Fungsi Colek di Facebook, Fitur yang Hampir Terlupakan

Fungsi colek di Facebook ternyata cukup banyak, mengetahui fungsi colek dan bagaimana cara colek di FB sangat bermanfaat bagi Anda yang penasaran dengan fitur tersebut.


Seperti namanya, colek di Facebook, dengan fitur ini Anda dapat mencolek orang lain.

Bukan tanpa alasan, fitur ini ada untuk memberikan orang lain notifikasi tanpa chat maupun melakukan interaksi secara langsung.

Dengan colek, biasanya orang akan langsung menaruh perhatian ke orang yang mencolek.

Tetapi karena fungsinya yang kurang berkesan, kebanyakan pengguna pasti lebih memilih untuk chat secara langsung.

Dulu fitur ini ditempatkan di bagian menu sebelah kiri dari tampilan utama Facebook versi desktop sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan. colek

Sedangkan sekarang hanya bisa dibuka melalui halaman sendiri yang letaknya sulit Anda temukan.

Baca juga: Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri

Sebelum membahas fungsi colek di Facebook lebih lanjut, mari kita lihat bagaimana cara menggunakan fitur colek tersebut sebagai berikut.

Cara Mencolek di FB

Cara Mencolek Teman di Facebook

Cara menggunakan fitur colek di Facebook adalah dengan membuka halaman colek di https://www.facebook.com/pokes. Kemudian pilih orang yang ingin Anda balas colek atau akan Anda colek.

Anda bisa juga mencari orang yang ingin Anda colek melalui kolom pencarian dengan mengetikkan nama. Dengan begitu Anda dapat mencolek siapapun.

Setelah mengetahui cara mencolek orang lain di Facebook, sekarang Anda dapat membaca fungsi colek di Facebook sebagai berikut.

Fungsi Colek di Facebook

1. Berkenalan dengan Orang Baru

Pernahkah Anda bertemu dengan profil seseorang di Facebook dan Anda ingin menjalin pertemanan dengannya namun Anda bingung bagaimana cara memulainya? Nah, dengan danya fitur colek ini Anda bisa menggunakan kemudahannya.

Anda bisa memulainya dengan mencolek seseorang yang ingin Anda jalin persaudaraan, kemungkinan besar nantinya seseorang tersebut akan bingung ada seseorang yang tidak dia kenal mencolek.

Apabila seseorang yang ingin Anda jalin pertemanan tadi merespon, biasanya akan menanyai maksud dari Anda mencolek. Anda tinggal bilang saja sesuai yang Anda mau yaitu menjalin pertemanan.

Namun, jangan sampai Anda menggunakan kata-kata yang menyinggung karena bisa menjadi hal yang fatal.

Sebab, bukannya menambah pertemanan tetapi malah menambah musuhmu di dunia maya.

Baca juga: Cara Ganti Nama Facebook Lite HP

2. Mengingatkan Teman Lama Terhadap Anda

Jika Anda sudah berumur dan sudah mempunyai kehidupan yang lebih dewasa, biasanya seorang teman di masa lalu juga mempunyai kehidupan seperti itu. Kemungkinan besar jalinan pertemanan akan sedikit mengendur karena terhalang oleh kesibukan masing-masing.

Nah, apabila Anda ingin menjalin komunikasi dengan teman lamamu tetapi dengan cara yang tidak biasa supaya dia penasaran, Anda bisa menggunakan fasilitas dari Facebook yang bernama colek ini.

Dengan mencolek teman lama tersebut, kemungkinan teman yang Anda colek akan berpikir siapa yang sudah mencoleknya dan apabila dia tidak berpikir masa bodo pasti Ia akan mengingat-ingat siapa Anda.

Apabila temanmu ingat dan memulai percakapan entah bertanya maksud dan Anda siapa, Anda bisa mengingatkannya kembali.

Dengan cara tersebut, Anda bisa mendapatkan komunikasi kembali dengan cara unik dan lucu sehingga sulit untuk membuat orang lain lupa mengenai tingkahmu dan juga Anda sendiri.

3. Mendapatkan Perhatian Gebetan

Terkadang orang sekarang sedikit malu dan bingung untuk bisa mendekati seseorang, padahal banyak sekali kemudahan untuk bisa mendapatkan hal tersebut apalagi dalam mendapatkan perhatiannya, banyak fasilitasnya.

Salah satu fasilitasnya yaitu dengan menggunakan fitur yang ada di Facebook ini. Dengan mencoleknya, kemungkinan gebetan atau orang yang Anda suka akan mencari tau siapa orang yang sedang mencoleknya.

Jika Anda beruntung, dia akan merespon colekan tersebut entah dalam bentuk seperti colekan balik, chatting, maupun yang lainnya.

Hal itu merupakan salah satu cara pertama untuk bisa mendapatkan perhatiannya.

Namun, fitur yang satu ini sangat kurang bagus apabila orang yang Anda colek mempunyai sifat yang pemarah atau yang suka berpikir negatif, karena bisa jadi apabila Anda colek malah dia akan menganggap Anda orang yang tidak baik.

Baca juga: Cara agar Status Facebook Banyak yang Like

4. Membuat Hati Pasangan Bahagia

Di dunia ini banyak sekali hal yang terjadi, salah satunya ada juga orang yang bekerja jauh dari keluarganya karena untuk menghidupi keluarganya itu sendiri.

Banyak sekali tantangan bagi orang yang sudah berkeluarga namun terpisahkan oleh jarak karena sedang bekerja.

Salah satu tantangannya yaitu menjadi kurang mendapatkan kasih sayang secara maksimal.

Namun, di zaman sekarang sepertinya semuanya sudah sangat mudah berkat adanya kecanggihan teknologi.

Cara membuat pasangan bahagia walaupun terpisah jarak karena bekerja sebenarnya banyak caranya, salah satunya yaitu dengan menggunakan rayuan romantis atau dengan sebuah tindakan untuk pasangan.

Seperti dengan mencoleknya di Facebook, kemungkinan rasa bahagia akan muncul karena tingkahmu yang sedikit lucu.

Anda bisa melakukannya dengan mencoleknya terlebih dahulu lewat Facebook kemudian berikan alasan-alasan rayuan yang mampu membuat hatinya senang.

Dibalik sebuah fitur colek yang ada di Facebook yang sering diremehkan oleh sebagian besar pengguna Facebook, ternyata mempunyai banyak fungsi yang bisa digali lebih dalam lagi jika seseorang ingin lebih kreatif dalam menggunakan fiturnya.

Beberapa di antaranya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yang bisa digunakan untuk apa saja untuk bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan seseorang dengan mudah.

Nah, apakah Anda berkeinginan menggunakan dan mengeksploitasi fitur colek dari Facebook tersebut?

Jika iya dan Anda mempunyai fungsi yang lainnya mungkin Anda bisa sharing dengan teman yang lainnya di bawah ini.

Itulah artikel mengenai fungsi colek di Facebook yang jarang diketahui.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang menginginkan hal baru dalam menjalin komunikasi lewat sosial media di zaman sekarang.


Artikel Terkait:

Share:
Photo of author

Ahmad Fauzan

Penulis, editor, dan tech enthusiast. Telah berpengalaman dalam bidang menulis dan web development sejak tahun 2013.

Tinggalkan komentar