Cara Overclock Android dan Graphic Card Komputer

Overclock Android dan Graphic Card

Ngeneki.com – Cara Overclock Android dan Graphic Card Komputer, Sebelumnya terima kasih telah berkunjung di blog ini dan pada kesempatan kali ini saya kan berbagi tips mengenai cara overclock yang bisa anda lakukan utuk Android dan Graphic Card di komputer.

Tutorial ini mungkin jarang dicari oleh sebagian besar orang, karena kemungkinan banyak yang tidak terlalu mengerti dan membutuhkan.

Tetapi tidak ada salahnya juga bagi saya ingin berbagi melalui artikel ini. Karena bukan tidak mungkin masih ada satu dua orang yang cukup membutuhkan.

Daripada terlalu banyak basa basi di sini, langsung saja silahkan kalian simak berikut ini mulai dari Overclock Android….

Overclock Android

Apakah perangkat Android kalian terasa lag saat bermain game atau apakah kalian hanya ingin meningkatkan kinerja perangkat kalian untuk fungsi tertentu.

Jika kalian tidak mendapatkan kinerja yang cepat dengan pengaturan default dari ponsel atau tablet kalian, kalian dapat dengan mudah melakukan overclock prosesor kalian, sehingga kalian dapat menjalankan game atau aplikasi berat dengan lancar.

Apa Itu Overclocking?

Overclocking berarti meningkatkan frekuensi maksimum yang dapat dijalankan prosesor kalian dan meningkatkan kinerja perangkat android kalian.

Jadi misalnya, jika CPU kalian berjalan pada 1,5 GHz, kalian dapat meningkatkannya hingga 1,8 GHz jika kalian mau.

Kalian juga dapat melakukan underclock perangkat kalian (mengurangi kecepatan clock maksimum) untuk menghemat masa pemakaian baterai.

Risiko dan Manfaat

Manfaat utama overclocking perangkat kalian  akan memiliki kinrja yang sangat cepat bahkan ketika kalian memiliki banyak program yang berjalan di latar belakang.

Overclocking akan membantu menghilangkan melambatnya kinerja perangkat kalian, namun, ini bukan tanpa risiko.

Pertama, ada kemungkinan kalian dapat merusak perangkat keras kalian.

Kurangnya kehati-hatian mungkin membuat CPU kalian menjadi overheat atau menjadi panas dan dengan demikian mengorbankan kinerja jangka panjang.

Selain itu, ketika perangkat kalian di-overclock, kalian pasti akan melihat peningkatan penggunaan daya baterai.

Namun kalian dapat mengatasinya dengan melakukan overclocking hanya ketika sangat di butuhkan untuk overlock saja.

Hal Yang Harus Kalian Lakukan Sebelum Overclocking

Sebelum kalian mencoba melakukan overclocking pada ponsel cerdas atau tablet Android kalian, persyaratan berikut harus dipenuhi:

  • Perangkat Android kalian harus di-root.
  • Pastikan baterai perangkat kalian terisi penuh atau setidaknya 80% terisi.
  • Buat backup data lengkap untuk perangkat kalian jika terjadi kesalahan.
  • Untuk melakukan overclock, kalian perlu mendownload aplikasi overclocking seperti SetCPU dari Google Play Store.

Cara Menggunakan SetCPU Untuk Overclock Perangkat Android Kalian

SetCPU adalah aplikasi yang sangat sederhana yang membantu kalian melakukan overclock atau underclock prosesor kalian dengan mudah.

SetCPu memiliki slider yang menunjukkan maksimum dan frekuensi. Kalian dapat mengatur CPU kalian sesuai dengan keinginan kalian.

Dapatkan aplikasi SetCPU dari Google Play Store. Harap dicatat bahwa ini adalah aplikasi berbayar dan akan dikenakan biaya $ 1,99 atau kalian bisa mencari crack version di Google.

Setelah diinstal, kalian dapat melanjutkan dengan instruksi berikut:

  • Buka aplikasi, gunakan pengaturan yang direkomendasikan dan berikan akses root.
  • Sekarang kalian harus memilih kecepatan clock speed dan minimum untuk prosesor kalian. Ingat ini tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Kalian juga dapat mencentang kotak “Set on Boot” jika kalian ingin SetCPU menerapkan batas kecepatan yang kalian pilih secara otomatis saat booting pada perangkat kalian.
  • Setelah kalian puas dengan clock speed, kalian dapat membuat profil sehingga kalian dapat mengatur waktu atau kondisi ketika SetCPU harus melakukan overclock atau underclock prosesor kalian.

Aplikasi SetCPU adalah rekomendasi pertama saya jika kalian ingin melakukan overclock atau underclock perangkat kalian.

Namun, jika itu tidak berhasil untuk perangkat kalian, maka kalian bisa menggunakan aplikasi lain untuk melakukan overclock pada perangkat kalian.

Seperti Aplikasi CPU Tuner, aplikasi yang sangat ringan dengan banyak ulasan bagus di google play store, CPU Tuner berfungsi sebagai penghemat baterai untuk memberi kalian kendali atas konsumsi daya perangkat kalian, tetapi dapat digunakan untuk melakukan overclock perangkat kalian pada saat yang sama selama kernel kalian mendukung.

Dengan aplikasi ini, kalian dapat memodifikasi frekuensi speed clock CPU kalian.

Overclock Graphics Card

Tidak banyak orang tahu cara melakukan overclock graphics card mereka, dan banyak orang lain hanya takut karena akan mengacaukan komputer mereka jika tidak dilakukan dengan benar.

Overclocking graphics card kalian umumnya merupakan proses yang aman dan tidak aka nada masalah jika kalian mengikuti langkah-langkah dengan tepat.

Sebelum itu bacalah seluruh panduan untuk mempelajari detail penting tentang overclocking, temukan perangkat lunak yang kalian butuhkan, dan untuk mengetahui langkah-langkah apa yang diperlukan untuk melakukan overclock kartu grafis kalian hingga potensi maksimalnya.

Kami akan memberika tips untuk melakukan overclocking graphics card. Langsung saja simak ulasan di bawah ini:

Software Untuk Overclocking

Untuk melakukan overclock graphics card, kalian akan membutuhkan dua buah software.

Pertama, kalian membutuhkan software yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan baru untuk GPU kalian.

Kedua, kalian akan membutuhkan program yang dapat menguji sistem kalian untuk memastikan pengaturan yang kalian gunakan stabil.

Kalian mungkin juga ingin mengunduh program ketiga opsional yang dapat memantau suhu GPU kalian. Kami menyarankan software overclocking di bawah ini:

  • Untuk software overclocking, kalian harus mengunduh MSI Afterburner dari MSI.com.
  • Untuk perangkat lunak pengujian stres, kalian harus mengunduh Heaven Benchmark.
  • Terakhir, jika kalian ingin monitor suhu dan tegangan ekstra, kalian dapat mengunduh GPU temp.

Memahami Apa yang Dilakukan Overclocking pada GPU

Sebelum kita masuk ke proses overclocking, mari kita bicara tentang apa yang sebenarnya dilakukan overclocking GPU. Pada dasarnya, overclocking GPU meningkatkan kinerjanya dengan meningkatkan kecepatan kinerja prosesor grafis.

Semua GPU diatur untuk berjalan pada kecepatan tertentu, yang disebut clock dasar, tetapi graphics card yang berbeda biasanya memiliki potensi untuk melampaui kecepatan yang ditetapkan oleh pabrikan.

Dengan kecepatan overclocking, GPU kalian akan meningkat suhu dan itu akan menarik lebih banyak daya.

Penting untuk menemukan keseimbangan yang baik antara kinerja dan suhu yang stabil untuk graphics card.

