Status WA Teman Tidak Muncul (Penyebab dan Cara Mengatasi)

Status Whatsapp Teman Tidak Muncul – Status WhatsApp atau beberapa orang menyebutnya Story WA merupakan salah satu fitur unggulan aplikasi yang menarik karena setiap orang yang menggunakan aplikasi chat ini bisa melakukan update berupa pesan biasa (teks), pesan dengan tambahan variasi emoji, gambar, dan video.

Meskipun fitur tersebut sebenarnya sudah cukup alama muncul, tetapi tidak jarang hingga saat ini masih sering ditemui masalah. Salah satunya story WA tiba-tiba hilang, status WA teman tidak muncul, dan lain sebagainya.

Tepat pada artikel ini juga saya akan berbagi bagaimana cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Langsung saja simak berikut ini.

Penyebab Story WA Tidak Muncul/Error

Berkaitan dengan masalah pada story WA yang tidak muncul, sebenarnya apa sih sebabnya? Beberapa faktor berikut ternyata bisa jadi yang menyebabkan hilangnya story wa teman Anda.

Whatsapp Mengalami Bug/ Error

Kemungkinan pertama yang menyebabkan story wa teman Anda tidak muncul seperti biasanya adalah karena WhatsApp yang error. Jika story wa tidak muncul semua, cobalah untuk memeriksa jaringan pada ponsel Anda, karena bisa jadi penyebab utamanya adalah koneksi internet Anda.

Anda bisa mencobanya dengan membuka aplikasi lain yang memerlukan koneksi internet. Jika lancar, kemungkinan WhatsApp Anda memang sedang error.

Teman memblokir Anda

Penyebab status wa teman tidak muncul yang selanjutnya adalah karena teman kontak memblokir Anda. Jika salah satu teman memblokir akun WhatsApp Anda, secara otomatis akun Anda tidak akan bisa melihat status dari akun yang memblokir akun WhatsApp Anda.

Belum menyimpan kontak atau sebaliknya

Penyebab wa teman tidak muncul ini menjadi hal yang cukup sepele, namun jarang diperhatikan. Anda secara sepihak menyalahkan aplikasi yang salah jika terjadi masalah, yang justru Anda sendiri adalah penyebabnya.

Story WhatsApp tidak akan muncul jika Anda belum menyimpan nomor kontak teman Anda atau mungkin sebaliknya.

Belum Update

Penyebab status wa teman tidak muncul ini sebenarnya masih berhubungan bug, meskipun terkadang dianggap tidak tepat jika 2 hal tersebut dianggap saling berkaitan.

Anda benar-benar tidak bisa membuka seluruh fitur pada WhatsApp jika Anda belum melakukan update sebelum tanggal yang telah ditentukan. Langkah akhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan melakukan install ulang pada aplikasi.

Anda harus meng-uninstall aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang untuk melakukannya.

Memori Internal Penuh

Penyebab story wa teman Anda tidak muncul yang selanjutnya adalah memori internal yang penuh. Cara mengatasi status teman tidak muncul bisa Anda lakukan dengan menghapus file-file tidak penting.

Penyebab yang satu ini menjadi hal paling mudah disadari oleh setiap pengguna WhatsApp. Hal ini karena Anda akan mendapatkan notifikasi jika memori internal ponsel Anda sudah mulai penuh.

Seperti yang sudah diketahui, penyebab kenapa status wa kita tidak muncul di teman ataupun sebaliknya, sangatlah banyak.

Anda tentunya harus melakukan cara mengatasi status wa teman tidak muncul berikut ini, agar Anda tidak mengalami masalah lagi dengan WhatsApp Anda.

Cara Mengatasi Story WA Tidak Muncul/Error

Update WhatsApp

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab tidak bisa melihat story wa teman adalah karena aplikasi WhatsApp belum ter-update. Bahkan bukan tidak mungkin jika aplikasi WhatsApp yang terpasang pada ponsel Anda sudah outdate atau kadaluarsa.

Pada waktu-waktu tertentu, WhatsApp akan melakukan pembaruan aplikasi secara rutin. Setiap pembaruan, WhatsApp selalu memberikan penambahan fitur baru dan perbaikan bug dari versi sebelumnya.

Perbaikan bug inilah yang akan mempengaruhi aplikasi WhatsApp yang belum ter-update. Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi status wa teman tidak muncul ini yaitu dengan melakukan download kembali aplikasi WhatsApp pada playstore.

Jika telah melakukan update tetapi masih bermasalah, silahkan coba untuk menghapus pemasangan aplikasi, kemudian mengunduh dan memasang kembali.

Cek List Kontak

Agar story wa teman Anda terlihat, teman Anda harus masuk ke kontak HP Anda terlebih dahulu. Jika belum, berarti untuk mengatasinya mudah, lakukan saving nomor kontak teman Anda yang status WhatsApp-nya tidak muncul.

Jika cara ini masih tidak menyelesaikan masalah, coba tanyakan apakah teman Anda sudah menyimpan nomor kontak Anda.

Cek Status Blokir

Akan terjadi 2 hal jika akun WhatsApp Anda diblokir, yaitu pesan yang tidak terkirim, serta profil dan status WhatsApp tidak muncul. Untuk memastikan Anda benar-benar diblokir oleh teman Anda, coba untuk menggunakan akun lain.

Kirim pesan pada nomor yang sama, dan lihat apakah pesan Anda terkirim. Jika terkirim tandanya WhatsApp Anda diblokir oleh teman Anda.

Pastikan Koneksi Internet

Saat menggunakan WhatsApp, pastikan koneksi internet yang dipakai benar-benar stabil. Aktivitas seperti kirim pesan, meng-update story dan mengirim video tentu saja akan terganggu jika koneksi yang digunakan tidak stabil.

Tak terkecuali juga ketika Anda tidak dapat melihat status kontak Anda. Hal ini tentu terasa sangat mengganggu. Pastikan kembali koneksi internet Anda agar kembali berjalan normal.

Cek Privasi Status Teman

Jika Anda bertanya-tanya, kenapa status wa saya tidak ada yang melihat, jawabannya adalah karena privasi yang sudah diatur.

Kemungkinan besarnya adalah Anda telah mengatur privasi WhatsApp yang tadinya bisa dilihat oleh semua kontak menjadi hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja. Tidak sedikit orang yang mengatur sedimikian rupa dari privasi pada story WhatsApp-nya.

Story WhatsApp bisa disembunyikan pada  kontak tertentu, agar orang tersebut tidak dapat melihat kiriman statusnya. Jika Anda ingin melihatnya, lakukan pengaturan pada akun Anda, kemudian pilih privasi dan cek pada kolom status.

Anda akan mendapatkan tiga pilihan yang mungkin menjadi penyebab Anda tidak bisa melihat status wa teman Anda.

Tiga pilihan tersebut yaitu kontak saya yang berarti semua kontak bisa melihat story, kemudian kontak saya kecuali yang berarti semau kontak bisa melihat story kecuali orang-orang tertentu, serta hanya bagikan dengan yang berarti semua kontak bisa tidak bisa melihat story kecuali kontak yang dipilih.

Cara mengatasinya bisa dengan mengubah setelan privasi dengan masuk pada fitur story, kemudian tekan story teman Anda yang ingin dihilangkan, dan pilih bisukan.

Clear Data

Langkah akhir untuk mengatasi status yang tidak muncul adalah melakukan clear data pada aplikasi. Sebelum melakukannya, cek terlebih dahulu apakah ada pesan yang penting dari WhatsApp.

Hal ini karena dengan melakukan clear data Anda akan kehilangan semua data dari WhatsApp Anda. Jadi silahkan lakukan pencadangan terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Langkah-langkah untuk melakukan clear data yaitu sebagai berikut.

  1. Masuk ke setting/setelan pada smartphone anda.
  2. Kemudian cari menu “Aplikasi” dan pilih “Aplikasi Terinstall”.
  3. Scroll hingga menemukan WhatsApp, kemudia tekan.
  4. Selanjutnya akan ada pilihan hapus data, uninstall, dan clear cache. SIlahkan pilih hapus data.

Akhir kata

Setelah mengikuti tutorial di atas, seharusnya sekarang anda sudah tidak mengalami masalah dengan status WhatsApp. Jadi cukup sampai sekian dulu artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi status WA teman tidak muncul.

Jika memang masih belum terselsaikan atau ada yang ingin anda tanyakan silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar