangnya.

Lebih bisa dikatakan kalau wilayah ini masuk ke kategori oleh-oleh, tetapi yang dijual bukan makanan, melainkan benda-benda kerajinan yang terbuat dari kulit hewan seperti tas, dompet, sepatu, ikat pinggang, dan lain sebagainya.

Benda-benda tersebut cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh, sebab tidak perlu meragukan kadaluarsa dan lebih bergengsi ketimbang makanan atau cindramata lainnya.

9. Ayam Panggang Gandu

Alamat: Jl. Karyausaha, Desa, Krajan, Gandu, Kec. Karangrejo, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/49f96htFgyJP2stD8
Tiket masuk: Gratis

Kalau sebelumnya adalah sentra kerajinan, kali ini kita akan membahas sentra kuliner ayam panggang.

Letaknya di jalur dari arah Magetan ke Ngawi, di sana terdapat banyak tempat makan dengan menu utama ayam panggang.

Uniknya, meski terkesan “gitu aja” ternyata wisata kuliner yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung lho, apalagi kalau anda berkunjung ke restoran yang bernama Bu Setu, anda bisa melihat proses memaskanya langsung.

10. Alun-Alun Magetan

Alamat: Dusun Magetan, Magetan, Kec. Magetan, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/SFrRUXGSZR1QXaTk8
Tiket masuk: Gratis

Namanya juga “Alun-alun” pasti jadi tempat wisata dong. Eitsss, tunggu dulu. Alun-alun Magetan saat ini sudah berbeda dengan yang dulu.

Jika dulunya alun-alun hanyalah lapangan dengan pohon beringin di tengah-tengahnya kini sudah berubah wujud menjadi taman yang tertata.

Saat ini alun-alun Magetan mempunyai desain yang modern, banyak tempat duduk, air mancur, lampu-lampu, dan berbagai macam kuliner yang lezat.

Saya merekomendasikan kalian jika berkunjung kesini di malam minggu atau minggu pagi agar mendapatkan sensasi keindahan kota dan alam yang luar biasa.

11. Kolam Renang Banyu Biru

Alamat: Jl. Raya Maospati – Magetan, Babatan, Tinap, Sukomoro, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://goo.gl/maps/ULA9hsK8ajcg5kf19
Tiket masuk: Rp10000

Kolam renang Banyu Biru adalah salah satu kolam renang yang berdiri sudah cukup lama saat ini.

Ada lima kolam yang berbeda di Banyu Biru, yaitu kolam renang biasa untuk anak, kolam dewasa, kolam anak waterboom, kolam dewasa waterboom, dan kolam renang mandi bola yang cocok untuk balita.

Meski namanya kolam renang, tetapi Banyu Biru bukan hanya kolam saja, melainkan juga ada wahana bermain di bagian belakang dan juga berbagai macam hewan mulai dari yang familiar hingga langka.

Selain itu Banyu Biru juga memiliki parkir yang sangat luas, kuliner yang beragam (terutama di hari libur), dan juga fasilitas seperti mushola yang jumlahnya dua.

Toilet yang ada di Banyu Biru juga sangat banyak dan bersih sehingga Banyu Biru masih mejadi pilihan yang cocok bagi anda yang berkunjung ke Magetan.

12. Magetan Park

Alamat: Jl. Pahlawan No.14, Tambran, Kec. Magetan, Kabupaten Magetan
Google Maps: https://g.page/magetanpark?share
Tiket masuk: Rp20.000 s/d Rp25.000

Magetan Park merupakan tempat wisata buatan yang baru saja dibuka tahun 2019 kemarin.

Lokasinya termasuk di wilayah kota, tepatnya berdekatan dengan Stadion, gedung olahraga, dan rumah sakit.

Dulunya tempat tersebut merupakan kolam renang wisata bernama “Manunggal” yang telah lama tidak diurus dan kontraknya habis hingga sekarang dibuat menjadi Magetan Park.

Tempat ini mengusung dua tema, yaitu waterpark dan outbond. Tiketnya juga bervariasi, ada yang dibedakan menjadi dua dan digabung sehingga dapat menghemat pengeluaran jika tidak ingin memasuki keduanya.

Di waterpark anda bisa menikmati beberapa kolam renang, sebagian untuk anak-anak dilengkapi dengan arena permainan dan satunya khusus untuk dewasa (cocok untuk olahraga).

Sedangkan wisata outbondnya memiliki wahana seperti ATV, Flying Fox, dan lain sebagainya.

Sejak didirikannya kolam renang ini langsung hits, bahkan sering menjadi tujuan wisata rekreasi oleh suatu instansi dan beberapa acara seperti halal bil halal, reuni, atau pernikahan.

Sejumlah artis seperti Ifan Seventeen dan Tukul Arwana juga pernah didatangkan ke tempat wisata yang satu ini.

Itulah daftar tempat wisata di Magetan yang paling populer dan terbaru. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Magetan, hanya saja tidak sepopuler yang admin tulis diatas.

Bagaimana? tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut?

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *