Cara Render After Effect 2020

Deskripsi: Cara Render After Effect 2020. Cara Mempercepat Render After Effect. Cara Render di Adobe After Effect yang Benar.


Adobe After Effect adalah salah satu aplikasi editor video terpopuler yang biasa digunakan oleh para content creator karena memiliki segudang fitur yang sangat keren.

Selain banyak fitur, mengedit video di After Effect juga sangat mudah, akan tetapi tidak semua orang mengerti bagaimana cara untuk melakukan rendering video yang benar.

Oleh sebab itu pada artikel ini saya akan menjelaskan step-by-step untuk melakukan render video beserta cara mempercepat proses render di aplikasi tersebut.

Cara Render After Effect 2020

1. Membuka project video yang sudah dibuat

Sebelum merender pastikan videomu sudah fix dulu supaya tidak perlu mengulangi tahapannya kembali.

Pastikan juga durasi project videonya sudah berada di titik awal supaya lebih memudahkan dalam proses rendering.

2. Masuk ke menu render

Setelah proses sebelumnya berhasil, kamu langsung pilih saja menu Composition yang berada di pojok kiri atas. Setelah kamu klik nantinya akan ada beberapa pilihan, pilih saja yang bertuliskan Add to Render Queue.

Setelah kamu klik nantinya akan muncul tab baru, nah disitulah nanti kamu akan mensetting bentuk renderingnya.

3. Setting Output Module

Setelah masuk kedalam tab baru, nantinya kamu akan disuguhkan beberapa settingan.

Langsung cari saja yang bertuliskan Output Module, kemudian disampingnya akan ada tulisan Lossless berwarna oranye, langsung klik saja dan nantinya akan muncul popup lagi.

Nah, pop up ini berisi settingan yang bisa kamu setting sesuai yang kamu mau.

Untuk settingan standar yang sering digunakan oleh para editor pemula, kamu bisa menggunakan format video H.264 yang jika dibahasakan biasa berarti .mp4.

Kemudian dibagian bawah ada yang bertuliskan Audio Output, nah klik saja kotaknya atau cek list saja. Setelah semua sudah kamu setting, kamu tinggal klik OK pada bagian paling bawah.

output module

4. Setting tempat penyimpanan

Setelah kamu sudah mensetting Output Modulenya, kamu tinggal menentukan tempat mana yang ingin kamu simpan video akhirnya. Caranya sangatlah mudah, kamu tinggal klik pada bagian Output To yang bersebelahan dengan tab Output Module tadi.

Klik yang bertuliskan namavideo.mp4 (sesuai dengan projectmu) yang berwarna jingga atau oranye, nantinya akan muncul lokasinya, kamu tinggal pilih sesuai yang kamu mau dan pastikan penyimpanannya masih cukup.

5. Proses render

Apabila step-setep diatas sudah kamu lakukan dengan benar, sekarang saatnya memulai proses rendering dengan menekan tombol pada bagian bawah sebelah kanan.

Nantinya akan muncul pemberitahuan bahwa rendering sedang berjalan.

Setelah selesai dan proses rendering berhasil, kamu sudah bisa mengecek videonya di tempat yang sudah kamu tentukan tadi dan bisa memutar, membagikan, ataupun yang lainnya sesuka hatimu karena videonya sudah ter-export.

Cara Mempercepat Render After Effect

Proses rendering ini akan memakan sedikit waktu.

Lamanya waktu rendering tergantung dengan spesifikasi PC apa yang kamu gunakan, karena semakin tinggi spesifikasi yang dipunyai maka akan semakin cepat pula proses renderingnya.

Begitu pula apabila kamu menggunakan PC atau komputer dengan spesifikasi yang rendah, pastinya akan seidkit menyita waktu kamu terlebih lagi potensi lag atau hang juga sering terjadi karena seringkali tidak kuat dalam proses rendering.

Namun masih ada cara untuk bisa mempercepat proses rendering, yaitu:

1. Tidak membuka aplikasi lain pada PC untuk rendering

Membuka aplikasi lain saat melakukan rendering akan memperlambat kinerja PC, sehingga proses rendering akan semakin lama karena terbagi-bagi dalam menjalankan aplikasi.

Untuk membuatnya menjadi lebih cepat, usahakan kamu jangan membuka aplikasi lainnya apalagi aplikasi yang berat seperti Steam bagi kamu yang juga suka dengan gaming. Itu akan sangat menyita kinerja sebuah PC.

2. Merubah kecepatan PC menjadi optimum

Apabila kamu menggunakan laptop untuk melakukan rendering, sebaiknya kamu mensetting optimum kecepatan alias mode gaming karena akan mempercepat juga proses renderingnya, dibandingkan kamu menggunakana mode battery saver yang menurunkan kinerja CPU.

Melakukan rendering pada Adobe After Effect ini sebenarnya tidak terlalu sulit, namun mungkin karena stepnya yang sedikit panjang membuat orang awam atau pemula menjadi kebingungan sendiri.

Tetapi dengan artikel ini, kamu tidak perlu khawatir lagi karena kamu sudah faham bagaimana cara merender video pada Adobe After Effect dengan benar dan pastinya sesuai prosedur yang baik.

Itulah artikel mengenai cara render di adobe after effect. Semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat menjalankan aktifitasmu dengan lancar. Jangan lupa baca juga artikel tentang Desain dan Editing lainnya dari Ngeneki.com. Sekian dulu dari saya. Terima kasih.

Share on:

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

Tinggalkan komentar