Pengertian Online Payment System Lengkap dengan Penjelasan

Online payment system atau sistem pembayaran online adalah bisnis e-commerce yang memungkinkan transfer uang hanya melalui Internet atau aplikasi. System ini berfungsi sebagai alternatif elektronik yang cepat dan aman untuk mengganti metode pembayaran seperti uang tunai, cek, wesel atau transfer bank.

Sistem melakukan pemrosesan pembayaran tidak hanya untuk vendor online, maupun pengguna korporat lainnya tetapi juga antara pengguna. Dimana transaksi itu dibebankan dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada atau setara dengan transfer bank.

Sehingga, dengan memiliki akun pembayaran online semua transaksi keuangan dapat dilakukan dengan mudah. Berikut penjelasan lengkap tentang online payment system!

Pengertian Online Payment System 

Online payment system adalah cara melakukan transaksi atau membayar barang dan jasa melalui media elektronik tanpa menggunakan uang tunai atau cek. Itu juga disebut sistem pembayaran elektronik.
Sistem pembayaran online ini begitu populer di era perkembangan teknologi sekarang ini.
Sistem pembayaran elektronik semakin meningkat dalam beberapa dekade terakhir karena penyebaran perbankan dan perbelanjaan berbasis internet.
Karena dunia semakin maju dalam pengembangan teknologi, pengembangan sistem pembayaran elektronik kian meningkatkan, memperbaiki, dan menyediakan transaksi pembayaran elektronik yang aman.

Metode-Metode pembayaran elektronik

Metode pembayaran elektronik diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Sistem Pembayaran Tunai

Pertama adalah metode pembayaran tunai atau Transfer Dana Elektronik (EFT). Itu merupakan sistem elektronik yang digunakan untuk mentransfer uang dari satu rekening bank ke rekening bank lain tanpa pertukaran uang tunai dengan tangan. EFT terdiri dari banyak konsep sistem pembayaran, diantaranya:
  1. Debet langsung, yaitu transaksi keuangan di mana pemegang rekening menginstruksikan bank untuk melakukan pembayaran barang atau jasa.
  2. E-Check, versi digital dari cek kertas lama. Ini adalah transfer uang elektronik dari rekening bank, biasanya rekening giro tanpa menggunakan kertas cek.
  3. Tagihan elektronik: ini adalah bentuk lain dari transfer dana elektronik yang digunakan oleh perusahaan atau bisnis untuk mengumpulkan pembayaran dari pelanggan melalui metode elektronik.
  4. Uang tunai elektronik (e-Cash): ini adalah bentuk sistem pembayaran elektronik yang menyimpan sejumlah uang pada perangkat klien dan dapat diakses untuk transaksi internet. Uang elektronik juga disebut sebagai uang digital dan menggunakan perangkat lunak e-cash yang diinstal pada PC pengguna atau perangkat elektronik.
  5. Stored value card: ini adalah bentuk EFT lain yang digunakan oleh toko. Stored value card adalah jenis kartu yang memiliki sejumlah nilai uang yang disimpan dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi di toko penerbit. Contohnya seperti point hadiah.

2. Sistem Pembayaran Kredit

Sedangkan metode online payment system yang kedua adalah sistem pembayaran kredit. Inilah bentuk-bentuknya:
  1. Kartu Kredit: ini adalah bentuk lain dari sistem pembayaran elektronik yang mensyaratkan penggunaan kartu yang diterbitkan oleh lembaga keuangan kepada pemegang kartu untuk melakukan pembayaran online atau melalui perangkat elektronik tanpa menggunakan uang tunai.
  2. E-Wallet: ini adalah bentuk akun prabayar yang menyimpan data keuangan pengguna seperti informasi debit dan kartu kredit untuk membuat transaksi online lebih mudah.
  3. Kartu pintar: ini menggunakan kartu plastik yang tertanam dengan mikroprosesor yang dapat diisi dengan dana untuk melakukan transaksi dan pembayaran tagihan instan. Ini juga dikenal sebagai kartu chip.

Manfaat menggunakan sistem pembayaran online

Situs web eCommerce menggunakan sistem pembayaran elektronik untuk membuat transaksi keuangan pada situs atau aplikasinya lebih mudah dan nyaman. Nah, di bawah ini beberapa manfaat menggunakan online payment system:
  • Transaksi yang lebih efektif dan efisien. Itu karena ini dibuat hanya dalam hitungan menit (bahkan dengan satu klik), tanpa membuang waktu pelanggan.
  • Menghemat biaya transaksi.
  • Mudah menambahkan pembayaran ke situs web atau aplikasi, sehingga dapat memproses transaksi keuangan dalam hitungan menit saja.
  • Gateway pembayaran dan penyedia pembayaran menawarkan alat keamanan dan anti penipuan yang sangat efektif untuk membuat transaksi dapat diandalkan.
  • eCommerce dan juga m-commerce, semakin besar, sehingga memiliki sistem pembayaran elektronik di toko online merupakan suatu keharusan. Sederhana, cepat, dan nyaman bagi pembeli online untuk membayar.

Tips Memilih Online Payment System

Saat memilih gateway pembayaran ada empat faktor utama yang perlu anda pertimbangkan seperti berikut ini:

Biaya transaksi

Saat Anda memproses pembayaran, beberapa sistem pembayaran online akan membanderol biaya transaksi untuk transaksi anda. Anda akan membayar biaya pemrosesan. Misalnya jika anda ingin transfer ke rekening bank, mungkin akan ditetapkan biaya transaksi.
Maka, pilihlah online payment yang memberikan biaya rendah atas transaksi itu. Sehingga, benar-benar membantu dan membuat anda lebih hemat.

Intuitif dan lugas

Sistem pembayaran harus berintegrasi dalam proses checkout belanja dengan cara yang intuitif dan mudah digunakan.

Terkemuka atau populer

Pilihlah sistem pembayaran online yang populer atau sudah banyak memiliki pengguna dan terbukti mempunyai reputasi baik. Anda bisa melihat seberapa baiknya sistem ini melalui ulasan Google.

Dukungan teknis

Pastikan penyedia sistem pembayaran online anda mempunyai customer servis yang selalu bisa diandalkan dan mempunyai tenaga teknisi yang sigap. Sehingga, ketika ada masalah tentang transaksi keuangan anda, bisa cepat ditangani.

Fitur keamanan

Penting agar sistem pembayaran online Anda aman. Fitur keamanan bisa menjadi teknologi sangat tinggi. Ketahui tingkat keamanannya, apakah sistem pembayaran online anda menggunakan verifikasi saat transaksi atau tidak? Pilihlah yang mempunyai sistem verifikasi agar transaksi yang anda lakukan aman.
Itulah pengertian online payment system beserta manfaat dan cara memilihnya. Cukup sekian dulu untuk kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberi anda wawasan dan bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar