Cara Mengatasi Story WA Teman TIdak Muncul
WhatsApp

√ 10 Cara Mengatasi Story WA Teman Tidak Muncul

Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial berupa cara mengatasi story WA teman tidak muncul, sebab hal tersebut termasuk salah satu masalah sering ditemui oleh pengguna.

Padahal story WA menjadi salah satu fitur yang disukai oleh para pengguna, karena kita bisa saling berbagi pesan, emoji, gambar, dan video secara praktis ke seluruh kontak.

Sebelum memasuki langkah-langkah untuk mengatasi, kami menyimpulkan beberapa penyebab kenapa story WA tidak muncul.

Baca juga: Ukuran Foto Profil WhatsApp yang Benar

Penyebab Story WA Tidak Muncul/Error

  • Koneksi internet: ponsel Anda sedang tidak memiliki koneksi internet, terjadi gangguan pada koneksi, dan internet Anda tidak stabil.
  • Nomor telepon yang terdaftar di WA belum disimpan: jika nomor telepon Anda yang terdaftar di WA belum disimpan oleh teman, maka story WA teman tidak akan pernah bisa muncul. Begitu juga sebaliknya jika Anda belum menyimpan nomor telepon teman yang terdaftar di WA.
  • Teman memblokir Anda atau sebaliknya: karena suatu hal, bisa jadi kontak Anda diblokir atau sebaliknya (Anda yang pernah melakukan blokir), maka Anda tidak dapat melihat story WA orang tersebut.
  • Setelan privasi: teman Anda membuat story yang dikhususlan melalui setelan privasi status.
  • Memori penuh: kemungkinan memori internal atau memori yang Anda gunakan untuk menyimpan file dan data dari aplikasi WA penuh.
  • Belum melakukan update aplikasi: mungkin aplikasi WA Anda sudah terlalu usang.
  • Aplikasi diblokir oleh provider: karena suatu hal pemerintah bisa melakukan blokir terhadap aplikasi tertentu dalam kondisi tertentu.
  • Aplikasi WA sedang error: ini sangat jarang terjadi, tapi kadangkala server dari pihak aplikasi mengalami gangguan.

Jika Anda sudah membaca beberapa penyebab story WA teman tidak muncul di atas, sekarang giliran Anda menerapkan cara mengatasi yang kami sarankan sebagai berikut.

Baca juga: Cara Melihat Barcode WA Sendiri

Cara Mengatasi Story WA Teman Tidak Muncul

Adapun beberapa cara untuk mengatasi Story WA yang tidak muncul, langsung saja kita mulai dari yang pertama.

Cek Koneksi Internet Anda

Cek Koneksi Internet

Untuk dapat melihat story WA teman, pastinya Anda membutuhkan koneksi internet yang bisa Anda dapat dari data provider Anda atau menggunakan WiFi.

Jika Anda menggunakan paket data internet, alangkah baiknya cek terlebih dahulu, bisa jadi paket data Anda sudah habis atau menipis, selain itu periksa juga settingan APN yang Anda gunakan.

Sedangkan jika Anda menggunakan WiFi, pastikan WiFi tersebut tidak limit, memiliki koneksi internet, dan sedang tidak digunakan banyak orang sehingga mengalami lag. 

Coba juga untuk mlakukan restart ponsel, menyalakan mode pesawat kemudian mematikannya lagi, dan mematikan sambungan data kemudian mengaktifkan kembali.

Hal tersebut bertujuan untuk merefresh ponsel dan jaringan sehingga memungkinkan Anda mendapatkan koneksi yang lebih lancar dari sebelumnya.

Pastikan Nomor WA Sudah Disimpan

Kontak

Cara yang kedua yaitu memastikan nomor WA sudah disimpan satu sama lain, untuk lebih jelas coba Anda tanyakan kepada teman Anda yang statusnya tidak muncul di WA Anda apakah nomor yang Anda gunakan pada WhatsApp sudah disimpan atau belum.

Kesalahan yang sering terjadi yaitu, hanya satu orang saja yang menyimpan nomor telepon, misal Anda menyimpan nomor teman dan teman tidak menyimpan nomor Anda.

Kesalahan berikutnya Anda atau teman Anda saling menyimpan nomor telepon, tetapi bukan nomor yang digunakan untuk mendaftar aplikasi WhatsApp.

Batalkan Blokir

Diblokir

Sebelum menuju cara selanjutnya, kami menyarankan Anda untuk bertanya kepada teman Anda, apakah nomor Anda pernah diblokir karensa suatu hal, atau justru sebaliknya Anda yang pernah melakukan blokir ke teman Anda tersebut.

Karena nomor yang diblokir sudah bisa dipastikan tidak akan dapat saling menghubungi, melihat story, bahkan melihat foto profil kontak yang diblokir/memblokir juga tidak bisa.

Periksa Setelan Privasi Status

Privasi

Story WA memiliki setelan privasi yang digunakan untuk memilah siapa saja yang dapat melihat, yang dikecualikan, hingga yang dikhususkan untuk melihat story yang dibuat.

Hal ini menjadi salah satu penyebab kenapa Anda tidak dapat melihat story WA teman.

Alangkah baiknya kita tanyakan kepada orang yang bersangkutan, apakah dia mengecualikan kita dalam melihat story yang dibuat atau tidak.

Bersihkan Memori Penyimpanan

Memori Penyimpanan Penuh

Salah satu sebab kenapa story WA tidak muncul yaitu memori penyimpanan ponsel Anda yang sudah penuh. Hal tersebut membuat aplikasi tidak memiliki ruang lagi untuk menerima data berupa story yang dibuat oleh orang lain.

Maka dari itu hapus beberapa file yang ada di ponsel Anda, entah berupa foto, video, berkas, hingga aplikasi.

Jika masih merasa kurang, bisa juga dengan membeli memori eksternal untuk ponsel Anda, dan memindahkan letak penyimpanan ke memori eksternal.

Lakukan Update

Update

Layaknya sebuah aplikasi pada umumnya, pihak WA juga terus memperbarui aplikasi mereka, mulai dari memperbaiki sistem, menambah fitur, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, versi WA yang Anda miliki bisa jadi sudah sangat usang, sehingga memerlukan pembaharuan.

Tutorial update WA

  1. Buka Google Play Store.
  2. Masukkan kata kunci “WhatsApp” pada kolom pencarian.
  3. Ketuk tombol “Update/Perbarui”.
  4. Tunggu hingga proses selesai dan WA Anda berhasil diperbarui.

Clear Data

Clear Data

Langkah akhir untuk mengatasi status yang tidak muncul adalah melakukan clear data pada aplikasi. Karena bisa jadi ada file tertentu dari WA yang error.

Dengan melakukan clear data Anda akan kehilangan semua data dari WhatsApp Anda. Jadi silahkan lakukan pencadangan terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Langkah-langkah melakukan clear data:

  1. Masuk ke setting/setelan pada smartphone anda.
  2. Kemudian cari menu “Aplikasi” dan pilih “Aplikasi Terinstall”.
  3. Scroll hingga menemukan WhatsApp, kemudia tekan.
  4. Selanjutnya akan ada pilihan hapus data, uninstall, dan clear cache. SIlahkan pilih hapus data.

Uninstall dan Install Kembali Aplikasi

Uninstall WA

Jika memang masih belum bisa, Anda dapat mencoba dengan mencopot pemasangan aplikasi WhatsApp, kemudian menginstallnya lagi. Hal ini bertujuan untuk menghapus file aplikasi WA yang mungkin rusak dan memasangnya lagi dengan file baru yang lebih baik dan komplit.

Cara re-install WA:

  1. Copot pemasangan aplikasi melalui layar utama atau masuk ke Google Play Store dan ketikkan “WhatsApp” lalu pilih “Copot Pemasangan”.
  2. Unduh WhatsApp dengan mengetikkan “WhatsApp” di Google Play Store, dan ketuk “Unduh”.
  3. Terakhir tunggu proses pemasangan (biasanya otomatis setelah menguduh), jika belum ketuk “Pasang” pada Google Play Store.

Gunakan VPN

VPN

Pada pertengahan bulan Mei 2019, pemerintah sempat melakukan pembatasan pada beberapa media sosial, salah satunya WA karena kondisi dimana banyak berita hoax disebarkan dan menyebabkan kegaduhan dalam negeri.

Hal tersebut membuat para pengguna WA tidak bisa membuat story dan mengirim pesan berupa gambar dan video, tetapi hal tersebut tidak berlaku jika Anda menggunakan VPN.

Bagi Anda pengguna Android yang ingin mengetahui dan membaca bagaimana cara menggunakan VPN bisa cek artikel kami cara memakai VPN.

Tunggu

Pada tahun 2019, WhatsApp, Facebook, dan Instagram sempat mengalami down dua kali, yaitu pada tanggal 3 Juli dan 28 November.

TIdak ada yang tahu penyebab pasti dari masalah tersebut, tetapi di lain hari bukan berarti tidak mungkin hal itu akan terjadi lagi.

Jika memang begitu maka tidak ada cara lain selain menunggu pihak WhatsApp memperbaiki layanannya.

Itulah sepuluh cara mengatasi story WA teman tidak muncul, semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan masalah terkait WhatsApp Anda, terima kasih.

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *