Kelebihan dan Kekurangan E-Payment yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan E-Payment – Dengan kemajuan dalam telekomunikasi, e-payment atau sistem pembayaran elektronik mampu menjadi mengganti mode pembayaran tradisional yang melibatkan kontak pribadi antara pembeli dan penjual.

Sistem pembayaran elektronik merupakan transaksi keuangan online yang menggunakan beberapa bentuk perangkat keuangan digital, seperti e-token, e-cash, dan cek.

E-payment atau Pembayaran elektronik memungkinkan anda melakukan pembayaran tanpa uang tunai untuk membeli barang di website atau aplikasi.

Hal itu memberikan banyak keuntungan, termasuk penghematan biaya dan waktu, peningkatan penjualan dan pengurangan biaya transaksi.

Tetapi rentan terhadap penipuan internet dan berpotensi meningkatkan pengeluaran bisnis. Berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan e-payment!

E-Payment

Kelebihan E-Payment

Seperti yang telah diulas diatas, bahwa e-payment mempunyai banyak manfaat bagi transaksi keuangan penggunanya, nah berikut beberapa kelebihannya: 

Transaksi Cepat dan Nyaman

Pembayaran elektronik sangat mudah dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional seperti uang tunai atau cek. Karena anda dapat membayar barang atau jasa secara online kapan saja, siang atau malam, dari bagian mana pun di dunia.
Anda tidak perlu menghabiskan waktu dalam antrian, menunggu giliran untuk bertransaksi. Tentunya itu, membuat anda nyaman dalam beraktivitas keuangan.

Baca juga: Dampak Negatif Penyalahgunaan Internet di Indonesia

Mengurangi Biaya Transaksi

Meskipun tidak ada biaya tambahan untuk melakukan pembayaran tunai, perjalanan ke toko biasanya membutuhkan biaya. Belum lagi ketika membawa barang beratDalam jangka panjang, pembayaran elektronik dapat menghemat biaya transaksi baik perorangan maupun bisnis.

Ragam Pilihan

Sistem pembayaran elektronik memungkinkan lembaga keuangan, bisnis dan pemerintah untuk menawarkan berbagai opsi pembayaran kepada pelanggan.
Sistem ini meliputi mesin teller otomatis, kartu debit, kartu kredit, mobile banking dan pembayaran tagihan melalui handphone. Nah, dengan adanya sistem e-payment ini memberikan solusi terbaik bagi pelanggan yang sibuk.

Pembayaran Aman

Bagi pemilik toko offline maupun online, epayment bisa menjadi langkah aman untuk transaksi karena anda tidak harus membawa uang tunai. Sehingga, tidak beresiko mengalami perampokan, salah hitung atau lainnya.

Banyak promo

Salah satu bentuk pembayaran elektronik seperti dompet elektronik menyajikan banyak promo yang membuat kita tergiur untuk melakukan banyak transaksi keuangan dengan aplikasinya. Bahkan diskonnya mencapai 60% untuk pembelian barang dengan dompet elektronik.
Tidak hanya pembelian suatu barang saja, melainkan pula pembelian produk digital pula seperti bayar listrik, pdam hingga tiket pesawat.
Promo yang besar ini bisa membuat anda lebih hemat saat membeli barang maupun membayar tagihan bulanan. Bahkan saat top up pun terkadang ada cashback yang menggiurkan.

Baca juga: Macam-macam Manfaat Internet untuk Kehidupan Manusia

Kekurangan E-Payment

Selain ada kelebihan, e-payment juga mempunyai kekurangan sebagai sistem pembayaran. Inilah kekurangannya:

Masalah Keamanan

Meskipun langkah-langkah ketat seperti enkripsi tersedia untuk membuat pembayaran elektronik aman dan terlindungi, tapi masih rentan terhadap peretasan.
Penipu, misalnya, menggunakan serangan phishing untuk mengelabui pengguna agar memberikan rincian login e-wallet mereka, kemudian penipu itu mengakses informasi pribadi dan keuangan korban.
Otentikasi yang tidak memadai juga memengaruhi sistem pembayaran elektronik.
Tanpa langkah-langkah verifikasi identitas yang unggul seperti biometrik dan pengenalan wajah, siapa pun dapat menggunakan kartu dan dompet elektronik orang lain dan melarikan diri tanpa ketahuan.
Masalah keamanan ini dapat membuat sebagian orang takut menggunakan e-payment.

Penyebaran internet di Indonesia belum merata

Karena penyebaran internet Indonesia yang masih belum menjangkau rata dari Sabang sampai Merauke, membuat pengguna e-payment mengalami kendala.
Karena wilayah yang belum terjangkau internet atau yang sudah terjangkau internet tapi masih terbatas kecepatannya tentu tidak mempunyai e-payment.
Jika toko anda hanya menggunakan e-payment sebagai alat transaksi, bisa-bisa mengalami kendala transaksi keuangan kalau berhubungan dengan daerah-daerah yang belum terjangkau internet itu. 
Jadi, apabila anda memiliki toko online, pastikan support beberapa metode pembayaran berbeda.

Sosialisasi tentang e-payment belum menyeluruh

Meskipun tinggal di area yang terjangkau internet cepat, tapi banyak masyarakat yang belum menggunakan e-payment.
Karena belum ada sosialisasi yang menyeluruh, sebagian besar masyarakat masih menggunakan pembayaran tunai dibandingkan e-payment.
Tak hanya itu, keengganan masyarakat dalam belajar teknologi juga menjadi penghambat penggunaan e-payment pada semua transaksi keuangan.

Mahalnya teknologi di Indonesia

Karena teknologi di Indonesia masih terbatas, sehingga harganya mahal dan pajaknya pun masih dibanderol mahal.
Sehingga, dengan peningkatan teknologi atau teknologi yang canggih, harga barang semakin meningkat juga.

Jika handphone hilang, maka transaksi terhambat

Memang mudah semua transaksi keuangan bisa dilakukan hanya menggunakan handphone saja. Namun, jika handphone hilang memungkinkan anda akan sulit mengurus akun kembali.
Sebab, anda harus mengurus nomor terlebih dahulu, baru kemudian bisa digunakan lagi untuk masuk akun e-payment. Anda pun harus menghubungi pihak e-payment untuk mengurus akun anda lagi.
Selain itu, memungkinkan anda kehilangan saldo e-payment atau ada transaksi yang dilakukan oleh orang lain tanpa seijin anda.

Baca juga: 7 Bisnis yang Bisa Dilakukan Hanya dengan Laptop dan Koneksi Internet

Memungkinkan terjadinya pengeluaran yang besar

Kenyamanan transaksi menggunakan e-payment seperti dompet elektronik, menjadikan sebagian dari kita terlena.
Kemudahannya membuat kita tergiur untuk membeli ini dan itu. Belum lagi munculnya banyak promo dari merchant yang bekerjasama dengan pihak dompet elektronik, tentu membuat kita semakin tergiur untuk bertransaksi.
Akhirnya tanpa sadar, kita melakukan banyak transaksi dan sulit mengendalikan pengeluaran.

Kesimpulan

Semua hal pasti ada untung dan ruginya, begitu pula dengan pembayaran elektronik. Memang mempermudah dalam transaksi keuangan, tapi juga mempunyai kekurangan.
Sebagai pengguna e-payment anda harus mawas diri akan ancaman atau kekurangan dari sistemnya. Sehingga, anda tidak mengalami kerugian kelak dan bijaklah dalam menggunakan teknologi. 
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar