Contoh Doa Pembukaan Ibadah

Ngeneki.com – Ketika memulai ibadah, sudah sewajarnya jika terlebuh dahulu membacakan doa pembukaan ibadah. Hal ini sangat penting dan sebaiknya perlu diutamakan oleh kita sebagai jemaat yang taat.

Dengan pembacaan doa yang benar  maka kehadiran roh kudus akan turut menyertai hingga jalannya ibadah berlangsung lebih khidmat. Selain itu, pembacaan doa pun menjadi keinginan Tuhan sendiri untuk kita jalankan sebagai hamba yang taat.

Meskipun kita sebagai jemaat ingin memenuhi keinginan tuhan tersebut, tapi adakalanya kita beberapa orang Kristen atau katolik merasa kebingungan dan kesulitan untuk membacakan doa pembuka ibadah.

Artikel ini mungkin akan berguna bagi Anda yang ingin memenuhi keinginan Tuhan ataupun memiliki tugas karena ditunjuk sebagai pembaca doa atau kata pembuka ibadah kristen baik pada acara ibadah gereja, ibadah keluarga, ibadah pemuda gereja, ibadah sekolah minggu, ibadah wanita/ibu, atau ibadah lainnya.

Baca juga: Doa Ulang Tahun Kristen untuk Anak dan Remaja

Doa pembukaan ibadah bisa diambil dari ayat-ayat Alkitab. Namun, jika anda kesulitan untuk menyusun doa pembuka dari ayat Alkitab, berikut ini telah disiapkan doa pembukaan ibadah keluarga kristen protestan, katolik, pemuda gereja, sekolah minggu, atau ibadah gereja lainnya.

Contoh 1 (doa pembuka ibadah Gereja yang mudah diucapkan)

Terima kasih Bapak kami yang ada di Sorga, yang tidak akan pernah lupa mengasihi dan menyertai kami sepanjang waktu. Bapak, pada hari ini kami mengucap syukur atas segala berkat dan karunia yang telah Kau berikan.

Serta tidak lupa juga kami mengucap syukur atas pertolongan yang Engkau berikan, sehingga saat ini kami bisa berkumpul dalam keadaan sehat di tempat ini.

Kami sadar, kami tidak dapat mengungkapkan betapa besar kasih yang telah Tuhan berikan kepada kami selain hanya melalui pujian dan penyembahan yang kami berikan pada hari ini.

Bapak, biarkanlah pada hari ini kami boleh berkeman dihadapan Kau, serta dapat menjadi terang bagi yang lain diluar sana. Bapak, berkatilah seluruh pelayan yang membantu melayani ibadah pada hari ini mulai dari pemain musik, singers, worship leader, hingga penerima tamu yang bertugas di depan. Biarlah ibadah yang kami lakukan pada hari ini berjalan dengan lancar sehingga tak ada hambatan dari awal hingga akhir acara.

Tidak lupa juga, kami mohon sertailah dan bimbinglah kami selalu Tuhan. Agar kami tetap dapat menjalankan seluruh kewajiban setiap hari dengan sebaik mungkin. Bagi saudara-saudara lain yang sedang menuju tempat ini, sertailah mereka dan berkatilah kami semua. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus yang menjadi juru selamat kami, kami ingin memulai ibadah hari ini.

Haleluya, Amin.

Contoh 2 (contoh doa pembukaan ibadah wanita/ibu)

Ya Tuhan, kami jemaatMu berkumpul disini pada saat ini untuk memulai ibadah kami di hari ini. Kami mohon agar Engkau memberikan penyertaan dan berkat pada jalannya ibadah hari ini, dari awal, pertengahan, hingga akhir ibadah. Biarlah hanya namaMu yang dimuliakan. Dan diagungkan dalam jalannya ibadah kami. Serta biarlah Roh Kudus yang memimpin kami untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keinginan dan kehendakMu. Terima kasih Tuhan untuk penyertaan dan berkatMu selama berlangsungnya ibadah kami ini, Haleluya, Amin.

Contoh 3 (doa pembukaan ibadah pemuda singkat)

Ya Bapa, saat ini kami anakMu sedang berdoa memohon kasih serta karuniaMu supaya Engkau hadir disini di tengah-tengah kami. Kami yang akan memulai ibadah pada hari ini, berserah dan berpasrah dalam tanganMu, supaya Engkau memberikan penyertaan dan hikmat serta berkatMu melalui ibadah yang kami lakukan pada hari ini. Terima kasih Bapak, kiranya hanya kasih setiaMu lah yang senantiasa menyertai kami mulai dari hari ini hingga hari berikutnya dan selama-lamanya. Amin.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Untuk Hari Kenaikan Isa Almasih

Contoh 4 (contoh doa pembukaan ibadah rumah tangga kristen protestan)

Tuhan Yesus, kami saat ini berdoa dan memohon akan kasih serta karuniaMu untuk hadir ditengah-tengah kami. Bilamana saat ini kami sedang hendak mulai beribadah, kiranya Engkau senantiasa memberikan penyertaan dalam ibadah kami ini, sehingga hari kami hanya tertuju padaMu. Bawalah kami untuk mengerti dan memahami FirmanMu, dan biarkan hati kami terbuka untuk menerima dan menjalankan perintahMu. Terima kasih Tuhan, hanya di dalam namaMu lah kami senantiasa berdoa, Amin.

Contoh 5 (contoh doa pembukaan ibadah katolik)

Terpujilah Engkau ya Tuhan Allah, Kau yang selalu hadir, berkarya, dalam setiap detik kehidupan kami umat manusia. Pada hari ini dengan penuh ucap syukur kami datang menghadap hadiratMu seraya mengingatakan segala kebaikan yang telah Engkau anugerahkan kepada kami umatMu. Kami menyadari bahwa hafirnya kami sampai pada saat ini adalah merupakan suatu anugerah yang terindah dan teristimewa lagi selama nafas kehidupan masih kami miliki. Sebagai wujud ungkapan terima kasih kami padaMu, saat ini kami hendak memuji dan memuliakan Engkau lewat perkumpulan ibadah yang terbentuk saat ini. Dalam persekutuan ini, kami mohon biarkanlah Engkau hadir menyertai kami sebagaimana Engkau menyertai hari-hari kami. Agar persekutuan ibadah ini benar-benar terlaksana dengan baik dan mewarnai hidup kami. Dan biarkanlah persekutuan ini berada dalam nama Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus, Amin.

Makna dan Arti Berdoa Sebelum Ibadah

Selain merupakan keinginan Tuhan yang sebaiknya kita penuhi sebagai umatnya, membaca doa pembukaan ibadah tentu saja memiliki beberapa poin peranan penting lain.

Pertama, pembacaan doa pembuka ini tujuannya untuk memohon penyertaan Tuhan dalam setiap ibadah yang kita lakukan agar dapat membawa jemaat berada di dalam hadirat Tuhan sepenuhnya.

Kemudian poin kedua, pembacaan doa pembukaan sebelum ibadah adalah untuk memastikan bahwa firman Allah dapat tersampaikan dengan hikmat dan secara maksimal.

Terakhir, pembacaan doa pembuka ini maknanya yaitu agar jalannya setiap ibadah sesuai dengan kehendak Tuhan dan senantiasa disertai oleh Roh Kudus yang mampu mengurapi Alkitab agar siapa saja setiap umat yang mengikuti ibadah pada saat itu dapat dijamah oleh kasih Allah.

Baca juga: Ucapan Selamat Hari Minggu untuk Umum dan Orang Kristen

Tanpa adanya pembacaan doa untuk pembukaan ibadah, maka cara memimpin ibadah bagi umat kristen protestan dan katolik nantinya bisa menjadi tidak sesuai dengan kehendak dan keinginan Allah.

Oleh karena itu, pembacaan doa sebelum melakukan ibadah ini menjadi unsur dan poin penting yang sudah seharusnya tidak dilupakan dan dilewati oleh umat kristen sebelum melakukan ibadah.

Demikian beberapa contoh doa untuk pembukaan ibadah yang singkat, sederhana, serta mudah diucapkan lengkap dengan pembahasan singkat mengenai makna dan arti pembacaan doa sebelum ibadah.

Perlu Anda pahami bahwa membacakan doa pembukaan ibadah juga sudah termasuk pada bentuk-bentuk pelayanan di gereja, karena dengan pembacaan doa diawal ini, Tuhan Yesus akan hadir ditengah-tengah kita ketika beribadah.

Oleh karenanya, jangan lupa ya untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum beribadah. Sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba membacakan doa pembukanya ya!

Tinggalkan komentar