Cara Mencuci Wajah yang Benar agar Terhindar dari Jerawat

Mencuci wajah menjadi sebuah hal yang sebenarnya wajib anda lakukan agar tidak kotor dan menimbulkan jerawat. Tetapi sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan hal ini, sehingga menemui berbagai masalah dengan kulit wajah mereka.

Mencuci wajah

Berbagai masalah di antaranya yaitu timbulnya jerawat, kusam, hingga berminyak. Seperti yang sering kali banyak orang keluhkan.

Hal itu biasanya disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan, termasuk jarang mencuci wajah atau mungkin sudah mencuci wajah tetapi caranya ada yang salah.

Seperti pengalaman yang pernah saya alami, saya berjerawat dan berminyak. Bahkan sudah berkonsultasi dan facial beberapa kali, tetapi masih saja bisa muncul jerawat dan minyak tersebut.

Setelah saya mencari informasi, ternyata ada yang salah dengan cara saya dalam mencuci wajah. Sekarang saya sudah mengerti bagaimana yang benar dan syukur kondisi wajah saya lebih baik dari yang sebelumnya.

Mungkin anda juga mengalami hal yang hampir sama atau ingin mengetahui manfaat dari mencuci wajah. Sebelum menuju ke caranya, sebaiknya baca terlebih dahulu alasan kenapa anda harus mencuci wajah berikut ini.

Kenapa saya harus mencuci wajah?

Berikut adalah alasan kenapa anda wajib mencuci wajah setiap hari.

  • Agar wajah anda terhindar dari berbagai masalah seperti jerawat dan minyak berlebih.
  • Menjaga kondisi wajah tetap segar dan bersih.
  • Mencuci wajah dengan sabun yang benar bisa mencerahkan kulit.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.
Setelah anda mengetahui alasannya sekarang silahkan lanjut untuk membaca jumlah yang seharusnya anda perhatikan dalam mencuci wajah.

Berapa kali saya harus mencuci wajah?

Jumlah mencuci wajah yang ideal dalam sehari adalah dua sampai tiga kali. Yaitu setelah anda bangun tidur dan akan tidur.

Tetapi, jumlah tersebut juga bersifat relatif, yang artinya semua itu disesuaikan dengan kondisi kulit dan kegiatan anda sehari-hari.

Jika anda mempunyai masalah seperti berminyak menurut saya yang bagus adalah lima kali dalam sehari agar benar-benar terjaga.

Mungkin sering kali anda mendengar bahwa terlalu banyak mencuci muka, terutama dengan sabun wajah itu akan kurang baik untuk kulit sebab bisa menyebabkan kulit kering. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena kondisi masing-masing kulit berbeda.

Saya sendiri sudah mengalaminya. Karena kulit wajah saya ini sangat rentan berminyak. Oleh karena itu saya mencuci wajah setiap mandi pagi, pulang sekolah atau beraktifitas, mandi sore, dan malam hari sebelum tidur. Kadang jika sedang di rumah saya bisa menambahkan jumlahnya satu kali di siang hari. Dan buktinya kulit saya tidak kering, masih ada minyak tetapi terkontrol.

Bagaimana cara mencuci wajah yang benar?

Cara mencuci muka yang benar sebenarnya tidaklah sulit. Tetapi juga harus diperhatikan, karena sering kali saya melihat orang-orang yang masih salah dalam mempraktikannya.

Berikut tahapan yang seharusnya anda lakukan ketika mencuci wajah untuk laki-laki maupun perempuan.

Langkah pertama

Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum menyentuh muka. Kemudian bersihkan wajah dengan air biasa hingga bersih.

Langkah kedua

Cuci muka dengan sabun muka yang cocok dengan kondisi kulit anda. Saat mencuci pastikan anda memijat dan membersihkannya secara merata dan jangan tergesa-gesa.

Sering kali jika anda melihat iklan atau film di televisi bahwa mencuci wajah itu sangat cepat tetapi ternyata itu salah. Seharusnya anda benar-benar membersihkan dan memijat hingga bersih.

Saya sendiri kadang untuk membersihkan muka ketika menggunakan sabun wajah bisa memakan waktu hingga satu menit atau lebih. Terutama di area hidung yang rentan komedo dan daerah lain yang berimnyak.

Tujuannya yaitu agar sabun muka yang anda gunakan benar-benar maksimal menghilangkan kotoran yang ada.

Langkah ketiga

Bilas dengan air bersih lagi, kemudian keringkan dengan tisu wajah (facial tissue). Jangan sekali-kali mengeringkan wajah dengan handuk karena handuk adalah sumber utama jerawat dan kotoran. Sementara kulit wajah ini sifatnya cukup sensitif apabila dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya.

Harus dengan apa saya mencuci wajah?

Banyak sekali postingan yang bertebaran tentang mencuci wajah dengan berbagai bahan, misalnya saja menggunakan air beras, odol, hingga air garam agar bisa membuat wajah bersih, putih, dan tidak berjerawat.

Untuk hal di atas saya sendiri belum bisa membuktikannya mana yang bagus, dan menurut saya pernyataan seperti itu hanya sekedar mitos saja.

Lebih baik anda menggunakan sabun wajah saja untuk mencuci daripada nanti malah merusak kulit anda. Karena sabun wajah sudah benar-benar diuji dan disesuaikan untuk membersihkan kulit wajah manusia.

Tetapi anda juga harus memperhatikan jenis sabun yang anda gunakan. Untuk tips memilihnya baca yaitu sebagai berikut.

Tips memilih sabun wajah yang tepat

Memilih yang sesuai dengan kondisi kulit. Jika kulit anda sangat berminyak bisa menggunakan sabun yang mengkontrol minya (oil control). Tetapi jika anda berjerawat, anda bisa menggunakan yang dapat melindungi dan membersihkan muka dari kotoran. Sabun wajah seperti ini biasanya dinamakan acne defense.

Bagaimana jika kulit wajah anda berminyak dan berjerawat?

Tenang saja, sekarang sudah banyak kok sabun yang bisa mengatasi kedua masalah tersebut. Bahkan anda bisa membelinya di supermarket terdekat.

Selain untuk menhindari jerawat dan berminyak mungkin ada yang mencuci wajah dengan tujuan agar bisa menjadi lebih putih dan cerah bersinar (glowing). Jika seperti ini gunakan sabun wajah yang memberikan efek dengan vitamin.

Apakah penting untuk mencuci jika wajah saya tidak bermasalah?

Jawabannya adalah sangat penting. Karena manfaat dari mencuci wajah bukan hanya itu saja. Tetap itu hanya kelebihan dari mencuci wajah.

Dengan mencuci wajah selain terhindar dari jerawat dan berminyak tetapi juga bertujuan agar wajah tetap segar. Dan bukan tidak mungkin bisa membuat kulit lebih bagus.

Kesimpulan….

Itu dia berbagai cara dan manfaat dari mencuci wajah untuk laki-laki maupun perempuan karena sebenarnya untuk siapapun sama saja pentingnya. Masalah yang sering anda hadapi seperti jerawat, berminyak, dan lain-lain mungkin bisa disebabkan oleh cara dan penggunaan bahan yang salah.

Sedikit tips juga untuk anda terutama yang bermasalah seperti jerawat dan berminyak. Jika anda sudah melakukan cara di atas tetapi masih saja sama, lebih baik anda pergi ke tempat facial atau konsultasi mengenai kulit wajah.

Mungkin memang kebanyakan cukup mahal, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan. Karena kesehatan itu hal yang paling utama, termasuk pada wajah. Selain itu wajah yang bersih juga bisa meningkatkan rasa percaya diri anda loh.

Bagikan artikel ini

Tinggalkan komentar