Manfaat Internet
General

25+ Manfaat Internet dalam Kehidupan Sehari-hari di Berbagai Bidang

Manfaat Internet – Seiring berubahnya zaman, perkembangan teknologi juga semakin pesat. Salah satunya ditandai dengan munculnya internet. Singkatnya internet adalah sistem jaringan yang bisa saling menghubungkan seseorang secara global.

Saat ini keberadaan internet penting bagi semua orang karena telah berhasil menciptakan pengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Pengaruh dari keberadan internet ini juga sangat banyak, mulai dari yang negatif hingga positif. Pengaruh tersebut juga berimbas di berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi bisnis, komunikasi, pemerintahan, sosial, dan kesehatan.

Oleh sebab itu pada artikel ini Ngeneki.com akan menjabarkan berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari keberadaan internet. Langsung saja simak berikut ini.

Manfaat Internet dalam Kehidupan Sehari-hari

Secara umum manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari mirip dengan manfaat dari teknologi yang digunakan untuk memudahkan aktifitas manusia dalam segala hal.

Tetapi semakin kesini, dunia internet juga semakin luas, hingga muncul berbagai istilah, kejahatan, bisnis, dan profesi baru yang disebabkan oleh keberadaan internet.

Berikut ini adalah manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang, dimulai dari pendidikan.

Bidang Pendidikan

Pendidikan

1. Mempermudah Mencari Sumber Referensi

Manfaat internet sangat terasa bagi para pelajar, mahasiswa, atau masyarakat saat mereka mencari sumber referensi.

Hal ini berbeda dengan zaman dahulu ketika mencari sumber referensi harus pergi ke perpustakaan, toko buku, dan pinjam ke orang lain.

Tetapi sejak munculnya internet kita bisa lebih mudah menemukan sumber referensi.

Sebagai contoh kecil saja yaitu dengan mengetikkan apa yang kita cari di Google Search, maka akan muncul berbagai macam konten.

Konten tersebut bisa berupa artikel dan dokumen di sebuah situs atau video di platform seperti Youtube.

Sayangnya, konten-konten yang ada di internt bisa dibuat oleh semua orang secara bebas sehingga terkadang terdapat sumber yang tidak dapat dipercaya.

Maka dari itu kita harus memilah mana situs dan konten yang memang ditulis oleh para ahli.

Jika masih ragu, kamu juga dapat mencari dan membeli Ebook di internet. Singkatnya Ebook adalah buku yang berbentuk digital dan bisa dibuka di berbagai perangkat seperti smartphone, komputer, dan laptop.

2. Mempercanggih Sistem Ujian

Belakangan ini gebrakan di dunia pendidikan terkait pemanfaatan teknologi sudah mulai dilaksanakan. Semua ini dapat kita lihat sistem ujian nasional untuk SMP dan SMA.

Selain untuk ujian, internet juga dimanfaatkan untuk proses seleksi perguruan tinggi, CPNS, hingga rekruitmen perusahaan.

Hal ini menunjukkan adanya manfaat internet yang sudah mulai dimaksimalkan oleh berbagai kalangan.

Dalam ujian maupun seleksi yang berbasi online sendiri dapat menciptakan efektifitas, efisiensi, keamanan, dan pengehematan biaya.

Berbeda dengan zaman dahulu yang mengharuskan kita menuju ke lokasi untuk proses seleksi dan mempersiapkan berbagai macam alat tulis saat ujian.

3. Bergabung di Komunitas yang Sesuai dengan Minat

Karena semakin maraknya media sosial, maka semakin banyak juga wadah baru yang kita temukan di internet. Salah satu diantaranya yaitu adanya komunitas yang berbasis utama di media sosial.

Hal semacam ini paling sering saya temui di Facebook dan Line dalam bentuk grup, sedangkan di Instagram dalam bentuk sebuah akun.

Dengan adanya hal semacam itu kita semua dapat berdiskusi dan belajar tanpa harus bertemu secara langsung.

Apalagi kalau orang-orang yang kita ajak diskusi sesuai dengan ranah minat yang kita inginkan. Maka akan menciptakan habbit yang bagus untuk upgrade ilmu.

Selain media sosial, komunitas tersebut juga ada dalam bentuk situs seperti Brainly.

Hampir semua pelajar dan mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan situs tersebut karena di dalam situs tersebut terdapat fitur tanya jawab tentang mata pelajaran yang bisa diakses secara gratis.

4. Menciptakan Mata Pelajaran atau Bidang Studi Baru

Kemunculan internet ini mirip seperti teknologi yang menghasilkan berbagai penemuan dan ilmu baru di dunia.

Sekarang ilmu yang terkait dengan internet sudah semakin luas, hal ini dibuktikan dengan kemunculan mata pelajaran seperti TIK dan program studi baru seperti Sistem Informasi dan Bisnis Digital.

Tentu saja hal ini sangat baik, karena jumlah bidang yang semakin banyak dapat memberikan pilihan kepada kita untuk dapat unggul di bidang yang berbeda dengan yang lain.

Selain itu kemunculan ilmu baru terkait internet juga sangat prospek untuk masa depan dalam berkarir dan membangun bangsa.

5. Sebagai Sarana untuk Belajar

Poin keempat ini sekilas mirip dengan beberapa poin sebelumnya.

Tetapi maksud saya sebagai sarana belajar disini mengacu pada kemunculan bimbel online seperti Zenius, Ruangguru, Quipper, dan masih banyak lagi.

Keberadaan bimbel online tersebut sangat diminati oleh pelajar sejak kemunculannya.

Hal ini terjadi karena benefit dan value yang diberikan oleh bimbel online sangat banyak, diantaranya sebagai berikut.

  • Biaya yang relatif lebih murah dibandingkand dengan bimbel yang mengharuskan kita datang ke lokasi dan bertatap muka
  • Materi yang diberikan juga dibuat oleh para ahli di bidangnya masing-masing
  • Materi disampaikan secara asik melalui berbagai konten seperti video yang dapat diputar sewaktu-waktu
  • Banyak trik khusus dan analogi yang efektif digunakan untuk mengerjakan suatu soal tetapi tidak diajarkan di sekolah (formal)
  • Terdapat berbagai fitur seperti tanya jawab langsung dengan para ahli, try out, dan ujian yang dilakukan secara online

Bidang Ekonomi dan Bisnis

1. Menciptakan Profesi Baru

Jika dalam bidang pendidikan kemunculan internet menciptakan ilmu baru, maka di bidang ekonomi dan bisnis internet menghasilkan profesi baru.

Bisa dikatakan di dunia pendidikan adalah teori, sedangkan dalam bidang ekonomi dan bisnis adalah output (hasil eksekusi) dari ilmu tersebut.

Beberapa profesi baru yang muncul karena adanya internet yaitu:

  • Freelancer
  • Blogger
  • Youtuber
  • Selebgram
  • Publisher
  • Content Creator
  • SEO Specialist
  • Technopreneur
  • Web Designer
  • Web Developer
  • Social Media Manager
  • dan masih banyak lagi.

2. Menciptakan Produk Baru

Masih berkaitan dengan profesi baru yang muncul, internet juga menghasilkan berbagai produk dan karya baru yang bisa dinikmati secara digital.

Dapat dikatakan produk-produk ini adalah hasil karya dari profesi baru yang sudah saya sebutkan pada poin pertama tadi.

Beberapa produk dan karya yang muncul karena adanya internet adalah.

  • Website (Blog, marketplace, forum)
  • Ebook (Novel, selfrovement, edukasi)
  • Video (Tutorial, film, dokumentasi)
  • Platform baru (Youtube, Facebook, Twitter, Line, Instagram)
  • Mesin pencari (Google Search, Yahoo Search, Bing, Yandex)
  • dan lain-lain.

3. Mempermudah Menjalankan Bisnis

Saat ini para pelaku bisnis sudah wajib mengetahui tentang dunia internet, terbukti banyak bisnis yang dijalankan dengan cara jadul bangkrut karena kalah saing, terutama dalam hal pemasaran.

Dengan adanya internet sebaiknya kita juga berusaha menyesuaikan dan memaksimalkan keberadaanya. Karena internet tidak hanya memberikan dampak negatif, bahkan sebaliknya kalau kita mengetahui caranya.

Salah satu hal yang bisa membantu dalam berbisnis dan berkaitan dengan internet adalah pemasaran. Pemasaran melalui online saat ini sangat efektif dengan memanfaatkan media sosial dan mesin pencari.

Dalam measarkan tersebut juga akan muncul berbagai teknik dan opsi, secara garis besar bisa dibedakan menjadi dua yaitu gratisan dan berbayar.

4. Mempermudah Bertransaksi

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain.

Keberadaan marketplace seperti itu memudahkan kedua belah pihak yaitu penjual dan pembeli.

Berbeda dengan dahulu, ketika bertransaksi harus bertemu dan bertatap muka secara langsung, kini semua sudah lebih efektif dan efisien.

Kita hanya perlu mencari produk melalui gadget yang kita miliki, melakukan pembayaran, dan barang langsung datang ke alamat.

Selain dari marketplace, kemudahan bertransaksi ini juga tidak lepas dari keberadaan dompet digital, internet banking, dan mobile banking.

Sehingga tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah karena dapat menyimpan uang dalam bentuk saldo digital, melakukan pembarayan, dan menerima pembayaran.

5. Semakin Mudah untuk Menabung dan Berinvestasi

Dari segi investasi dan menabung, keberadaan internet ini juga bisa kita maksimalkan.

Cara menabung dan berinvestasi melalui internet bisa kita lakukan dengan menamfaatkan berbagai platform dan metode.

Beberapa cara dan layanan yang bisa digunakan untuk menabung maupun berinvestasi diantaranya sebagai berikut.

  • Trading saham
  • Trading mata uang digital (Bitcoin dan sejenisnya)
  • Reksadana
  • Menabung melalui dompet digital
  • Membuat untuk di monetize
  • Memanfaatkan platform seperti Youtube untuk menghasilkan passive income
  • dan masih banyak lagi.

Bidang Komunikasi dan Informasi

Komunikasi dan Informasi

1. Memudahkan Berinteraksi Secara Global

Keberadaan internet tentu menghasilkan berbagai platform, salah satunya media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan Youtube.

Melalui platform tersebut kita dapat dengan mudah terhubung dengan orang lain tanpa mengenal jarak selama mempunyai koneksi internet.

Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menambah relasi maupun melakukan kepentingkan tertentu seperti bisnis dan bertukar pikiran tanpa perlu melakukan izin kepada negara, membayar mahal, serta mengurus hal-hal lainnya.

2. Mempercepat Penyebaran Informasi

Manfaat internet pada bidang komunikasi memang relatif mirip ketika dijabarkan, seperti halnya dalam penyebaran informasi.

Hal ini berkaitan juga dengan yang namanya interaksi, tetapi saya lebih menyorot ke media berita dan pengumuman penting.

Keberadaan internet ini sangat krusial dalam dunia pemberitaan karena meskipun mudah untuk mengetahui peristiwa di luar sana, kita juga harus berhari-hati sebab belakangan banyak berita hoax yang bermunculan.

Sedangkan pengumuman penting yang saya maksud yaitu digunakan dalam keluarga dan lembaga.

Apabila terdapat hal-hal penting maka dengan adanya internet akan lebih mudah disebar luaskan kepada orang-orang yang bersangkutan

3. Lebih Murah

Dalam mendapatkan informasi yang beraneka ragam di internet bisa dikatakan lebih murah. Karena yang kita dapatkan bisa kita sesuaikan sendiri, dibanding harus membeli koran, buku, dan surat menyurat kepada orang lain.

Hanya dengan membeli paket internet atau menggunakan WiFi kita sudah bisa menikmati berbagai informasi yang ada.

Apabila hal ini bisa dimanfaatkan secara maksimal maka bisa dikatakan keberadan internet ini lebih murah untuk mencari informasi.

4. Efisien dari Segi Waktu dan Ruang

Pada poin keempat saya menyorot hal, salah satunya adalah mencari pekerjaan.

Dahulu untuk melamar pekerjaan kita perlu mendatangi sebuah kantor maupun kemudian mencari tahu apakah ada lowongan pekerjaan.

Maka sekarang sudah berbeda, hanya mengandalkan koneksi internet kita dapat mencari tahu informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui situs dan media sosial.

Sehingga sebagai calon pelamar kerja lebih mudah dalam memilih karir yang sesuai tanpa perlu bolak-balik mendatangi tempat tertentu.

Lagi-lagi, keberadaan internet membuat kita tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih seperti zaman dahulu.

Bidang Pemerintahan

Pemerintahan

1. Sarana Pendukung Akses Media Informasi Secara Resmi

Di dalam lembaga pemerintahan, manfaat internet juga berkaitan dengan informasi. Dengan adanya media resmi yang dimiliki oleh pemerintah masyarakat akan lebih mudah mengetahui perubahan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

Selain itu jika media tersebut dikelola oleh pemerintah, maka masyarakat juga tidak perlu takut dengan yang namanya hoax seperti media abal-abal yang ada di luar sana.

2. Menghemat Biayar Operasional

Biaya operasional juga menjadi lebih hemat. Beberapa aktifitas yang dulu harus dilakukan secara manual dan melibatkan banyak pihak menjadi lebih efektif dengan keberadaan internet di lembaga pemerintah.

Misalnya dalam hal pemberitahuan antara yang satu dengan yang lain yang bisa dilakukan secara online.

3. Memudahkan Sistem Administrasi

Internet memberikan fasilitas untuk mengirim dan mengolah data secara online sehingga memudahkan instansi pemerintah untuk mengatur administrasi.

Akibatnya proses administrasi menjadi lebih mudah dan cepat untuk melakukan proses adminsistrasi seperti laporan, kepegawaian, keuangan, dan lain-lain

4. Menciptakan Wadah yang Dapat Menerima Aspirasi Rakyat

Sekarang untuk melakukan pengaduan dan melaporkan aspirasi dari masyarakat ke pemerintah menjadi lebih mudah karena adanya internet.

Di Indonesia sendiri ada situs yang berfungsi untuk melakukan hal tersebut dan dikelola oleh pemerintah dengan alamat https://www.lapor.go.id/.

Kamu bisa menulis aspirasi maupun laporan secara rinci, memilih kategori, dan memberikan keterangan berupa media yang bisa dilampirkan.

5. Mempormosikan Potensi Suatu Daerah

Pemerintah dapat dengan mudah mempromosikan suatu daerah yang memiliki potensi wisata alam, buatan, kuliner, industri, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu masyarakat akan lebih mengenal potensi antara satu daerah dengan yang lainnya.

Bidang Sosial

Sosial

1. Melakukan penggalangan dana dan sedekah

Mungkin untuk poin pertama ini jarang terpikirkan oleh kita. Padahal menggalang dana dan sedekah bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu keluar rumah atau mencari lembaga yang bisa harus didatangi secara fisik.

Cara ini dengan memaksimalkan keberataan situs seperti Kitabisa.com. Di sana terdapat opsi untuk melakukan penggalangan dana dan berbagai penggalangan dana yang sudah dilakukan.

Tentunya ini semua dilakukan untuk membatu saudara kita yang mengalami musibah dan benar-benar membutuhkan bantuan.

2. Mempererat Silaturahmi

Dengan keberadaan internet, proses interaksi dan komunikasi semakin mudah. Maka silaturahmia antara keluarga, teman, dan orang lain menjadi lebih terjaga.

Jika dahulu dengan saudara jauh sedikit asing karena hanya bertemu pada saat momen tertentu maka dengan adanya internet bisa menjadi lebih saling mengenal.

Caranya bisa dengan membuat grup khusus keluarga dan saling berteman di media sosial.

3. Menambah Relasi

Poin ketiga ini juga berkaitan dengan kemudahan berkomunikasi. Dengan internet kita dapat menambah relasi seperti berteman, berbisnis, dan berdiskusi.

3. Menjadi Sarana Kampanye

Internet juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk kampanye. Bahkan di Indonesia sendiri saya sudah beberapa kali melihat parta maupun tokoh yang sedang mencalonkan diri memasang iklan di beberapa platform.

Tentu hal ini akan lebih efektif di era saat ini karena jumlah pengguna internet yang banyak dan biaya yang lebih murah ketimbang beriklan di baliho yang lebih ribet dan mahal.

Melakukan kampanye di media sosial sendiri juga dapat difilter sesuai umur, wilayah, pekerjaan, dan minat sehingga menjadi lebih tertarget.

4. Mempertegas Identitas

Media sosial dapat digunakan untuk mempertegas identitas kita, salah satunya di LinkedIn. Kita dapat memasang apa minat dan keahlian kita.

Tentunya dengan tujuan bukan untuk pamer, melainkan untuk mendapatkan teman, pekerjaan, dan kegiatan yang bersangkutan dengan karakter kita masing-masing.

Bidang Kesehatan

Kesehatan

1. Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Secara Online

Pada bidang kesehatan internet lebih berperan jika dilihat dari sisi informasi. Masyarakat bisa mengetahui berbagai penyebab, gejala, cara mengatasi penyakit, obat, dan aktifitas yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Semua itu dapat diperoleh melalui situs-situs kesehatan terpercaya seperti Hallodoc, Alodokter, Hello Sehat, dan lain sebagainya.

2. Berkonsultasi dengan Dokter

Selain digunakan untuk mendapatkan informasi, saat ini manfaat internet juga semakin terasa setelah muncul berbagai aplikasi kesehatan yang memungkinkan kita berkonsultasi secara langsung dengan dokter.

Beberapa aplikasi tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Halodoc
  • Alodokter
  • KlikDokter
  • Go-Dok
  • YesDok
  • dan lain-lain.

3. Pendaftaran Pasien Secara Online

Berbeda dengan zaman dahulu, kita harus mengantri hanya untuk melakukan proses pendaftaran pasien.

Proses tersebut dapat berlangsung lama tergantung jumlah pasien.

Tetapi saat ini, terutama di Surabaya sudah memberikan fasilitas berupa pendaftaran pasien secara online dengan memanfaatkan aplikasi bernama eHealth Surabaya atau mengakses situs resminya.

4. Mendapatkan Obat Tanpa Perlu Keluar Rumah

Dahulu ketika sakit maka kita harus membeli obat dengan cara pergi ke apotek terdekat, tetapi sekarang hal ini tidak harus dilakukan karena ada yang namanya marketplace.

Kamu tinggal mengetikkan nama obat yang dibutuhkan di marketplace atau mesin pencari maka akan dengan mudah menemukan obat tersebut.

Setelah itu lakukan transaksi jual beli dan tunggu hingga obat datang ke rumah.

Kesimpulan

Setelah membaca berbagai manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang tersebut saya harap dapat menambah wawasan dan membantu kamu dalam memaksimalkan keberadaan internet.

Memang, selain mempunyai kelebihan suatu hal pasti juga memiliki kekurangan, tetapi untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat maka kita perlu fokus ke dalam hal positif yang ada.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Penting!
Artikel ini tidak disponsori oleh perusahaan maupun lembaga manapun. Tulisan dibuat menurut opini, wawasan, dan pengalaman saya pribadi.

Sumber gambar:
Pixabay dan Wikipedia

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *