Cara Mengubah Keyboard di HP Xiaomi Menjadi Google Keyboard

Cara Mengubah Keyboard di HP Xiaomi Menjadi Google Keyboard

Cara Mengubah Keyboard di HP Xiaomi Menjadi Google Keyboard – Belakangan ini saya sempat berganti HP, dari yang sebelumnya Redmi Note 5 menjadi Redmi Note 6. Sebenarnya hanya upgrade sedikit saja sih, karena di antara kedua jenis tersebut memiliki fitur dan spesifikasi yang nyaris sama. Hanya saja berbeda di tampilan layar dan kamera depan.

Setelah saya menggunakan ponsel baru tersebut, saya mengalami sedikit kesulitan dalam hal mengetik. Bukan karena bingung bagaimana caranya mengetik atau masalah pengejaan bahasa seperti masalah yang biasanya ditemui.

Baca juga: Cara Mengganti Lokasi di Smartphone Xiaomi untuk Mendapat Update

Tetapi karena keyboard yang saya gunakan adalah aplikasi bawaan dari Xiaomi bernama Facemoji. Padahal saya sebelumnya sudah terlanjur akrab dengan Google Keyboard.

Hal ini membuat saya sering kali typo dalam mengetik. Bahkan kadang sampai parah dan fatal. Apalagi jika digunakan untuk chat dengan orang lain. Benar-benar sangat menjengkelkan.

Setelah itu saya, mencoba mengotak-atik, tetapi belum ketemu. Saya kira saya belum menginstall aplikasi keyboard oleh Google, tetapi ternyata setelah saya cari di Google Play Store saya telah memasang. Hanya saja tidak bisa dibuka, melainkan cuman ada tombol Uninstall.

Awalnya saya heran, mengira bahwa ini akal-akalan dari Xiaomi, bahwa kita harus menggunakan keyboard bawaan yang sudah mereka setting. Tetapi setelah saya sedikit menjelajah akhirnya ketemu juga, dan caranya pun sangat sepele bagi saya.

Tetapi di tutorial yang saya baca itu hanya mengubah keyboard tanpa spesifik ke keyboard apa. Maka dari itu kali ini saya membuat tutorial mengubah keyboard dari Facemoji ke Google Keyboard. Karena mungkin saja ada yang mengalami pengalaman seperti saya.

Langsung saya deh begini caranya….

Baca juga: Tema Xiaomi MIUI 9 / MIUI 10 Terbaik, Keren, dan Tembus Semua Aplikasi

Cara Mengubah Keyboard di Xiaomi Menjadi Google Keyboard

  1. Pastikan anda sudah mamasang aplikasi Google Keyboard terlebih dahulu, silahkan cek di ponsel anda atau dapat dengan membuka Google Play Store kemudian mencari aplikasi tersebut. Jika sudah tidak ada tombol install berarti sudah ada.
  2. Buka setelan atau pengaturan ponsel.
  3. Scroll kebawah hingga menemui pilihan Pengaturan Tambahan, kemudian pilih.
    Cara Mengubah Keyboard di HP Xiaomi Menjadi Google Keyboard
  4. Selanjutnya pilih Bahasa & masukan.
  5. Lalu pada tekan pada tulisan Keyboard Saat Ini hingga muncul popup di bagian bawah kemudian pencet Pilih keyboard seperti pada gambar di bawah.
    Cara Mengubah Keyboard di HP Xiaomi Menjadi Google Keyboard
  6. Ubah dari Facemoji menjadi Gboard, dengan cara menyalakan tombol Gboard dan mematikan tombol di Facemoji.
    Cara Mengubah Keyboard di HP Xiaomi Menjadi Google Keyboard
  7. Selesai sekarang anda.
Dengan cara di atas anda berarti sudah mengubah keyboard yang berupa bawaan tadi ke google keyboard. Jika anda memang tidak bermasalah dengan keyboard mungkin tidak perlu melakukannya. Karena saya di sini juga hanya sudah terbiasa menggunakan milik Google.
Tetapi, jika anda memang ingin mengubah entah itu ke keyboard apapun cara di atas juga bisa digunakan dengan langkah yang hampir sama. Mungkin sampai di sini saja yang dapat saya bagikan kali ini mengenai cara mengubah keyboard di HP Xiaomi menjadi Google Keyboard.
Semoga bermanfaat, terima kasih dan jangan lupa sering mampir ke blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru yang kekinian.
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar