Contoh Desain Spanduk Caleg Keren dan Kekinian

Contoh desain spanduk caleg keren dan kekinian bermanfaat bagi Anda yang mencari contoh spanduk caleg. Tersedia juga background caleg kosong dan tips membuat spanduk caleg yang keren.


Ngeneki – Spanduk caleg akan sering Anda lihat pada tahun-tahun politik, salah satunya pada tahun 2019 kemarin di mana ada pemilihan kepala daerah hingga presiden secara serentak.

Dengan adanya peristiwa seperti itu, mereka pemilik partai dan orang-orang yang sedang mencalonkan diri akan mencari dukungan dengan berbagai cara, tak terkecuali dengan beriklan dalam bentuk spanduk.

Sementara, spanduk sendiri adalah media yang hingga saat ini cukup efektif untuk mereka gunakan dalam beriklan karena ketersediannya yang sangat banyak dan dapat menjangkau banyak orang, terutama orang yang sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, banyak para desainer, pemilik jasa pembuatan spanduk, dan mereka yang terlibat dalam promosi sebuah calon akan mencari contoh desain spanduk caleg yang keren.

Sebab, tidak semua desain spanduk yang sedang bertebaran menarik perhatian dari masyarakat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Background Foto Otomatis Secara Online

Jika Anda adalah pemilik bisnis pembuatan spanduk, desainer, politikus, dan orang-orang yang akan terlibat di tahun politik maka Anda perlu melihat contoh spanduk caleg keren seperti berikut.

Contoh Spanduk Caleg

Berikut adalah contoh spanduk caleg dengan ukuran vertikal dan horizontal.

Desain Spanduk Caleg Keren

Contoh Spanduk Caleg Keren

Spanduk Caleg Keren Horizontal

Spanduk Caleg Keren
Spanduk Caleg Keren

Background Caleg Kosong

Background Caleg Kosong
Latar Belakang Caleg Kosong
Background Caleg Kosong Horizontal
Background Caleg Kosong Horizontal

Baca juga: Cara Membuat Foto Ukuran 3×4

Tips Membuat Desain Spanduk Caleg

Berikut beberapa aspek yang sebaiknya anda perhatikan dalam membuat spanduk untuk mencari dukungan dengan mengikuti tren desain masa kini.

1. Gaya

Style desain yang keren untuk saat ini adalah desain yang sederhana alias tidak terlalu banyak objek tambahan yang sebenarnya tidak perlu.

Dengan model yang simpel maksudnya tidak teralu banyak objek atau aksen yang menghiasi spanduk akan lebih enak dipandang oleh mata.

Selain itu orang yang melihat juga akan lebih fokus ke arti penyampain dari pembuatan spanduk, bukan kepada objek yang sebenarnya tidak penting.

Untuk itu saya sarankan untuk mencari inspirasi gaya desain dari hal-hal lain yang bukan spanduk agar tidak terkesan biasa saja, kuno, bahkan sama dengan desain spanduk lainnya.

2. Warna

Gunakan kombinasi warna yang bagus.

Cara memilih warna ini tidak bisa dianggap remeh, karena perannya sangat penting.

Lebih baik anda menggunakan warna yang tidak terlalu banyak dan cocok saja daripada menggunakan berbagai warna sehingga terlihat colorful tetapi malah terkesan jelek atau norak.

Untuk memilih warna anda bisa mengambil dari warna logo parta, baju model yang digunakan, tema, dan lain sebagainya.

Jangan gunakan warna yang terlalu tajam agar spanduk nyaman untuk dilihat. Pilihlah warna yang berkesan lebut atau halus meski warna dasarnya adalah warna yang mencolok.

Baca juga: Cara Mengatasi Adobe Installer Error

3. Jenis font

Ini adalah salah satu yang terpenting dalam aspek desain. Entah itu desain spanduk, banner, ataupun untuk berbagai kebutuhan desain yang lainnya.

Pastikan anda menggunakan jenis huruf yang mudah untuk dibaca.

Tidak usah menggunakan huruf yang terkesan norak digaya-gayakan karena fungsi utama tulisan dalam spanduk adalah untuk dibaca bukan untuk diapresisiasi dari segi seni.

4. Objek dan penempatan

Gunakan objek yang secukupnya saja, tidak sudah terlalu banyak.

Kebanyakkan dari desain spanduk biasanya memang menempatkan objek terlalu over, mungkin dengan tujuan agar terlihat keren dan menarik. Tetapi untuk saat ini menurut saya salah.

Bahkan background kosong warna putih lalu hanya diberi nama caleg itu saja menurut saya akan jauh lebih keren dan fungsional.

Selain itu juga menarik karena sangat uni dan berbeda dari yang lain. Inilah yang sebenarnya dibutuhkan.

Selain itu perhatikan penempatan juga. Maksud saya di sini letakkan nama, kata-kata, logo, dan lain-lain di tempat yang pas. Jangan sampai terlalu keminggiran atau lain-lain yang membuat desain terkesan jelek.

Kesimpulan

Desain spanduk memang seharusnya sudah berbenah menyesuaikan zaman.

Jika menggunakan model yang begitu-begitu saja saya rasa bakalan terlihat kuno, seperti yang kita lihat di luar sana.

Oleh karena itu saya sarankan anda para tukang desain untuk membuat semenarik mungkin, sesimpel mungkin, mengutamakan fungsi, bahkan kalau bisa yang bisa membingungkan dan dibicarakan banyak orang.

Mungkin sekian dulu deh artikel saya kali ini mengenai contoh desain spanduk untuk calge politik dan sedikit tips dalam membuatnya.

Setelah membaca ini saya harapkan anda terutama yang bertugas menjadi desainer lebih berhati-hati dan bisa berinovasi guna membuat sebuah karya yang kekinian.

Terutama untuk anak muda, karena generasi saat ini sudah semakin paham terhadap dunia desain dan visual.

Maka bukan tidak mungkin dari gaya desain yang kekinian juga bisa mendapat dukungan lebih dari kaum pemuda.


Artikel Terkait:

Share:
Photo of author

Ahmad Fauzan

Penulis, editor, dan tech enthusiast. Telah berpengalaman dalam bidang menulis dan web development sejak tahun 2013.

Tinggalkan komentar

close