Mobile Legends Menjadi Game Terpopuler
Mobile Legends

12 Alasan Kenapa Mobile Legends Menjadi Game Terpopuler Saat Ini

Mobile Legends: Bang Bang atau yang biasa disingkat MLBB merupakan permainan MOBA yang saat ini tengah populer di masyarakat. Game ini dikembangkan oleh Montoon dan dirilis untuk pertama kali pada 11 Juli 2016 untuk server Tiongkok dan Indonesia serta 6 November 2016 pada server global.

MLBB dapat dimainkan di dua smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Sedangkan pola permainan game ini sama seperti game MOBA yang sebelumnya sudah ada seperti Dota 2 dan LoL di PC.

Kehadiran Mobile Legends tersebut awalnya tidak begitu ramai seperti saat ini kemungkinan karena smartphone pada saat ini masih memiliki harga yang tinggi untuk spesifikasi yang pas-pasan.

Tetapi berbeda dengan saat ini, harga smartphone terutama Android sudah semakin ramah kantong dan diimbangi dengan spesifikasi yang mumpuni.

Hal ini menjadi salah satu pendorong kenapa game seperti Mobile Legends semakin digandrungi. Ada juga beberapa hal lain yang menjadikan game ini layak untuk populer seperti saat ini yaitu sebagai berikut.

Alasan Kenapa Mobile Legends Menjadi Game Terpopuler Saat Ini

Dapat Dimainkan Dimana Saja

Pertama yaitu fleksibilitas dari Mobile Legends Bang Bang yang dapat dimainkan melalui smartphone. Sementara kita tahu, bahwa device seperti Android dan iOS memiliki ukuran yang kecil dan bisa dibawa kemana saja.

Hal ini tentu dapat menggeser kepopuleran game MOBA yang dimainkan di PC. Selain itu harga perangkat laptop dan komputer juga relatif lebih mahal, sedangkan warnet saat ini juga semakin jarang dijumpai.

Salah satu sebabnya hal tersebut bisa terjadi karena WiFi yang sudah semakin merata dan smartphone yang harganya semakin murah serta fitur yang semakin canggih.

Tidak Membutuhkan Ponsel dengan Spesifikasi Tinggi

Jika kebanyakan game seru membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi maka Mobile Legends sebaliknya. Seru, tetapi tidak butuh device dengan spesifikasi yang tinggi dengan harga yang relatif lebih mahal.

Apalagi bagi Anda yang tidak mau mengeluarkan budget lebih hanya untuk sekedar smartphone, maka game ini adalah jawabannya. Berikut adalah minimum spesifikasi ponsel yang dapat digunakan untuk memainkan Mobile Legends.

Android

Sistem OperasiAndroid 4.0 (Ice Cream)
CPUIntel Quad Core
RAM1 GB
Penyimpanan300 MB

iOS

Sistem OperasiiOS 7.0
CPUIntel Dual Core @1.3 GHz
RAM1 GB
Penyimpanan300 MB

Sedangkan untuk harga smartphone, terutama Android dengan spesifikasi di atas yaitu sekitar satu jutaan, bahkan bisa kurang. Tentu saja dengan harga yang murah dan dapat memainkan game keren bisa menjadikan Mobile Legends menjadi game terpopuler.

Tidak membutuhkan kecepatan internet yang Tinggi

Mobile Legends Bang Bang memang merupakan sebuah mobile game yang dimainkan secara online. Tetapi dari segi kecepatan internet sebenarnya game ini tidak terlalu membutuhkan kecepatan internet yang tinggi.

Tetapi game ini lebih membutuhkan internet yang stabil. Karena kecepatan internet yang sedang tetapi stabil akan membuat game berjalan lebih nyaman untuk dimainkan ketimbang internet yang tinggi.

Itulah yang menyebabkan kenapa pada beberapa kasus ketika internet yang Anda gunakan untuk aktifitas lainnya lancar, tetapi untuk bermain Mobile Legends masih kurang.

Kontrol Game yang Mudah

Game MOBA di PC umumnya menggunakan kontrol berupa keyboard dan mouse. Sedangkan di smartphone tentu saja hal tersebut diubah menjadi yang lebih praktis yaitu memanfaatkan touchsreen dari smartphone itu sendiri.

Di Mobile Legends Bang Bang kontrol yang digunakan dibuat menyerupai analog dengan bebrapa tombol lain yang secara visual menempel pada layar (tidak membutuhkan kontroler tambahan).

Hal ini tentu saja mempermudah para pemain dalam memainkan karena kontrol yang menjadi lebih sederhana. Selain itu game ini juga memiliki beberapa pegnaturan kontrol yang bisa Anda sesuaikan untuk memudahkan memainkan karakter yang digunakan.

Tournament yang Sering Dijumpai

Salah satu faktor lainnya mengapa game MLBB bisa sepopuler saat ini yaitu keberadaan tournament yang dapat dengan mudah ditemui dimana-mana. Tournamen tersebut bisa bersifat resmi dan tidak resmi.

Maksud dari resmi di sini yaitu diselenggarakan oleh pihak Mobile Legends sendiri contohnya seperti MDL, MPL, MSC, dan M1. Sedangkan untuk torunament yang diluar kendali Montton cenderung diadakan oleh pihak ketiga seperti sebuah Cafe, Event, dan lain-lain.

Saya sendiri sering menemui tournament yang diadakan oleh para pelaku usaha. Mereka biasanya membuat acara tersebut dalam rangka tertentu. Beberapa diantaranya ada yang membutuhkan biaya pendaftaran dan tidak sama sekali.

Untuk hadiahnya, biasanya semakin megah dan ramai tournament yang diadakan cenderung semakin besar juga hadiahnya. Hal ini tentu menguntukan banyak pihak seperti para player, pemilik usaha, dan ekosistem Mobile Legends itu sendiri.

Komunitas yang Seru

Mobile Legends sendiri saat ini telah memiliki berbagai akun media sosial yang mengumpulkan para penggemar menjadi satu wadah. Tentu saja hal ini membuat antar pemain menjadi semakin dekat dan tidak ketinggalan informasi terbaru.

Contohnya fanspage Facebook Mobile Legends: Bang Bang dan Instagram @mobilelegendsgame yang sering memposting konten mengenai game ini serta menjadi wadah interaksi antara admin dan sesama pemain.

Selain itu game ini juga mempunyai grup yang bersifat umum di Discord sehingga dapat dengan mudah mencari para pemain yang lebih serius dalam memainkan game ini. Sebab Discord sendiri adalah platform komunikasi khusus gamers.

Dapat Bermain Bersama Teman dalam Satu Tim

Karena game MOBA yang satu ini merupakan game 5 vs 5, maka dalam sebuah tim bisa dimainkan oleh beberapa pemain secara acak atau mengundang teman sendiri.

Tentu saja hal ini menambah keseruan saat bermain Mobile Legends, sebab Anda bisa bermain dengan orang-orang terdekat disekitar Anda. Istilah bermain sendiri biasanya disebut solo, berdua disebut dengan duo, bertiga trio, dan berlima yaitu full team.

Perlu Anda ketahui game ini memiliki beberapa mode dan pada mode ranked Anda tidak bisa bermain dengan teman jika keseluruhan dalam satu tim berjumlah empat orang.

Dengan bermain dengan teman maka Anda bisa mempererat hubungan dan komunikasi serta melatih kerja sama sehingga game ini juga memiliki dampak positif untuk lingkungan Anda.

Mudah Dipelajari

Sebenarnya game ini termasuk mudah untuk dipahami mengenai gameplay dan cara bermainnya. Karena konsep MOBA seperti Mobile Legends bukan yang pertama kali hadir di industri game.

Sedangkan game ini jauh lebih sederhana ketimbang game MOBA yang sudah hadir di PC. Item, fitur, dan beberapa hal lainnya sudah disederhanakan tanpa kehilangan keseruan.

Maka tidak heran jika game ini jauh lebih cepat durasinya dalam satu pertandingan apabila dibandingkan dengan game MOBA yang ada di PC.

Apalagi sekarang informasi dan tutorial Mobile Legends sudah sering dijumpai di internet. Tentu saja hal tersebut membuat para pemain yang baru mencobalebhi mudah memahami.

Lengkap

Meski gameplay dari permainan ini sudah disederhanakan, tetapi berbagai macam fitur dan item diluar pertandingan sangat lengkap. Dimulai dari mode yang ada yaitu classic, brawl, custom, VS AI, arcade (magic chess/survival), dan ranked yang setiap modenya memiliki peraturan sendiri.

Ada juga achivement, album, tittle, charisma, popularitas, stream, ranking kemenangan, tier, dan ranking hero yang bervariasi dari street, kecamatan, kabupaten, provinsi, negara, serta global.

Tentu saja adanya fitur dan kelengkapan di atas dari game Mobile Legends bisa menjadi daya tarik tersendiri dan membuat para pemain betah memainkan game ini.

Selalu Update

Kenapa game ini tidak membosankan?, salah satu kuncinya yaitu update yang terus menerus diberikan oleh Montoon sebagai pengembang setiap kalinya. Update tersebut bisa berupa hero baru, skin baru, fitur baru, penyesuaian dan masih banyak lagi.

Wajar saja jika game ini bisa semakin populer karena semakin kesini akan semakin menarik sedangkan para pemain lama juga akan dibuat betah dengan update yang rutin diberikan.

Apalagi jika setiap update tidak perlu mengunduh file terlalu besar. Tentu ini akan menjadi keunggulan tersendiri oleh MLBB dibanding game lainnya.

Bukan Pay to Win

Memang sih beberapa item di dalam game dapat dibeli dengan diamond yang mengharuskan pemain top up menggunakan uang sungguhan. Tetapi item yang dijual menggunakan diaomond tersebut tidak mempengaruhi jalannya pertandingan menjadi tidak seimbang.

Bahkan item yang populer dibeli dengan diamond yaitu skin dari hero saja hanya menambah kekuatan sebesar +8 yang artinya sangat kecil sekali bahkan hampir tidak ada bedanya.

Oleh sebab itu game ini lebih tepat dikatan bahwa kemenangan ditentukan secara murni oleh skill dari setiap pemain.

Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Adanya game online termasuk Mobile Legends diikuti dengan bertambahnya jenis lapangan pekerjaan. Beberapa diantaranya yaitu para pro player yang ikut dalam tim esports, Youtuber Gaming, Streamer, penjoki, penjual item game, dan reseller diamond.

Itu artinya game ini memiliki dampak terhadap perekonomian negara kita juga. Sehingga tidak heran bahwa saat ini sudah ada PBESI dan Federasi Esports Indonesia yang dibetuk dari campur tangan pemerintah serta bertugas untuk mengatur dan menangani dunia esports dalam negeri.

Demikianlah dua belas alasan kenapa saya menganggap layak bahwa Mobile Legends menjadi game terpopuler yang sedang naik daun dan disukai masyarakat saat ini.

Sekian dulu dari saya, jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial, dan terima kasih.

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    One Reply to 12 Alasan Kenapa Mobile Legends Menjadi Game Terpopuler Saat Ini

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *