Cara Mencari Ide untuk Menulis Artikel
Blog

√ 5 Cara Mudah Mencari Ide untuk Menulis [Terbukti Berhasil]

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mencari sebuah ide dalam menulis dan ini sangatlah penting untuk kita ketahui terutama Anda yang berprofesi sebagai penulis, bloger, pengarang, copywriter, dan profesi lain yang sejenis.

Ketika menulis dan merasa kebingungan (istilah lainnya buntu) biasanya kita cenderung untuk berhenti memikirkan pekerjaan tersebut, padahal dalam sebuah pekerjaan Anda juga dituntut untuk profesional, sehingga mau tidak mau ide itu harus Anda buat dan munculkan.

Saya sendiri sering kali mengalami kebingungan juga saat akan membuat konten, termasuk saat ini juga.

Lalu bagaimana cara saya mengatasi hal tersebut? langsung saja simak beberapa tips berikut yang bisa Anda coba untuk mencari ide.

Baca juga: Template Blogger Terbaik 2020

Cara Mencari Ide untuk Menulis

Berikut adalah lima cara yang bisa Anda coba untuk lebih efektif dalam menemukan ide menulis. SImak baik-baik ya.

Manfaatkan Tulisan sebelumnya

Menurut saya pribadi ini adalah cara yang paling mudah karena kebanyakan penulis yang pikirannya buntu pasti juga pernah menulis artikel sebelumnya.

Mungkin saja karena sudah banyak yang ditulis atau ide yang dikeluaran dirasa habis sehingga Anda akan sangat semakin kebingungan.

Dengan memanfaatkan tulisan sebelumnya Anda dapat menulis artikel atau apapun itu yang berkaitan (topik serupa) dengan tulisan sebelumnya.

Misalnya saja kamu pernah menulis tentang tutorial atau teknologi, lalu sekarang silahkan kamu coba menggali ide yang juga berkaitan dengan dua topik tersebut.

Menurut saya hal ini cukup efektif dalam mencari sebuah ide, karena kita langsung menemukannya hanya dengan melihat karya sebelumnya.

Mencari Inspirasi

Sebenarnya poin nomor dua ini juga bisa mencakup poin yang pertama. Akan tetapi saya letakan sebagai kedua agar lebih mudah dipahami.

Kenapa inspirasi harus didapatkan saat kebingungan? jawabannya karena dari situlah ide muncul.

Jika kamu memang benar-benar mempunyai jiwa kreatif pastinya hal ini akan terasa mudah.

Cara mendapatkan inspirasi yang paling gampang yaitu dengan melihat benda disekitar, baca-baca, menonton sesuatu yang positif, menuliskan masalah yang dihadapi, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan.

Contoh, saya bingung ingin menulis apa, itu adalah masalah Saya, tetapi saya justru mendapatkan ide dari masalah saya ini dengan menulis artikel yang sekarang sedang Anda baca.

Ada lagi contoh lain yaitu ketika Anda sedang berada di dekat benda seperti laptop, maka Anda harus menuliskan sesuatu yang berkaitan dengan laptop.

Begitu juga dengan membaca tulisan lainnya, dalam setiap tulisan pasti mempunyai topik yang dibahas, dari situ Anda juga mendapatkan referensi yang bisa Anda gunakan sebagai ide.

Baca juga: Contoh Teks Latihan Mengetik 10 Jari

Jangan Perfeksionis

Tak jarang kita semua dalam menulis selalu berpatokan kepada kualitas. Padahal hal tersebutlah yang sebenarnya akan menjadi penghambat pikiran untuk menulis.

Memang kualitas itu penting, tetapi jika dibandingkan antara menulis dengan tulisan yang berkualitas tetapi memerlukan waktu lama dengan menulis sesuatu yang biasa saja tetapi hanya dengan waktu singkat maka saya akan lebih memilih yang kedua.

Jika kamu benar-benar pengen menulis maka terapkanlah tips nomor tiga ini karena sangat efektif dan kamu pasti akan sesegara mungkin menyelesaikan sebuah karangan tanpa perlu banyak waktu.

Lagipula, kalau memang ingin kualitasnya lebih bagus lagi, kita kedepannya juga dapat merevisi setelah semua selesai ditulis, jangan merevisi saat tulisan baru ditulis (masih sedikit), lebih baik selesaikan semua dahulu.

Manfaatkan waktu

Boleh-boleh saja kamu mencari inspirasi dengan berbagai hal, akan tetapi jangan lupa juga untuk melihat waktu.

Jangan telalu bermalas-malasan, terapkan dipikiran “Saya harus menulis sekarang! atau Anda tak akan pernah berhasil keluar dari rintangan yang berat tersebut”.

Kapanpun dan dimanapun usahakan untuk selalu mencicil kata demi kata maka tulisanmu akan selesai tanpa terasa.

Jangan meunggu mood, kondisi yang benar-benar luang, atau mempunyai syarat khusus seperti harus ada cemilan disamping laptop.

Menulislah dengan ikhlas dan terpaksa.

Mungkin ini sangat sepele, tetapi waktu hampir segalanya.

Nikmati

Apa sih yang gak mau dijalani kalau sesuatu tersebut dapat dinikmati.

Syukur jika kamu sudah memiliki rasa senang saat menulis karena hal itu mendorong keinginan untuk selalu menulis.

Jangan pernah untuk merasa putus asa ataupun mengeluh kecuali kamu memang mau menerima resiko untuk semakin terbebani. Tulislah dengan ikhlas dan semuanya akan menjadi lebih ringan.

Baca juga: Cara Membuat Tombol Ikuti di Blogger

Dari kelima poin yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih terdapat berbagai tips lain untuk mendapatkan ide yang masih belum dapat saya sampaikan.

Mungkin dari sekian dahulu yang dapat saya berikan pada postingan kali ini. Semoga menjadikan kamu motivasi terutama bagi para penulis.

Terima kasih dan KEEP WRITING!.

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    2 Replies to 5 Cara Mudah Mencari Ide untuk Menulis

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *