Cara Membuat Halaman Facebook di Android

Cara Membuat Halaman Facebook di Android – Halaman atau bisa juga disebut fanspage merupakan sebuah fitur yang menjadi wadah bagi usaha, komunitas, tokoh, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan akun pribadi yang memiliki banyak keterbatasan, halaman isinya lebih interaksi antara suatu nama dengan penggemar.

Jadi di halaman nanti tidak ada tombol tambahkan teman, untuk melihat postingannya cukup dengan mengunjungi. Untuk mengikuti juga hanya dengan menyukai dan mengikuti halaman tersebut.

Intinya untuk melihat update dari suatu halaman tidak perlu berteman layaknya akun biasa.

Bertepatan pada postingan ini, Ngeneki.com mencoba untuk memberikan tutorial lengkap disertai gambar dan penjelasan mengenai bagaimana cara membuat halaman Facebook di Android.

Sebelum menuju ke langkah-langkah ada baiknya baca kebijakan dari Facebook terkait halaman di https://www.facebook.com/policies/pages_groups_events/. Jika sudah langsung saja menuju ke langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Membuat Halaman FB Menggunakan Aplikasi Facebook di Android

  1. Buka aplikasi Facebook (bukan lite) di smartphone Android anda. Jika belum silahkan download di Google Play Store.
  2. Login ke akun Facebook anda pribadi.
  3. Kemudian masuk ke menu paling kanan, lalu cari menu lagi dengan nama “Halaman“. Letaknya sendiri tidak harus sama seperti pada gambar, karena saya sudah pernah membuat halaman, jadi mungkin berubah.
    Menu Profil Facebook
  4. Setelah masuk ke Halaman, pilih “Buat“. Nanti akan ada sekilas informasi mengenai halaman, langsung saja ketuk “Mulai“.
    Buat Halaman di Facebook
  5. Selanjutnya anda akan diminta mengisikan nama yang akan dibuat sebagai halaman. Isikan sesuai dengan kebutuhan anda, misal akun tentang quotes saya beri nama Zona Kata-kata atau halaman untuk situs web seperti Matericermat.com.
    Membuat Nama Halaman
  6. Lalu pilih kategori halaman fanspage anda. Di sini saya menggunakan situs web, karena saya sedang membuat halaman untuk situs saya. Setelah itu akan muncul pengisian situs web (tidak semua ada). Jika anda mempunyai situs silahkan di isi, jika tidak dilewati saja.
    Memilih kategori halaman
  7. Terakhir tambahkan foto profil dan sampul untuk halaman anda. Foto profil sendiri bentuknya persegi yang nanti akan dipotong menjadi lingkaran dan foto sampul berbentuk persegi panjang. Usahakan keduanya mewakili apa maksud dari halaman yang anda buat.
    Memilih foto profil dan sampul Halaman
  8. Terakhir buat nama pengguna untuk halaman anda dengan mengetuk tulisan “Buat @namapengguna Halaman”.
    Membuat nama pengguna halaman
  9. Lalu ketik nama pengguna yang anda inginkan, jika gagal berarti kemungkinan nama tersebut tidak tersedia. SIlahkan coba dengan nama lain. Nama pengguna tidak boleh menggunakan karakter yang aneh dan spasi. Nama pengguna halaman juga akan menjadi alamat URL halaman anda. Misal, facebook.com/matericermatcom.
  10. Selesai, tekan “Ok”. Sekarang halaman anda sudah siap digunakan. Yang bisa anda lakukan sekarang yaitu mengundang teman untuk menyukai halaman atau membuat sebuah postingan.

Itulah tutorial membuat halaman di Facebook step by step menggunakan aplikasi FB yang ada di Android. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Tinggalkan komentar