Jika kalian mencoba untuk mendorong GPU kalian terlalu keras dengan overclocking MSI Afterburner munkin beberapa masalah akan muncul seperti kartu grafis akan menunjukkan gangguan grafis, atau PC Anda akan macet.

Namun jangan khawatir kalian  hanya perlu memutar kembali kecepatan GPU kalian ke tingkat yang aman jika ini terjadi.

Memulai Overclocking

Sekarang kita telah membahas dasar-dasarnya, mari kita lihat bagaimana kalian dapat mulai melakukan overclock GPU.

  • Pertama, buka MSI Afterburner. Kalaian harus memahami perangkat lunak ini saat menguji GPU.
  • Sekarang saatnya untuk membuka perangkat lunak pengujian stres UNiGiNE Heaven. Setelah terbuka, kalian harus menjalankan tes dasar untuk melihat bagaimana kinerja graphics card kalian pada pengaturan clock default.
  • Instal perangkat lunak UNiGiNE Heaven dan kemudian jalankan Heaven Benchmark 4.0 dari menu Start kalian.
  • Setelah kalian berada di perangkat lunak UNiGiNE Heaven, klik RUN
  • Di Heaven, kalian akan melihat adegan 3D dirender dan beberapa tombol di bagian atas. Klik tombol Benchmark di kiri atas untuk memulai proses pembandingan.
  • Heaven akan menjalankan serangkaian tes. Selama pengujian, kalian akan bisa melihat suhu, frames, graphics clock, dan memory clock.
  • Biarkan tes berjalan melalui semua 26 adegan. Ini bisa memakan waktu sekitar 10 menit. Selama tes, perhatikan statistik di kanan atas layar.
  • Setelah selesai kalian akan diberi skor dan statistik FPS rata-rata. Pastikan untuk menyimpan hasilnya.
  • Anda harus mencatat hal-hal berikut:
  • Suhu selama pengujian
  • FPS di akhir tes
  • Skor di akhir tes

Mempersiapkan Kartu Grafis untuk Overclocking

Sekarang setelah kalian menguji perangkat lunak, mendapatkan skor dasar kalian, dan memahami cara kerjanya, saatnya untuk melakukan overclock GPU kalian.

  • Kembali ke MSI Afterburner dan klik ikon Pengaturan.
  • Selanjutnya, klik pada tab General di Afterburner dan centang Unlock Voltage Control, Unlock Voltage Monitoring, dan Force Constant Voltage.
  • Setelah menerapkan pengaturan di atas, klik OK. kalian akan diminta untuk me-restart pc kalian Klik OK.
  • Setelah kembali dari restart, buka MSI Afterburner dan Unigine Heaven lagi.
  • Kali ini, geser batas suhu Anda ke 87 derajat Celcius.
  • Kalian harus memperhatikan bahwa slider batas daya (%) kalian juga naik.
  • Letakkan slider voltase inti (%) sampai ke kanan. Persentase yang kaliam peroleh akan tergantung pada kartu grafis kalian.
  • Terakhir, klik tombol Periksa di bawah bilah geser.

Menguji Graphics Card Stress

Sekarang setelah kalian memiliki pengaturan Afterburner MSI yang optimal, mulailah dengan menggerakkan slider core clock (MHz) ke kanan. Tambahkan +23 ke nomor tersebut dan klik tombol centang.

Langkah Terakhir untuk Overclocking GPU

Setelah kalian selesai dengan overclocking, klik ikon Simpan di MSI Afterburner.

Kalian sekarang dapat secara otomatis memuat pengaturan ini setiap kali kalian ingin  overclock dan memiliki kinerja yang lebih baik saat memainkan game favorit kalian Tes terakhir adalah mencoba graphics card overclock kalian ke game favorit.

Seharusnya kinerja akan ditingkatkan.

Namun pada neberapa game mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan pengaturan overclock, jadi jika kalian melihat gangguan grafis atau game kalian crash, cukup klik tombol reset untuk kembali ke pengaturan default

Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar