Keunggulan Xiaomi Redmi Note 5
Xiaomi

√ 11 Kelebihan HP Xiaomi Redmi Note 5 [Update 2020]

Artikel terkait kelebihan Xiaomi Redmi Note 5 ini pertama kali terbit ketika persaingan antara Xiaomi dengan beberapa brand lain seperti ASUS dengan produk Max Pro M1-nya sedang panas diperbincangkan.

Karena kondisi industri smartphone semakin berkembang dan memunculkan berbagai prduk baru, kami mencoba memperbarui artikel ini agar informasi yang kami sampaikan tetap relevan dengan kondisi saat ini.

Tentunya informasi ini kami sampaikan berdasarkan dengan pengetahuan dan pengalaman menggunakan Xiaomi Redmi Note 5 sejak awal rilis hingga sekarang.

Bagaimana? sudah penasaran? langsung saja simak berikut ini.

Baca juga: Tema Xiaomi MIUI 9 / MIUI 10 Terbaik, Keren, dan Tembus Semua Aplikasi

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5

Berikut adalah sebelas kelebihan HP Xiaomi Redmi Note 5 yang sudah saya rangkum dengan berbagai penejasalannya.

Performa Luar Biasa

Performa

Dibekali dengan snapdragon 636 buatan dari Qualcomn dengan teknologi 14nm yang merupakan prosesor octa-core memiliki peningkatan hingga 40% dari versi pendahulunya.

Selain itu Redmi Note 5 saat pertama kali dirilis, seri ini menggunakan sistem operasi Android O saat ini dan MIUI 9 yang merupakan antarmuka besutan dari Xiaomi sendiri sangatlah cepat.

Bahkan slogan dari MIUI 9 sendiri yaitu secepat kilat terbukti disini.

Bagaimana kondisinya sekarang dengan MIUI 11?

Sangat memuaskan, bahkan lebih optimal ketimbang versi terdahulu, Xiaomi sudah melakukan banyak upgrade pada versi MIUI terbaru, sehingga Redmi Note 5 yang dulunya menjadi raja, saat ini bisa dibilang belum kehilangan kekuasaan di kelasnya.

Pada aktifitas gaming sendiri kami cukup puas, lancar untuk bermain game berat terpopuler seperti PUBG Mobile, COD Mobile, dan Mobile Legends dengan catatan untuk beberapa game setingan grafis tidak bisa rata kanan.

Tidak luput oleh Xiaomi, MIUI sendiri juga dibekali oleh fitur game booster, yang memungkinkan Anda lebih lancar saat menggunakan ponsel untuk bermain game.

Kualitas Layar

Kualitas layar

Dengan layar 5,99″ atau Full HD dengan perbandingan resolusi 18:9 yang merupakan standar baru untuk tampilan ponsel membuat nyaman saat digunakan untuk melakukan segala aktifitas seperti bermain game dan nonton film, sudah nggak perlu diragukan lagi deh.

Selain itu warna yang dihasilkan juga sangat nyaman untuk mata, meskipun tidak sebagus ponsel high-end tetapi sangat worth it untuk kelasnya.

Baca juga: Cara Mengganti Lokasi di HP Xiaomi

Kamera

Kamera

Pada saat pertama kali Redmi Note 5 dirilis, produk ini sangat menonjol dengan kualitas kameranya yang super keren dan dikenal dual Camera AI yang bisa menghasilkan foto jernih.

Kamera belakang memiliki resolusi besar 12 + 5 MP dan 1,4μm piksel besar, dual piksel auto fokus yang siap memberikan juga efek bokeh kekinian ala anak-anak Instagram.

Kamera depan juga tidak kalah bagus karena memiliki resolusi 13MP + beragam fitur selfite dan tak luput juga dengan LED Flash yang siap memberi cahaya di kondisi gelap.

Kamera belakang ponsel ini juga dilengkapi fitur stabilisasi, sehingga ketika digunakan untuk merekam video hasilnya akan lebih halus (mengurangi guncangan yang mengganggu).

Sensor Sidik Jari

Sensor Sidik Jari

Sensor sidik jari menjadi fitur wajib bagi ponsel saat ini, karena para pengguna sekarang lebih senang dengan fitur pengunci tersebut ketimbang cara jadul melalui pola.

Nah, pada bagian ini, Xiaomi Redmi Note 5 mempunyai tingkat kecepatan yang sangat tinggi dalam membaca sidik jari dan memprosesnya.

Sehingga ketika kita meletakkan sidik jari pada sensor, layar kunci bisa langsung terbuka dalam waktu yang sangat singkat.

Berbeda dengan pesaingnya yaitu Asus Max Pro M1 yang agak lambat kinerja sensor sidik jari atau fingerprintnya.

Face Unlock

Face Unlock

Mungkin fitur kali ini dapat dikatan baru dan belum tentu diminati oleh pengguna, tetapi bisa menjadi salah satu kelebihan tersendiri.

Kecepatan dan ketepatan face unclok di Xiaomi Redmi Note 5 sendiri sangatlah bagus, tentu saja apabila Anda mengaktifkan mode ini ponsel bisa kelihatan lebih canggih dan aman ketimbang menggunakan pola saat membuka kunci.

Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai

Xiaomi Redmi Note 5 dibekali baterai berkapasitas tinggi yaitu 4000mAh yang memungkinkan Anda lebih nyaman saat menggunakannya dalam aktifitas normal sehari-hari.

Dalam kondisi stand by Xiaomi mengklaim bahwa ponsel tersebut dapat bertahan hingga 20 hari, sedangkan jika digunakan untuk menonton video secara terus menerus dapat bertahan hingga hingga 17 jam lebih.

Sedangkan untuk main game performanya juga luar bisa dan baterai cukup awet dan bisa bertahan dalam waktu 6 sampai 9 jam nonstop.

Tidak cukup sampai di situ, kecepatan charging ponsel ini juga lumayan cepat yang mampu menggunakan cas 5V/2A dan mendukung  teknologi Quick Charge 2.0.

Baca juga: Cara Mengganti Font Xiaomi Tanpa Root [Semua Jenis Xiaomi]

RAM

RAM

Xiaomi Redmi Note 5 mempunyai dua versi dengan spesifikasi yang berbeda pada bagian memori internal dan RAM.

Versi pertama yaitu RAM 3GB dan kapasitas memori internal 32GB, sedangkan versi kedua yaitu RAM 4GB dengan kapasitas memori internal 64GB.

Kedua versi tersebut sangat cukup untuk melakukan multitasking, terutama pada versi 4/64, harganya sendiri tidak terpaut jauh.

Kami merekomendasikan Anda untuk membeli versi 4/64 jika memungkinkan.

Slot Kartu SIM dan Memori

Slot Kartu SIM dan Memori

Bagi sebagian orang slot kartu SIM maupun memori cukup penting karena mungkin beberapa pengguna mempunyai dua nomor ponsel yang berbeda dan ingin memasangnya dalam satu ponsel.

Sedangkan Redmi Note 5, sudah dibelaki dua slot dengan catatan satu slot khusus kartu SIM, sedangkan satu slot bisa digunakan untuk kartu SIM juga atau kartu memori eksternal (Micro SD).

Hal tersebut membuat Anda lebih leluasa dalam mengelola penyimpanan maupun nomor telepon.

Sistem Operasi dan Peluncur

Sistem Operasi

Sistem operasi yang digunakan pada versi bawaan yaitu Android 7.1 (Nougat) dengan MIUI 9.

Tetapi tenang, karena pihak Xiaomi hingga saat ini terus memberikan update terbaru sehingga Anda dapat memperbaruinya hingga versi terbaru dari Android yaitu 9.0 (Android Pie) dan peluncur terbaru yaitu MIUI 11.

Tentu saja dengan dukungan update tersebut menjadikan HP ini semakin kencang dari segi performa dan semakin keren dari segi tampilan dan fitur.

Baca juga: Cara Mengubah Keyboard Xiaomi Menjadi Google Keyboard

Harga

Harga

Harga dari Xiaomi Redmi Note 5 juga terbilang sangatlah tidak masuk akal pada saat ponsel ini dirilis.

Saat ini harga tersebut sudah sangat turun, kami menemukannya di kisaran 1,5 juta hingga 2 juta, untuk masing-masing versi.

Harga tersebut terbilang masih sangat worth it untuk ponsel sekelas Redmi Note 5 dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Sedangkan harga di toko offline kemungkinan besar juga tidak jauh berbeda, mungkin lebih mahal seratus hingga dua ratus ribu saja.

Awet

Awet

Terakhir, awet. Mungkin ini tidak akan disebutkan dalam situs maupun channel Youtube lain karena kami memperbarui artikel ini di Maret 2020.

Berdasarkan pengalaman kami, HP Xiaomi Redmi Note 5 ini sudah beberapa kali terkena air hujan dengan tidak sengaja, tetapi masih aman sekalipun tidak ada keterangan anti air.

Sedangkan dari segi ketahanan atas benturan, HP ini juga sering jatuh ketika digunakan (karena terlalu lalai), termasuk jatuh dari saku saat perjalanan menggunakan motor, jatuh saat duduk, di tangga, dan lain sebagainya.

Hebatnya, ponsel tersebut masih bisa digunakan hingga sekarang.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5

Jaringan2G, 3G, H, H+, 4G
Slot KartuHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Resolusi1080x2160px, 18:9
Ukuran5,99
Berat 181 gram
ChipsetQUalcomm SDM636 Snapdragon 636
CPUOcta-core 1.8 GHz Kyro 260
GPUAdreno 509
RAM3GB/4GB
Memori32GB/64GB
Memori EksternalmicroSD up to 256GB
Kamera, 12 MP + 5 MP, f/1.9, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF + f/2.0, 1.25µm, depth sensor, Dual-LED flash, panorama, HDR, video 1080p@30fps
Kamera depan 13 MP, f/2.0, 1.12µm, LED flash, 1080p@30fps
InfraredYa
NFCTidak
Baterai 4000 mAh, mendukung fast charging 3.0
WarnaHitam, Emas, Biru, Merah

Itulah beberapa kelebihan dari HP Xiaomi Redmi Note 5, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan produk tersebut.

Sekian, terima kasih.

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *