Cara Membuat Tombol Ikuti di Blogger

Cara membuat tombol follow

Cara Membuat Tombol Ikuti di Blogger – Jika kalian pernah melihat tombol follow atau ikuti berupa widget maupun terletak pada menu, maka itu adalah fitur dari Blogger yang mungkin sekarang sudah tidak cukup populer.

Padahal dari sekian banyaknya fitur yang diberikan oleh platform buatan Google ini, yang menjadi salah satu keunikan tersendiri adalah adanya tempat tersendiri untuk mengikuti blog orang lain.

Apa itu fitur pengikut di Blogger?

Fitur tersebut digunakan untuk saling mengikuti. Untuk seorang pengikut maka akan mendapatkan artikel-artikel update di dashboard Blogger mereka dari blog yang diikuti. Sedangkan untuk pemilik blog maka akan memudahkan mereka untuk mendapatkan pembaca terhadap artikel terbaru.

Biasanya tombol atau fitur ini juga disebut dengan follow. Sebenarnya sama saja, hanya bahasanya yang berbeda. Ada yang menyebut dengan bahasa Indonesia ada yang bahasa Inggris. Tapi tetap intinya sama.

Nah, bagi kalian yang tertarik gimana sih cara membuatnya, silahkan simak saja tutorial membuat tombol follow tersebut di bawah ini…

Bagaimana cara membuat tombol ikuti di Blogger?

Untuk membuat tombol ikuti/follow sendiri ada dua metode. Yang pertama yaitu dengan menaruhnya di menu dengan menggunakan link, dan yang satunya yaitu langsung membuatnya melalui widget Pengikut yang dapat ditambahkan melalui tata letak di Blogger.

Cara membuat tombol ikuti di menu navigasi

  1. Buka dashboard blogger seperti biasanya, lalu masuk ke bagian template dan klik Edit HTML.
    Blogger bagian tema
  2. Cari di mana letak menu navigasi yang ingin anda beri tombol ikuti, ganti link dan nama sesuai keinginan. Untuk kodenya sendiri tergantung template yang anda gunakan, tetapi umumnya mungkin seperti ini.
     <li><a href=’#‘>Menu1</a></li> 
    Silahkan cari dengan tekan ctrl+f di edit template.
  3. Pada bagian link atau “#” isi dengan “https://www.blogger.com/follow.g?blogID=6958715128358408080“.
    Ganti angka yang saya tandai warna hijau dengan ID blog anda.
    Cara menemukan ID blog yaitu terletak pada bagian link ketika anda membuka dashboard Blogger anda seperti gambar berikut.
    ID Blogger untuk membuat link pengikut
  4. Hasil akhir dari kode menu anda mungkin akan menjadi seperti ini.
    <li><a href=’https://www.blogger.com/follow.g?blogID=6958715128358408080‘>Ikuti</a></li>
  5. Simpan template dan lihat blog anda apakah tombol sudah terpasang sesuai keinginan atau belum.

Begitulah caranya jika anda ingin membuat tombol pengikut/followers di bagian navigasi menu. Tetapi jika anda tidak ingin menambahkannya di menu anda bisa juga membuatnya di sidebar atau tempat lain yang anda inginkan menggunakan widget. Berikut ini caranya…

Cara membuat widget followers Blogger

  1. Buka Blogger.com seperti biasanya lalu masuk ke bagian tata letak.
  2. Klik tambahkan gadget di bagian sidebar atau terserah sesuai keinginan.
    menambahkan widget pengikut di tata letak
  3. Cari yang namanya Pengikut atau Followers, lalu klik ikon tambahkan.
    Widget followers di blogger
  4. Terakhir save kemudian cek blog anda.
Selesai dan sekarang seharusnya anda sudah berhasil membuat widget atau tombol tersebut. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pengikut serta pembaca.
Semoga setelah adanya artikel ini sudah tidak ada lagi yang bertanya tentang bagaimana cara membuatnya. Sekian dulu yang mungkin dapat saya sampaikan kali ini mengenai tips blogger kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bagikan artikel ini

4 pemikiran pada “Cara Membuat Tombol Ikuti di Blogger”

Tinggalkan komentar