Contoh Undangan Tasmiyah dan Kalimat Tasmiyah

Mengerti contoh undangan tasmiyah, klimat tasmiyah, walimatul ursy, dan aqiqah sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat undangan tasmiyah.


Tasmiyah sekaligus aqiqah merupakan salah satu ajaran agama Islam untuk bayi yang baru lahir.

Kita juga dapat mengartikan tasmiyah merupakan acara yang orang selenggarakan untuk memperingati kelahiran bayi. Ada juga orang yang menyebut dengan tasyakuran.

Lalu tidak berbeda dengan yang lainnya, sebuah acara umumnya memerlukan sebuah undangan untuk menyelenggarakan serta memberitahukan kepada orang-orang yang akan menjadi undangan.

Seperti itu juga yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat acara tasmiyah atau aqiqoh.

Namun yang perlu Anda ketahui, dalam membuat sebuah undangan tasmiyah memang tidak bisa sembarangan.

Apalagi undangan tasmiyah sifatnya nonformal, tidak ada aturan baku tetapi harus Anda buat dengan format yang bagus.

Baca juga: Contoh Surat Undangan Wali Murid

Jika Anda mencari contoh undangan tasmiyah dan kalimat tasmiyah Anda dapat membaca lebih lanjut sebagai berikut.

Contoh Undangan Tasmiyah

Bandung, Desember 2020

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Dengan memohon rahmat dan keridhoan Alloh Swt. izinkanlah kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i, Untuk dapat hadir dan memberikan do’a dalam acara tasmiyah Putera pertama kami yang Alhamdulillah telah diberi nama :

Arqi Putera Ardiana

Insya Allah acara akan dilaksanakan pada :

Hari/Tgl : Minggu, 8 Desember 2020

Jam : 11.00 WIB

Tempat : Rumah Keluarga Wardi Ardiana

Jl. Setiabudi No. 19, Bandung

Suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, jika Bapak/Ibu/Saudara/I berkenan hadir memenuhi undangan kami. Atas kehadiran dan do’anya, kami sampaikan banyak terimakasih.

Wassalaamu’alakum Warohmatullahi Wabarokatuh

Hormat Kami,

Bapak Wardi Ardiana dan Ibu Ismi Hapsari

Baca juga: Contoh Proposal 17 Agustus (Memperingati Kemerdekaan)

Contoh Membuat Undangan Tasmiyah

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa undangan tasmiyah termasuk undangan nonformal yang tidak membutuhkan kop surat nomor surat serta lampiran atau tembusan.

Meski begitu, tetap saja isi dan bentuknya harus sopan dan tidak berlebihan. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

1. Cover Undangan Tasmiyah

Kemudian untuk membuatnya, bisa memulai dengan membuat cover atau bagian depan surat. Bagian ini berisi judul serta perihal undangan. Tak lupa nama tamu yang di undang juga di tulis pada bagian ini.

Setelah itu memasukkan nama yang Anda undang, Anda bisa menyertakan nama keluarga terkait. Pastikan melipat undangan tasmiyah dengan benar sehingga cover berada di depan.

Pada bagian cover Anda bisa membuat desain dengan menarik agar saat orang membacanya akan lebih tertarik dan membaca isi undangan sampai selesai.

Anda dapat memasukkan bingkai undangan tasmiyah agar terlihat lebih menarik. Anda dapat melihat contoh undangan tasmiyah yang menurut Anda memiliki cover yang sangat unik.

2. Isi Undangan Tasmiyah

Setelah berhasil membuat cover yang menurut Anda bagus, berikutnya buatlah isi undangan. Setiap isi undangan terdiri dari tiga bagian yaitu paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup.

Paragraf pembuka berisi kata ucapan pengantar seperti salam. Salam tersebut pastinya harus kalimat “Assalamu’alaikum Wr.Wb” karena isinya acara yang berhubungan dengan islam. Kalimat salam tersebut lebih resmi dan sopan diucapkan pada berbagai kalangan di masyarakat.

Pada kalimat pembuka Anda bisa mencantumkan kalimat sambutan mengenai kelahiran anak atau kebahagiaan yang meyelimuti keluarga.

Lalu pada paragraf isi harus mengandung informasi detail mengenai alamat dan waktu acara.

Selain itu, pada bagian isi Anda harus mencantumkan nama anak serta orang tuanya lengkap dengan tanggal lahir sang anak. Pada bagian ini juga tuliskan kalimat berupa ajakan untuk mengahadiri acara tersebut.

Terakhir pada bagian paragraf penutup harus berisi rangkaian dari kata salam penutup serta ucapan terimakasih. Isi kalimat penutup undangan walimatul ursy dan aqiqah umumnya sama.

Anda bisa melihat contoh undangan tasmiyah bagian penutupnya, yaitu : “Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian undangan ini. Atas perhatian dan kesedian bapak/ibu untuk hadir dalam acara kami, kami sampaikan terima kasih.”

Hal yang paling utama untuk Anda lihat dalam contoh undangan tasmiyah ialah desainnya. Sebab, untuk isinya mungkin akan tidak jauh berbeda dengan undangan lainnya.

3. Desain Undangan Tasmiyah

Kemudian untuk desainnya, Anda bisa download bingkai undangan tasmiyahan agar undangan lebih unik. Sebaiknya kombinasikan desain yang Anda buat dari Photoshop atau CorelDRAW kemudian memasukkan ke dalam file Microsoft Word.

Dengan begitu, undangan tasmiyah yang Anda buat akan lebih kreatif dan menarik bagi tamu undangan. Agar lebih jelas lagi, Anda bisa download undangan walimatul asma word yang memuat contoh undangan tasmiyah dengan sangat detail.

Mungkin undangan dari Anda juga akan mereka abadikan lalu menjadi contoh untuk membuat undangan lainnya.

Contoh undangan tasmiyah di atas cukup sederhana dan juga ringkas. Undangannya mungkin tidak akan terlalu lebar dan besar. Bisa saja ukurannya hanya 20 cm x 15 cm.

Jika ingin lengkap lagi, Anda bisa menambahkan kalimat lainnya sehingga lebih terlihat padat berisi.

Namun, jangan lupa untuk tidak memasukkan kata atau kalimat yang tidak perlu. Tuliskan kata atau kalimat yang perlu saja.

Karena, nantinya isi undangan akan terkesan rancu dan tidak penting. Sehingga pembaca undangan tersebut akan merasa bosan atau bahkan tidak ingin membaca undangan tersebut.

Jadi, pastikan isinya berbobot dan tidak membosankan. Agar lebih menarik lagi, sesuaikan tema undangan dengan tema acaranya nanti.

Baca juga: Contoh Surat Perdamaian Kecelakaan

Penutup

Di atas adalah contoh undangan tasmiyah, termasuk kalimat tasmiyah yang baik dan benar serta contoh dalam pembuatan undangan tasmiyah.

Dapat kita simpulkan bahwa membuat undangan tasmiyah sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi jika Anda ingin mencetak undangan tersebut di percetakan.

Selain Anda dapat melihat contoh undangan tasmiyah di atas, umumnya percetakan juga memiliki template lain terkait contoh kalimat yang dapat Anda gunakan dalam undangan.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.


Artikel Terkait:

Share:
Photo of author

Dimas Yoga

Memiliki keterampilan menulis sejak SMA. Topik yang paling diminati adalah edukasi. Mempunyai pengalaman dalam mengajar. Sedang menjalankan studi S1 di jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia.

Tinggalkan komentar

close