Cara Mengatasi Adobe Installer Error

Deskripsi: Cara mengatasi the installation cannot continue as the installer file may be damaged. Adobe premiere. Error 195 Adobe Illustrator. Download the installer again. Cara Mengatasi Adobe Installer Error.


Adobe merupakan perusahaan yang membuat banyak aplikasi ramah content creator. Beberapa aplikasi yang paling sering digunakan adalah Adobe Premiere, Pohotoshop, Adobe Ilustrator, dan Adobe After Effect.

Software yang saya sebutkan tadi semuanya berbayar. Meski berbayar mereka juga memberikan trial ke calon penggunanya untuk mencicipi terlebih dahulu.

Nah, jika Anda pernah mencoba melakukan install dan menemui error seperti “the installation cannot continue as the installer file may be damaged” dan lain sebagainya silahkan baca lebih lanjut berikut ini.

Baca juga: Cara Render After Effect 2021

Cara Mengatasi Adobe Installer Error

Berikut adalah cara mengatasi Adobe Intaller yang error sesuai dengan tulisan yang muncul.

Error MSVCP140.dll / erorrs api-ms-win-crt-runtime

Apabila saat menginstall aplikasi adobe dan kamu mendapatkan error dengan tulisan seperti itu atau yang belakangnya ada .dllnya, kamu bisa mencoba menggunakan cara yang satu ini untuk menormalkannya kembali. Kemungkinan besar penyebab error berada pada Microsoft Visual C++ yang ada di PCmu rusak atau hilang.  

Cara mengatasinya sangatlah mudah, kamu hanya perlu mendownload dan memasang kembali Microsoft Visual C++nya yang bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Setelah selesai di install ulang, kamu bisa mencoba kembali memasang Adobe. Kebanyakan cara ini bisa memberikan solusi dan berhasil menginstall Adobe.

Muncul tulisan Error 195

Nah, untuk error yang satu ini berarti menandakan bahwa System Laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi Adobe ini tidak memadai.

Jadi, solusinya yang pasti kamu bisa memenuhi spesifikasi minimun PC yang bisa menggunakan Adobe ini. Silahkan buka halaman System requirements Adobe untuk melihat spesifikasi yang dibutuhkan.

Error D3DCOMPILER_47.dll

Error ini sangatlah mudah untuk diatasi karena hanya memerlukan update software pada laptopmu, yaitu dengan menginstall update KB4019990 yang bisa kamu cari di internet dengan mudah, namun sesuaikan dengan PC yang kamu gunakan supaya tidak error lagi.

Selain itu Anda juga dapat membaca di halaman support Microsoft untuk melihat artikel tentang D3DCOMPILER.

We’ve ecountered the following issues

Apabila saat kamu menginstall aplikasi Adobe tetapi muncul notifikasi error dengan bunyi seperti itu, kamu bisa melakukan cara dibawah untuk mengembalikan seperti sedia kala alias tidak error.  

Sebelum menggunakan cara ini, apabila kamu sudah menginstall aplikasi lama, kamu disarankan untuk uninstall terlebih dahulu supaya prosesnya menjadi lebih lancar.  

1. Masuk ke folder instalasi Adobe

Folder instalasi Adobe secara default terletak pada drive C, lebih tepatnya C:Program Files(x86)Common FilesAdobe apabila kamu menggunakan Windows dengan versi 64 bit berarti terletak disana.  

2. Ganti nama salah satu file

Didalam folder yang sudah kamu buka tadi akan ada file yang bernama OOBE, nah kamu bisa mengubah namanya sesuai keinginan kalian karena tidak menjadi masalah.   Namun, apabila supaya kamu ingat file yang dirubah, kamu ganti saja namanya menjadi OOBEDELETE.  

3. Restart Device

Setelah kamu ganti nama file tadi, kamu bisa langsung me-restart PCmu. Setelah itu coba kamu install kembali aplikasinya, kemungkinan besar error seperti yang tertuliskan tidak akan muncul kembali.  

Muncul tulisan error 146 atau 42

Jika saat menginstall Adobe kamu mendapati error seperti itu dan mungkin ada notifikasi dari software proteksi pada PCmu, kemungkinan besar aplikasi Adobe yang kamu install terdeteksi sebagai virus ataupun yang lainnya.  

Solusinya adalah matikan atau uninstall terlebih dahulu antivirus yang ada di perangkat Anda. Tetapi Anda juga harus berhati-hati ya.

Disclaimer

Kami tidak bertanggung jawab apabila perangkat Anda terkena virus karena mengikuti tutorial ini. Karena setiap perangkat kondisinya bisa berbeda.

The installation cannot continue as the installer file damaged

Apabila notifikasi error yang muncul pada PCmu saat kamu menginstall aplikasi Adobe seperti itu, berarti tandanya aplikasi Adobe yang ingin kamu install mengalami masalah didalam systemnya yang membuat menjadi error.

Banyak penyebab mengapa error itu bisa muncul, kemungkinan memang aplikasinya yang bermasalah, mungkin juga koneksi internet kamu tidak stabil sehingga menyebabkan proses mendownload file installernya menjadi tersendat, dan lain sebagainya.

Selain itu penyebab lainnya seperti aplikasi Adobe yang kamu install sudah bisa dikatakan kadaluarsa alias out of date sertifikatnya. Intinya ada yang salah dari komponen installer Anda.

Solusi untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencari file installer Adobe lagi dan mengunduh kembali. Pastikan Adobe yang kamu download setidaknya tidak terlalu lawas dan koneksi internet yang Anda gunakan stabil saat proses proses download.

Baca juga: Cara Download File di Scribd

Kesimpulan

Itulah berbagai solusi untuk mengatasi masalah saat Anda install Adobe, entah itu Adobe Premiere, Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

Sedangkan notifikasi yang paling sering muncul adalah “The installation cannot continue as the installer file damaged”. Intinya error tersebut karena kesalahan komponen file yang akan di Install.

Setelah saya teliti biasanya terjadi saat Anda mengunduh Adobe versi bajakan (crack). Sementara versi itu sendiri sudah dirubah dalamnya. Sehingga tidak dapat dipungkiri jika installer tersebut error.

Maka dari itu saya sarankan untuk selalu menggunakan software versi orisinil dengan membelinya ya. Demikian dulu artikel kali ini mengenai cara mengatasi Adobe installer error. Jika masih ada kendala lain silahkan tanyakan pada kolom komentar. Sekian, terima kasih.

Share on:

Senang menulis artikel tentang teknologi

Tinggalkan komentar