Upaya Pencegahan dan Dampak dari Disintegrasi Bangsa Indonesia

Upaya Pencegahan dan Dampak Disintegrasi – Keutuhan sebuah bangsa merupakan tugas wajib bagi seluruh warga negara Indonesia supaya dapat tetap menciptakan keadaan yang nyaman, tentram, dan pastinya berjalan sesuai dengan keinginan bersama yaitu harmoni.

Namun, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa seringkali terjadi sebuah kejadian yang mampu meruntuhkan keutuhan sebuah bangsa yang pastinya akan menimbulkan berbagai perpecahan didalamnya.

Banyak sekali upaya-upaya yang merongrong pondasi keutuhan sebuah bangsa entah dari luar negeri maupun dari dalam negeri kita sendiri seperti yang sudah pernah terjadi di masa lalu yang pastinya sangat mengkhawatirkan keadaannya.

Disintegrasi
Kita semua sudah tau bahwa keutuhan sebuah negara adalah hal yang terpenting di atas apapun karena jika keutuhan sudah dicerai berai, maka sangat mungkin musuh akan dapat memanfaatkan keadaan tersebut dan membuat kita kembali ke masa lalu yaitu dijajah.
Jika dulunya kita dijajah dengan cara fisik alias peperangan, tapi di masa sekarang banyak sekali upaya-upaya yang mampu membuat keutuhan sebuah bangsa menjadi terancam walaupun tanpa kekerasan fisik sekalipun.
Saat kamu duduk di bangku sekolah pastinya sudah mengenal kata Integrasi dan Disintegrasi bukan? Nah, apakah kamu sudah mengetahui apa itu dan bagaimana upaya pencegahan dan dampaknya apabila sebuah bangsa mengalami disintegrasi? Apabila belum, kamu bisa mengetahuinya dengan membaca artikel secara lengkap hingga akhir.

Apasih Integrasi dan Disintegrasi itu?

Seperti yang sudah kamu baca sebelumnya bahwa Integrasi Nasional merupakan sebuah faktor yang sangat penting dipertahankan oleh Bangsa Indonesia supaya tidak terjadi hal-hal yang mampu membuat perpecahan baik masyarakat, kelompok, maupun instansi terkait.
Kemudian apasih Disintegrasi itu? Jika integrasi merupakan persatuan, maka disintegrasi merupakan sebuah keadaan yang membuat keadaan sebuah Bangsa menjadi terurai berai alias hilangnya rasa persatuan yang dapat menyebabkan sebuah perpecahan.

Bagaimana upaya pencegahan agar tidak terjadi Disintegrasi?

Sebenarnya sudah banyak sekali upaya yang bisa dilakukan supaya tidak terjadi yang namanya disintegrasi Bangsa Indonesia, terlebih lagi pada saat ini sudah banyaknya orang-orang yang mampu membuat sebuah cara terbaik.
Upaya yang bisa dilakukan seperti dibawah ini :

1. Penegasan hukum kembali

Seperti yang kita tau, banyak sekali godaan dalam menegakkan hukum secara maksimal di negara ini entah karena kurang tegasnya para penegak hukum maupun adanya oknum-oknum tertentu yang membuat keadaan hukum menjadi terpuruk.
Banyak sekali masyarakat yang menyesalkan dan mempertanyakan ketegasan hukum disebuah negara, ada yang beropini bahwa hukum hanya tumpulke atas dan tajam kebawah, ada juga yang bilang hukum hanya untuk orang miskin saja.
Semua itu seharusnya harus menjadi sebuah sorotan tersendiri bagi para penegak hukum untuk bisa mengembalikan kembali kredibilitas hukum di sebuah negara.
Dengan upaya mengembalikan ketegasan hukum ini, pastinya masyarakat akan yakin dengan pemerintah yang dapat mengurangi terjadinya disintegrasi nasional.

2. Selalu menjunjung keadilan diatas segalanya

Hampir sama dengan poin nomor satu yang harus mengedepankan kepentingan nasional daripada kepentingan kelompok atau personal tertentu, karena sama saja mengorbankan kepercayaan masyarakat.
Dengan memberikan rasa keadilan yang tinggi kepada semua warga negara yang bisa diterima oleh semua orang, pastinya kata disintegrasi Bangsa Indonesia tidak akan pernah terdengar kembali karena rakyatnya sudah bersatu dan saling memercayai.

3. Peningkatan rasa nasionalisme

Rasa nasionalisme personal merupakan faktor yang paling menentukan apakah disintegrasi sebuah bangsa akan terjadi atau tidak. Jika, rasa nasionalisme didalam diri warga negara sudah hilang pasti keadaan negara sudah berada diambang kehancuran.
Melihat tersebut, sudah sebaiknya kita harus bisa mengupayakan bahwa setiap individu yang ada di negara tersebut harus mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi supaya disintegrasi sebuah bangsa tidak akan pernah terjadi.
Dengan mengetahui beberapa upaya diatas pastinya keadaan disintegrasi Bangsa Indonesia tidak akan pernah terjadi selama upaya itu berhasil diterapan dalam lingkungan masyarakat dan masyarakat menerima hal tersebut.

Apa dampak jika disintegrasi Bangsa Indonesia terjadi?

Apabila disintegrasi sebuah bangsa sudah terjadi, bisa dikatakan bangsa tersebut sudah akan menjadi cerita belaka apabila pemerintah tidak mampu memberikan solusi terbaik untuk masyarakatnya.
Dampak apabila pemerintah sudah tidak sanggup mengatasi disintegrasi bangsa ini pastinya akan sangat banyak, mulai dari dampak kecil hingga dampak besar. Jika melihat dari sisi positif maupun negatifnya pastinya disintegrasi ini kebanyakan hanya ada negatifnya.
Dampaknya seperti berikut.

1. Perpecahan di antara masyarakat

Disintegrasi tahap awal kemungkinan besar akan menyerang masyarakat terlebih dahulu, mulai dari perbedaan pendapat yang mampu membuat golongan-golongan di dalam masyarakat menjadi terpecah.
Mulai dari kurangnya rasa perhatian antar masyarakat dan sikap yang acuh tak acuh bahkan saling menjatuhkan didalam masyarakat merupakan dampak awal yang akan terjadi apabila disintegrasi sudah mulai terjadi.

2. Pemisahan diri dari NKRI

Dampak dari disintegrasi yang cukup serius yaitu adanya muncul gerakan yang menyebabkan munculnya keinginan untuk memisahkan dari NKRI. Seperti yang pernah dialami di masa lalu sejarah Indonesia.

3. Mudahnya dijajah oleh asing

Disintegrasi sebuah bangsa pasti akan membuat banyak celah yang mampu digunakan oleh pihak asing untuk memanfaatkan kejadian ini. Entah untuk mengambil kekayaannya ataupun hal lain yang merugikan Bangsa Indonesia.
Karena jika disitegrasi sudah terjadi dan masyarakat hidup sendiri-sendiri tanpa adanya rasa nasionalisme pastinya akan sangat mudah untuk dipengaruhi bahkan bisa membuat Bangsa Indonesia mengalami kejadian kelam yang pernah dirasakan di masa lalu yaitu penjajahan.
Itulah artikel mengenai upaya pencegahan dan dampak dari disintegrasi bangsa indonesia. Semoga adanya artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan menambah rasa nasionalisme-mu kembali terhadap Bangsa Indonesia.
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar