Cara Menginstall Python 2 dan 3

Cara Menginstall Python 2 dan 3

Ngeneki.com – Cara Menginstall Python 2 dan 3, Sebenarnya langkah untuk melakukan install Python 2 dan 3 sebelumnya sebenarnya cukup mudah. Sayangnya, ada pembaruan signifikan untuk Python beberapa tahun yang lalu yang menciptakan pemisahan besar antara versi Python.

Ini dapat membuat hal-hal sedikit membingungkan bagi pendatang baru, tetapi jangan khawatir. Kami akan memandu kalian untuk menginstal kedua versi utama
Saat kalian mengunjungi laman unduhan Python untuk Windows, kalian akan segera melihat dua versi. Akan muncul pilihan apakah kalian menginginkan Python 2 atau Python 3 (masing-masing 2.7.13 dan 3.6.1, pada tutorial ini).
Jika kalian ingin benar-benar mempelajari Python, kami menyarankan untuk menginstal kedua versi secara bersamaan.
Hal ini memungkinkan kalian bekerja dengan versi bahasa terbaru, tetapi juga menjalankan skrip Python yang lebih lama (dan menguji kompatibilitas ke belakang untuk proyek yang lebih baru). 
Kalian dapat mengunduh hanya Python 2 atau Python 3 jika kalian yakin hanya membutuhkan versi tertentu.
Kami mencoba menginstal keduanya, jadi kami sarankan kalian mengunduh kedua versi dan melakukan hal yang sama.
Pemasang ini akan memerlukan versi 32-bit atau 64-bit yang sesuai di komputer kalian.
Python dibuat pada akhir 1980-an oleh Guido van Rossum di Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Belanda sebagai penerus bahasa ABC (sendiri terinspirasi oleh SETL), yang mampu menangani pengecualian dan berinteraksi dengan pengguna Sistem operasi Amuba.
Implementasinya dimulai pada Desember 1989. 
Pada Januari, 2018, pengembang inti Python aktif memilih Brett Cannon, Nick Coghlan, Barry Warsaw, Carol Willing dan van Rossum ke lima anggota “Dewan Pengarah” untuk memimpin proyek.
Python 2.0 dirilis pada 16 Oktober 2000 dengan banyak fitur baru, termasuk pengumpul sampah pendeteksi siklus dan dukungan untuk Unicode. 
Python 3.0 dirilis pada 3 Desember 2008. Itu adalah revisi utama dari bahasa yang tidak sepenuhnya kompatibel dengan mundur.
Banyak fitur utamanya di-backport ke seri versi Python 2.6.x [39] dan 2.7.x. Rilis Python 3 termasuk utilitas 2to3, yang mengotomatiskan (setidaknya sebagian) terjemahan kode Python 2 ke Python 3.

Tanggal akhir masa pakai Python 2.7 awalnya ditetapkan pada tahun 2015 kemudian ditunda hingga tahun 2020 karena kekhawatiran bahwa sejumlah besar kode yang ada tidak dapat dengan mudah di-porting ke Python 3.
Pada Januari 2017, Google mengumumkan pengerjaan transcompiler Python 2.7 untuk meningkatkan kinerja di bawah beban kerja bersamaan. 

Cara Menginstall Python 2

Memasang Python 2 sangat mudah, dan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, penginstal bahkan akan menetapkan variabel path untuk kalian (sesuatu yang akan kita bahas nanti).

  1. Unduh dan jalankan penginstal, pilih “Install for all users,” dan kemudian klik “Next.”
  2. Pada layar pemilihan direktori, biarkan direktori sebagai “Python27” dan klik “Next.”.
  3. Di layar kustomisasi, scroll ke bawah, klik “Add python.exe to Path,” lalu pilih “Will be installed on local hard drive.”.
  4. Ketika sudah selesai, klik “Next.” Kalian tidak perlu melakukan hal lain lagi setelah sampai di sini.
  5. Cukup klik melalui wizard untuk menyelesaikan instalasi. Ketika instalasi selesai, kalian dapat mengkonfirmasi instalasi dengan membuka Command Prompt dan mengetik perintah berikut: python -V.

Cara Menginstall Python 3

Jika kalian ingin mempelajari Python versi terbaru, kalian harus menginstal Python 3. kalian dapat menginstalnya bersama Python 2.7 tanpa ada masalah sedikitpun, jadi silakan dan unduh dan jalankan penginstal sekarang.
  1. Pada layar pertama, aktifkan opsi “Add Python 3.6 to PATH” dan kemudian klik “Install Now.
  2. Selanjutnya, kalian harus membuat keputusan dengan cara mengklik opsi “Disable path length limit” menghilangkan batasan pada variabel MAX_PATH.
Perubahan ini tidak akan merusak apa pun, tetapi akan memungkinkan Python menggunakan path length name.
Karena banyak programmer Python bekerja di Linux dan sistem lainnya di mana path length name tidak menjadi masalah, mengaktifkannya terlebih dahulu dapat membantu memuluskan masalah terkait path yang mungkin kalian miliki saat bekerja di Windows.
Kami sarankan untuk melanjutkan dan memilih opsi ini
Jika kalian tahu kalian tidak ingin menonaktifkan batas panjang jalur, kalian bisa mengklik “Close” untuk menyelesaikan instalasi.
Dan, jika kalian ingin membaca lebih lanjut tentang masalah ini sebelum melakukan perubahan, kami harap kalian membaca lebih tentang python 3.
Jika kalian hanya menginstal Python 3, kalian dapat menggunakan trik baris perintah yang sama untuk mengetikkan python -v yang kami gunakan di atas untuk memeriksa apakah itu diinstal dengan benar dan variabel path ditetapkan.
Namun, jika kalian menginstal kedua versi, kalian perlu membuat quick tweak.
Sekian tips dari kami cara menginstall python pada seri 2 atau 3 dan semoga tips yang kami berikan bisa bermanfaat bagi kalian semua.
Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar