Cara Mengatasi WA Error dengan Mudah

Cara Mengatasi WA ErrorWhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting terbaik. Hampir semua orang yang memiliki smartphone pasti memiliki aplikasi yang satu ini untuk menghubungi orang lain. Hampir setiap orang menggunakannya setiap waktu untuk memenuhi kebutuhannya.

Aplikasi ini biasa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari komunikasi hingga berbisnis. Para pengguna bahkan sudah ketergantungan dengan aplikasi ini.

Bagaimanapun caranya para pengguna akan berusaha agar aplikasi ini tetap bisa digunakan. Karena ketergantungannya, salah sedikit saja dalam aplikasi ini maka akan terjadi sedikit masalah pula.

Banyak hal yang bisa terjadi pada aplikasi ini. Misalnya saja mengalami gangguan atau error. Ada masanya Whatsapp Anda tidak bisa mengirim pesan atau tidak bisa menerima pesan.

Hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas Anda yang berhubungan dengan Whatsapp. Bahkan lebih parahnya lagi Anda bisa mengalami kerugian.

Banyak orang yang cepat panik saat mengatasi WA error. Yang mereka pikirkan hanyalah aktivitas yang terganggu akibat WA error. Padahal, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu penyebab WA error.

Berikut ini beberapa macam masalah yang bisa terjadi pada WA beserta cara mengatasinya.

Tidak Bisa Meng-install WhatsApp

Masalah yang bisa terjadi pada aplikasi ini dimulai dari sebelum aplikasi ini bisa digunakan. Masalah bisa muncul saat meng-install aplikasi ini. Anda bisa menginstall WhatsApp pada smartphone android dengan versi 2.1 keatas. Akan tetapi, pada akhir tahun 2016 versi ini sudah tidak bisa meng-install ulang aplikasi tersebut.

Untuk mengecek versi aplikasi ini, kilik menu Setting » About Phone, dimana akan tertera versi OS Android yang sedang digunakan. Apabila Anda ingin meng-install WhatsApp melalui file apk yang diunduh di website selain Google Play, Anda perlu mengaktifkan opsi Unknown Sources di pengaturan. Caranya klik Settings » Security » Unknown Sources.

Jika terdapat masalah saat install WhatsApp di Google Play dan muncul kode error, mungkin masalahnya ada pada aplikasi Google Play. Anda perlu memperbaiki aplikasi Google Play Store terlebih dahulu. Mengatasi WA error dengan masalah ini bisa Anda atasi dengan memeriksa versi dari aplikasi ini terlebih dahulu.

Tidak Kunjung Mendapatkan Kode Aktivasi

Masalah yang bisa terjadi berikutnya ialah Anda tidak menerima kode aktivasi setelah berhasil meng-install WA. Kode aktivasi biasanya akan dikirim via SMS. Untuk mengatasinya pastikan nomor yang dimasukkan sudah benar. Salah mengetikkan nomor saat akan melakukan registrasi setelah meng-install aplikasi.

Tak hanya nomor yang Anda masukkan, periksa pula nomor kode negara asal nomor ponsel. Biasanya untuk negara Indonesia Anda harus memasukkan kode +628. Jika Anda sudah benar memasukkan nomor ponsel dan kode negara dengan benar tapi kode aktivasi tidak kunjung datang, maka cobalah opsi Voice call alias panggilan suara.

Kemudian Anda akan menerima panggilan suara dari robot WhatsApp. Panggilan tersebut akan menyebutkan kode aktivasi (dalam bahasa inggris). Cara mengatasi WA error harus disertai dengan sinyal dan jaringan yang bagus. Misalnya saat Anda akan menerima sms maupun voice call yang berisi kode aktivasi.

WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Down dan Tidak Terhubung

Masalah koneksi jaringan internet biasanya menjadi sumber permasalahan utama Whatsapp error pada android. Hal itu tentu saja membuat Anda tidak bisa terhubung dengan aplikasi WhatsApp. Untuk mengatasi WA error hingga tidak bisa dibuka Anda bisa melakukan beberapa cara berikut.

  • Meng-install versi WhatsApp
  • Pastikan koneksi internet (Wi-Fi atau koneksi Data)
  • Pastikan kuota data masih ada
  • Jika ada aplikasi Task Killer, maka pastikan aplikasi tersebut tidak mematikan aplikasi WhatsApp.
  • Kosongkan cache dengan pergi ke Setting » Applications » WhatsApp » Clear Cache.
  • Meng-install ulang aplikasi WhatsApp.

Sementara itu, jika aplikasi ini error karena server sedang down, maka Anda hanya bisa menunggu sampai server benar-benar pulih. Banyak yang menyarankan untuk menggunakan beberapa aplikasi khusus saat server down. Akan tetapi, penggunaannya tidak begitu efektif dan malah menbahayakan aplikasi lain serta ponsel itu sendiri.

Pesan WA Pending

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada aplikasi WA ialah pesan yang sulit terkirim bahkan pending. Untuk mengatasi WA error karena pesan yang pending, Anda dapat memeriksa konektivitas jaringan. Jika konektivitas sudah baik namun pesan masih pending, maka Anda bisa memeriksa memori pesan apakah penuh atau tidak. Jika terlalu banyak pesan maka Anda bisa mengahapus beberapa pesan yang sudah tidak penting.

Hal itu perlu dilakukan karena menghapus pesan bisa membuat kapasitas pesan bertambah. Sehingga pesan yang hendak Anda kirim dapat tersimpan pada memori pesan dan terkirim. Saat sedang normal, maka sangat penting bagi Anda untuk tidak membiarkan pesan yang tidak penting. Sebab, hal tersebut bisa membuat memori pesan penuh dan pesan yang akan dikirim berikutnya tertunda atau pending.

WhatsApp Tidak Dapat Mendeteksi Kontak

Aplikasi WA dikatakan error karena kontak yang tidak terdeteksi. Banyak hal yang menjadi faktor yang mempengaruhi kontak tidak terdeteksi. Misalnya, salah memasukkan nomor kontak, nomor yang diinput tidak menggunakan aplikasi WhatsApp, atau aplikasi yang digunakan bukan versi WhatsApp yang terbaru.

Tak hanya itu, jika nama kontak yang Anda masukkan sama atau ganda, maka yang akan terdeteksi di kontak WA hanya ada salah satu nama saja. Jadi, pastikan Anda lebih teliti saat memasukkan nomor kontak. Jangan sampai namanya tidak diganti dan menggunakan nama yang sudah ada di daftar kontak.

Tidak Dapat Melakukan Panggilan dan Menjawab Voice Call

Hal yang selalu menjadi penyebab Anda bertanya-tanya “kenapa WA error hari ini” ialah konektivitas jaringan atau koneksi internet. Akibat hal tersebut, Anda tidak bisa melakukan panggilan ataupun menerima panggilan tersebut. Koneksi jaringan atau internet harus selalu stabil.

Anda dapat mematikan koneksi internet selama beberapa saat lalu menghidupkannya kembali. Biasanya jaringan akan kembali normal bahkan lebih bagus setelah mematikannya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memastikan orang yang melakukan voice call dengan Anda juga memiliki koneksi internet yang bagus.

Tidak Bisa Memutar Pesan Audio

Masalah tersebut biasanya berhubungan dengan fitur proximity sensor yang diandalkan oleh WhatsApp. Fitur tersebut bisa Anda temukan dekat kamera depan di smartphone android. Untuk mengatasi WA error yang tidak bisa memutar pesan audio, maka Anda harus memastikan fitur tersebut tidak rusak. Sebaiknya naikkan volume jika suara terlalu pelan.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi WA yang sedang error. Salah satu penyebab utamanya selalu sama, yaitu jaringan internet. Jika Anda sudah mengatasi WA error dengan cara diatas namun belum juga pulih, sebaiknya Anda serahkan kepada ahli service ponsel karena bisa jadi masalah ada pada ponselnya. Yang paling penting Anda juga harus hati-hati dalam pemakaian ponsel serta aplikasinya agar tidak terjadi kerusakan.

Tinggalkan komentar