Cara Membuat Tabel di MS Excel
Editing

Cara Membuat Tabel di MS Excel (Paling Mudah)

Cara Membuat Tabel di MS Excel – Microsoft Excel adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mengolah data oleh berbagai kalangan, lembaga, dan profesi karena kemudahan, kecanggihan, serta kelengkapan fitur yang disuguhkan.

Tidak heran, jika aplikasi besutan Microsoft ini berhasil mendominasi aplikasi sejenis, bahkan tidak ada aplikasi lain yang bisa mengalahkan keunggulan Excel.

Meski sudah cukup familiar, namun saya yakin tidak semua orang bisa mengaplikasikan berbagai fitur yang ada di aplikasi ini seperti cara bikin kolom atau tabel.

Oleh sebab itu Ngeneki.com pada artikel ini akan memberikan tutorial membuat kolom di MS Excel secara lengkap disertai gambar.

Di sini saya akan menggunakan MS Excel 2013, tetapi tenang karena cara ini nanti bisa anda terapkan di MS Excel versi berapapun termasuk 2007, 2010, dan 2016.

Ada dua metode yang bisa anda gunakan untuk membuat tabel di MS Excel versi PC. Silahkan dipilih terserah yang menurut anda lebih mudah.

Lansung saja simak berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Membuat Tabel di MS Excel PC

  1. Pertama, buka aplikasi MS Excel yang ada di komputer atau laptop anda.
  2. Buat dokumen baru jika belum atau buka file dokumen yang sebelumnya sudah anda buat.
  3. Seleksi blok yang ingin dibuat tabel dengan cara klik dan tahan dari pojok kiri atas tabel yang dipilih ke pojok kanan bawah sebagai ujung dari tabel yang akan dibuat.
    Cara Bikin Tabel di MS Excel
  4. Kemudian masuk pada menu Insert, lalu klik “Table” atau bisa juga dengan menekan “CTRL+T” pada keyboard.
    Menu Insert dan Table
  5. Selanjutnya akan muncul pop up “Create Table” silahkan klik “OK“.
    Pop up
  6. Selesai sekarang anda telah berhasil membuat tabel. Langkah selanjutnya adalah memilih desain yang bagus dan sesuai keinginan dengan menuju ke menu “Design > Table Styles“. Untuk melihat lebih banyak desain silahkan klik ikon anak panah ke bawah seperti gambar berikut.
    Desain tabel

Bagaimana? mudah bukan.

Selanjutnya adalah cara alternatif. Cara yang kedua ini bisa anda lakukan jika tidak berhasil menggunakan cara yang pertama atau ingin mencoba metode berbeda.

Tetapi hasilnya akan sama saja, bahkan beberapa langkahnya mirip dengan yang pertama.

Cara Alternatif

  1. Pertama, klik kotak yang akan menjadi tabel paling atas sebelah kiri, lalu tarik dan tahan klik ke pojok kanan bawah ke tabel yang anda inginkan.
  2. Lalu klik kanan pada mouse dan pilih “Format Cells“.
    Format Cells
  3. Setelah itu masuk ke menu “Border” dan pilih Inside. Anda bisa menyesuaikan warna dan ukuran garis pada bagian Color dan Style. Jika sudah klik “OK“.
    Menu border
  4. Selesai, tabel berhasil dibuat.

Itulah dua cara yang bisa anda gunakan untuk membuat tabel di MS Excel.

Karena sekarang ini pengguna Android sudah banyak, maka saya buatkan juga tutorial cara membuat tabel di MS Excel Android.

Berikut ini tutorialnya.

Cara Membuat Tabel di MS Excel Android

  1. Pertama, pastikan anda telah download dan install MS Excel di smartphone Android. Jika belum silahkan download di Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Saat pertama kali membuka aplikasi dan belum membuat dokumen sama sekali, silahkan ketuk ikon yang ada di pojok kanan atas berbentuk seperti dokumen, lalu pilih “Buku kerja kosong“. Jika sudah mempunyai file maka abaikan langkah ini dan langsung buka dokumen tersebut.
    Membuat Dokumen Baru di MS Excel Android
  3. Kemudian buka menu yang lain dengan cara ketuk ikon yang ada di pojok bawah kiri, lalu ketuk ikon anak panah ke atas di pojok kanan bawah.
    Cara membuka menu lainnya di MS Excel Android
  4. Ganti menu “Beranda” menjadi “Sisipkan” seperti pada gambar berikut.
    Membuat Tabel dan Menyisipkan Garis
  5. Selanjutnya pilih “Tabel“, lalu geser kursor yang berbentuk bulat dibagian pojok hingga lebar tabel yang diinginkan, kemudian ketuk “Batas“.
    Memilih Batas untuk Membuat Tabel di MS Excel Android
  6. Pilih batas atau tabel yang anda inginkan (biasanya yang paling pojok kiri atas). Anda juga bisa memilih gaya baris dan warna dengan mengetuk pilihan yang berada di bawahnya.
  7. Selesai, tabel berhasil dibuat. Anda bisa kembali ke menu sebelumnya untuk mengubah warna isian, warna font, gaya sel, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Begitulah cara membuat tabel di MS Excel lengkap mulai dari versi PC dengan dua metode dan versi aplikasi di Android.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat mengenai Excel ini dapat memudahkan kalian mengerjakan sesuatu.

Apabila terdapat kendala atau pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Sekian dulu dari saya. Terima kasih.

Mahasiswa DKV yang sejak kecil menjadi penggemar teknologi khususnya pada gadget seperti komputer dan smartphone

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *