Cara Mencari dan Memilih Niche Blog yang Bagus untuk Anda

jenis dan tampilan blog

Ngeneki.com – Niche atau yang bisa juga disebut juga sebagai jenis blog menjadi salah satu hal penting yang wajib anda perhatikan karena hal itu nanti akan menentukan seberapa sukses blog anda untuk kedepannya.

Meski terbilang sepele, tetapi anda harus benar-benar memahami bagaimana cara mencari dan memilihnya. Karena jika sembarang akan sia-sia kegiatan ngeblog yang anda lakukan. Untuk itu anda tepat sekali jika membaca postingan ini, terutama untuk seorang pemula yang baru saja ingin membuat blog atau website.

Pada artikel ini saya akan berbagai bagaimana cara menentukan niche blog yang tepat melalui berbagai tahapan yang harus anda pahami. Cara ini saya buat berdasarkan pengalaman saya prbadi dan teman-teman blogger saya. Semoga dengan membaca artikel ini akan memberikan solusi yang tepat untuk anda.

Daripada kita terlalu lama basa-basi. Lebih langsung saja yuk ke poin dari tutorial memilih niche di bawah ini.

Baca juga: Cara Memilih Domain Blog atau Website yang Bagus

Cara Mencari dan Memilih Niche Blog yang Tepat

Berikut adalah tips untuk memilih kategori artikel atau jenis blog yang tepat dan sesuai dengan kemampuan dan tujuan anda.

1. Ketahui niche blog terpopuler saat ini

Ada beberapa niche blog yang paling populer menurut saya, diantaranya sebagai berikut.

Blogging

Pertama, yaitu blog dengan jenis artikel yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan blog. Bisa saja meliputi konten tentang template, widget, hingga SEO.

Niche blog dengan jenis ini sangat banyak sekali kita temui di internet. Entah karena apa, tetapi menurut saya kemungkinan besar karena seseorang yang membuat blog pasti juga membaca tutorial, lalu mereka juga ingin menuliskannya lagi agar lebih mudah untuk membuat konten.

Teknologi

Kedua, yaitu blog dengan tema teknologi. Blog yang menyediakan postingan seputar teknologi sangatlah populer di kaangan blogger. Karena memang terbilang cukup mudah untuk membuatnya sebab saat ini teknologi menjadi hal yang tidak bisa lepas dengan kehidupan.

Ditambah lagi dengan kemampuan seorang blogger yang pastinya cukup bisa menguasai teknologi, karena blog itu sendiri juga hasil dari perkembangan teknologi. Selain itu semakin kesini juga semakin banyak orang yang kepo dengan teknologi.

Baca juga: Cara Supaya Cepat Diterima Saat Daftar Google AdSense dari Blog

Kesehatan

Sebenarnya untuk yang satu ini bisa dibilang masih kurang cukup populer, tetapi jika saya menilik lagi ternyata orang yang ngeblog di artikel kesehatan juga terbilang lumayan.

Alasan mereka membuat konten kesehatan karena banyak yang mencari dan membutuhkan, sedangkan persaingannya juga tidak terlalu sulit seperti kedua niche yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Tetapi kekurangannya di sini, artikel yang di buat tidak bisa sembarangan karena konten tersebut sangat berkaitan dengan kesehatan manusia. Selain itu juga diperlukan ilmu yang benar-benar menguasai tentang kesehatan.

Pendidikan

Kalau blog yang satu ini biasanya mempunyai trafik yang tinggi. Tetapi dalam membuatnya juga tidak begitu mudah. Saya mempunyai teman yang bermain di niche ini dia sudah mempunyai penghasilan yang banyak.

Apalagi jika sedang memasuki waktu akhir semester di sekolah-sekolah. Pengunjung dari blog dengan niche ini pasti bakalan meningkat drastis. Selain itu persaingannya juga gampang-gampang susah.

Bagusnya, di niche pendidikan itu sangat luas sekali, karena tingkat pendidikan di negara kita saja sangat banyak, belum lagi jurusan, mata pelajaran, dan kurikulum yang bisa sewaktu-waktu berubah.

Campuran

Terakhir yaitu blog dengan isi artikel campuran atau jika di kalangan blogger sering juga disebut sebagai gado-gado. Mungkin istilah ini cukup membingungkan, tetapi juga masuk akal. Karena di ambil dari nama makanan yang isinya berasal dari beragam jenis bahan.

Niche ini akan membahas segala jenis artikel. Mulai dari teknologi, pendidikan, hingga kesehatan semua bisa saja di bahas di blog dengan kategori campuran. Sama seperti blog saya ini yang isinya campuran.

Alasan saya membuat blog gado-gado yaitu lebih mudah untuk mencari ide dan membuat artikel. Karena semua hal bisa saja menjadi tulisan dengan mudah. Selain itu saya sendiri juga pernah mencoba membuat blog yang spesifik yang ada malah buntu ide untuk menulis.

Blog dengan niche ini biasanya akan sangat mengandalkan visitor dari dari mesin pencari seperti Google. Karena orang yang akan mengunjungi bukanlah mereka yang mencari wawasan pada kategori tertentu. Sehingga abstrak.

Baca juga: Cara Supaya Artikel Cepat Terindex Google dengan 5 Hal Berikut

2. Apa tujuan anda membuat blog?

Tidak semua orang mempunyai tujuan yang sama dalam membuat blog. Ada yang ingin mencari penghasilan, sekedar hobi, dan hanya untuk menulis catatan pribadi.

Mencari penghasilan

Jika anda ingin membuat blog untuk mendapatkan penghasilan saya sarankan untuk memilih niche yang tetap, tetapi sesuaikan juga dengan kemampuan anda. Besar kecilnya penghasilnya biasa dipengaruhi oleh jenis artikel itu sendiri yang disesuaikan dengan bayaran dari pihak pengiklan.

Menurut saya jika diurutkan dari yang terbesar untuk berpotensi mendapat banyak penghasilan maka niche blog tersebut sebagai berikut.

  1. Pendidikan
  2. Film
  3. Kesehatan
  4. Teknologi
  5. Campuran
Di atas adalah niche blog yang berpotensi mempunyai penghasilan banyak. Pada nomor dua saya menyematkan blog dengan konten anime setelah menelusuri dan mengetahui dari para pemilih blog anime sendiri jika penghasilannya sangatlah tinggi.
Tetapi tentu saja, membuat blog di niche tersebut juga tidaklah mudah. Kebanyakan mereka juga memaksimalkan pendapatan dengan membuat safelink.
Selain yang sudah saya jelaskan tadi, jika anda benar-benar menginginkan penghasilan anda bisa mencoba membuat bule.
Apa maksudnya blog bule?

Blog bule yaitu blog yang mempunyai konten dengan bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Hal ini sangat berkaitan dengan CPC Google AdSense. Karena bayaran yang diberikan pengiklan jauh lebih besar daripada blog dengan bahasa Indonesia.

Sekedar hobi

Apabila tujuan anda ngeblog yaitu hanya sekedar hobi dan ingin berbagi wawasan. Untuk menentukan jenis blog saya sarankan menyesuaikan dengan kemampuan anda sendiri.
Hal itu bukan tanpa alasan. Karena membuat sebuah artikel dalam bidang yang anda kuasai pasti akan memiliki kualitas yang lebih bagus dan terjamin.

Akhir kata…

Begitulah cara untuk mencari dan memilih niche blog yang tepat menurut saya. Dari berbagai poin di atas dapat diambil kesimpulan bahwa membuat blog itu juga harus memperhatikan kategori artikel yang akan anda bagikan.
Cara mencari dan menentukannya bisa anda sesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki dan apa sebenarnya yang anda inginkan dari kegiatan blogging tersebut. Sehingga nantinya blog yang anda buat itu benar-benar berkualitas.
Setelah memahami banyak penjelasan di atas, bagaimana menurut anda?
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar