Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer atau Laptop dengan Mudah

Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer atau Laptop dengan Mudah

Cara Menghapus Virus Shortcut – Virus Shortcut adalah virus komputer umum yang menyembunyikan file kalian dan menggantinya dengan shortcut dan dengan nama file yang sama.

Ketika kalian mengklik sesuatu di internet, virus mereplikasi dirinya sendiri dan selanjutnya menginfeksi drive kalian.

Virus shortcut biasanya memasuki drive kalian melalui menjalankan file .exe yang mengandung virus atau dari menggunakan flash drive pada beberapa komputer.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Virus Shortcut Menginfeksi Komputer Kalian?

Mengingat bahwa virus membuat file menjadi tidak dapat diakses dan mungkin mengorek informasi pribadi dari komputer kalian, mungkin kalian kehilangan lebih dari sekadar kehilangan data. Sangat penting untuk segera menghapus virus dari flash drive dan komputer kalian.

Ada banyak, versi yang sedikit berbeda dari virus shortcut, sehingga cara untuk menghapusnya dari komputer yang terinfeksi, laptop, partisi hard drive, drive USB, dan kartu SD juga bervariasi. Kiat-kiat berikut akan membantu kalian menghapus virus shortcut, meskipun terkadang nama-nama file virus tidak sama.

  • Instal perangkat lunak antivirus di PC kalian.
  • Temukan software pemulihan data yang dapat diandalkan jika terjadi masalah kehilangan data

Cara Menghapus Virus Pintas Dari PC / Laptop Di Windows 10/8/7

Berikut adalah 3 metode bagi kalian untuk menghapus virus shortcut pada perangkat penyimpanan Windows 10/8/7 PC atau USB dll. Dalam banyak kasus, ketiga prosedur harus dilakukan untuk memastikan komputer kalian bebas virus:

  1. Hapus Virus Shortcut dengan CMD
  2. Hapus Proses Virus Shortcut dari Registry
  3. Hapus dan Bersihkan Shortcut Virus dengan Software Antivirus

1. Metode Menghapus Virus Shortcut dengan CMD

Jika flash drive kalian juga mengandung virus, pertama-tama hilangkan virus dari flash drive. Jika tidak, akan menginfeksi ulang PC kalian saat kalian nanti menghubungkannya. Setelah virus dihapus dari flash drive, data akan dapat diakses. Cadangkan data ini ke lokasi yang aman di komputer kalian, format perangkat di Local Disk Manager, muat kembali data ke drive USB. Berikut langkah menggunakan CMD:

  1. Klik kanan pada Start dan pilih Command Prompt (Admin).
  2. Masuk dengan akun Administrator dan kata sandi kalian jika sistem bertanya.
  3. Ketik: attrib -h -r -s / s / d D: *. * Dan tekan Enter. (Ganti D: dengan huruf drive lokasi di mana file virus ada. Pertama-tama gunakan huruf drive drive USB, jika file virus ada di sana.)
  4. Ketik: del autorun.inf dan tekan Enter.
  5. Jika kalian terinfeksi oleh virus lain, ganti autorun.inf dengan ekstensi virus lain seperti * .ink, * .exe, atau * .vbm untuk menghapus file mencurigakan tersebut.

2. Cara Menghapus Virus Shortcut dari Registry.

Berikut ini kami akan membagikan kiat-kiat menghilangkan virus shortcut dari Registry. Simak ulasan di bawah ini:

  1. Tekan Win + R dan ketik: regedit untuk memasukkan registri.
  2. Navigasikan ke HKEY_CURRENT_USER> Software> Microsoft> Windows> CurrentVersion> Run.
  3. Di sini, cari nama file yang mencurigakan. Cari nama file yang mencurigakan secara online dan hapus yang dikenal sebagai virus. Berhati-hatilah untuk tidak menghapus proses non-virus yang penting.

Jika virus shortcut sering ditemukan pada aplikasi startup PC kalian. Untuk mengatasinya:

  1. Tekan Win + R, ketik: msconfig> Klik OK.Di Startup, nonaktifkan semuanya kecuali perangkat lunak anti-virus dan aplikasi tepercaya.
  2. Kemudian restart komputer kalian.

3. Bersihkan Virus Shortcut dengan Antivirus

Unduh dan instal software anti-virus terserah apapun itu yang penting benar-benar berkualitas. Selanjutnya lakukan pemindaian atau proses scanning seperti biasanya untuk melihat seluruh isi dari komputer ata laptop.

Setelah itu membersihkan semua file virus yang terdeteksi dari Windows 10/8/7 PC atau USB kalian dengan menggunakan fitur dari antivirus yang ada.

Begitulah cara menghapus virus shortcut dengan mudah di WIndows XP, 7, 8, dan 10. Sekian dulu tutorial kali ini dari saya. Jika ada yang kurang mohong maaf. semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar