Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru

Cara private akun Instagram versi terbaru. Kekurangan dan kelebihan private akun Instagram. Mengunci akun Instagram membuat akun Anda lebih aman dan privasi terjaga.


Private account adalah akun Instagram yang pada halaman profil tertulis “akun ini bersifat pribadi” dengan ikon gembok dan postingannya tidak akan terlihat.

Unggahan dari akun private hanya terlihat jika orang sudah mengikuti dan mendapat persetujuan dari pemilik akun.

Jika Anda adalah orang yang risih ketika akun Anda dilihat oleh publik, cara private akun Instagram menjadi solusi agar privasi Anda lebih aman.

Sebab, akun Instagram yang bersifat pribadi akan menjadi pantangan bagi seorang stalker karena mereka tidak akan bisa melihat unggahan dari akun tersebut.

Belum lagi, banyak orang yang kadang suka mengambil foto maupun video orang lain tanpa seizin pemilik akun.

Tentu saja, adanya fitur private account seperti ini cukup bermanfaat bagi pengguna.

Sebelum menuju ke cara private akun Instagram ada beberapa keunggulan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Mulai dari kelebihan cara private akun Instagram sebagai berikut.

Kelebihan Akun Instagram Bersifat Pribadi

  1. Privasi menjadi lebih aman. Semua unggahan Anda seperti foto, video, reels, dan story Instagram tidak akan terlihat dan tercuri oleh orang lain yang tidak mengikuti akun Anda.
  2. Menghindari orang mengganggu Anda. Orang yang tidak mengikuti Anda tidak akan bisa berkomentar di unggahan Anda. Sementara DM yang masuk juga akan tersaring dahulu.
  3. Membuat orang lain semakin penasaran. Private account akan membuat orang yang mengunjungi profil Anda semakin penasaran dengan apa yang Anda unggah.
  4. Menambah pengikut. Beberapa orang menggunakan cara menambahkan pengikut dengan membuat akun mereka private agar orang lain harus mengikuti jika ingin meilhat.
  5. Mengurangi jumlah orang yang unfollow. Mengubah jenis akun menjadi private juga menjadi cara agar orang lain tidak melakukan unfollow akun Anda, sebab Instagram akan memberikan notice sebelum orang lain unfollow.
  6. Memilih untuk menerima atau menolak orang yang akan mengikuti akun kita. Jika kita mengubah menjadi private akun, maka kita dapat menyaring siapa saja yang mengikuti akun kita tanpa perlu menghapus follower.

Meskipun memiliki keuntungan, tetapi akun yang private juga tetap memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan jika Anda mengunci akun Instagram Anda.

Kekurangan Private Akun IG

  1. Orang lain yang mengunjungi profil Instagram Anda akan berpikir untuk mengikuti akun Anda atau tidak. Satu-satunya cara agar mereka mengikuti Anda adalah membuat foto profil dan bio Anda terlihat menarik.
  2. Jumlah engagement seperti jumlah like dan komentar mungkin tidak akan terlalu banyak, karena cara kerja private akun adalah hanya orang yang mengikuti Anda yang dapat melihat unggahan Anda.
  3. Instagram tidak akan merekomendasikan unggahan Anda ke fitur rekomendasi maupun insight. Cara kerja algoritma biasanya merekomendasikan postingan yang relate dengan perilaku pengguna akun, jika akun Anda postingannya relate tetapi bersifat private account maka IG tidak akan memunculkannya.
  4. Meskipun Anda menyematkan hashtag dan lokasi pada unggahan Anda, publik yang tidak mengikuti akun Anda juga tidak akan bisa melihat unggahan Anda.
  5. Ketika Anda menandai orang lain (tag) di postingan Anda, maka orang yang tidak mengikuti Anda tidak akan bisa melihat, kecuali orang tersebut adalah orang yang Anda tandai.
  6. Memerlukan usaha lebih untuk mendapatkan pengikut, sebab Anda perlu menyetujui orang lain apabila ada orang lain yang ingin mengikuti akun Anda.
  7. Tidak dapat menambahkan followers menggunakan jasa penyedia followers.
  8. Tidak dapat digunakan untuk beriklan.
  9. Anda tidak dapat mengunduh unggahan Anda yang berupa story Instagram, foto, postingan, hingga reels meskipun dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Setelah membaca keuntungan dan kerugian di atas, sekarang Anda sudah bisa mempertimbangkan untuk membuat akun IG menjadi privatt atau tidak.

Jika Anda memutuskan ingin mencoba, kami telah menyediakan langkah-langkah untuk private akun Instagram versi terbaru sebagai berikut.

Baca juga: Cara Menghapus Like di Instagram

Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru

Berikut cara private akun Instagram versi terbaru.

  1. Pertama, cara yang harus Anda ikuti adalah login dan bukan halaman profil Instagram Anda.
    Cara Membuat Instagram Menjadi Akun Pribadi (Private Account)
  2. Kemudian ketuk ikon garis tiga di bagian pojok kanan atas.
  3. Lalu pilih Pengaturan.
    Cara Membuat Instagram Menjadi Akun Pribadi (Private Account)
  4. Setelah itu scroll ke bawah hingga menemukan tulisan “Akun Privat“.
  5. Cara selanjutnya dengan mengetuk ikon pada samping tulisan tersebut hingga berwarna biru.
  6. Selesai, sekarang Instagram Anda berhasil tergembok atau terkunci.

Setelah Anda mengikuti cara private akun Instagram versi terbaru di atas maka akun Anda seharusnya sudah berubah menjadi private account.

Anda dapat melihatnya menggunakan akun lain yang belum mengikuti akun utama Anda.

Jika sudah digembok, unggahan terbaru Anda tidak bisa terlihat publik, dan diikuti perlu persetujuan maka Anda sudah berhasil.

Sekarang unggahan Anda menjadi lebih aman, orang lain tidak yang tidak mengikuti Anda tidak akan bisa melihat dan orang lain tidak bisa mencuri konten yang Anda buat termasuk dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Jika masih belum berhasil, mungkin Anda perlu membaca penyebab kenapa akun Instagram tidak bisa private sebagai berikut.

Kenapa Akun Instagram Tidak Bisa Diprivate?

Penyebab kenapa akun Instagram tidak bisa diprivate bisa dikarenakan karena Anda belum menggunakan Instagram versi terbaru.

Jika belum coba untuk update aplikasi Instagram Anda.

Apabila sudah mengikuti cara update yang sesuai tetapi masih belum bisa, ada kemungkinan akun Anda sudah pernah Anda ubah ke jenis profil bisnis.

Baca juga: Cara Mengubah Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis

Jika iya, Anda perlu mengikuti cara membuat akun bisnis Instagram menjadi biasa.

Mungkin cukup sekian dulu artikel kali ini tentang cara private akun Instagram versi terbaru. Apabila ada pertanyaan silakan tanyakan di kolom komentar. Terima kasih.


Artikel Terkait:

Share:
Photo of author

Ahmad Fauzan

Penulis, editor, dan tech enthusiast. Telah berpengalaman dalam bidang menulis dan web development sejak tahun 2013.

Tinggalkan komentar

close