Fauzan Seorang mahasiswa DKV, Web Developer, dan SEO Enthusiast yang sudah lama dekat dengan dunia teknologi

Cara Melihat Barcode WA Sendiri

3 min read

Cara Melihat Barcode WA Sendiri

Cara Melihat Barcode WA Sendiri – Siapa yang tidak mengenal aplikasi chatting WhatsApp? Keberadaannya di zaman teknologi yang serba maju saat ini, membuat whatsapp semakin terus berkembang dan digunakan oleh banyak orang di dunia.

Bahkan, kepopuleran aplikasi chatting yang satu ini pun kini dapat melebihi penggunaan telepon dan sms pada smartphone.

Orang-orang kini bahkan lebih memilih untuk menggunakan pulsa mereka untuk penggunaan kuota whatsapp daripada harus digunakan untuk sms dan telepon.

Karena whatsapp ini memang bisa lebih hemat dan murah dalam penggunaan kuota dan pulsa.

Buat Anda yang ingin komunikasi melalui telepon, video call, maupun chat seperti sms, pada android bisa menggunakan aplikasi whatsapp yang menyediakan fitur itu semua.

Tidak hanya dalam aplikasi whatsapp pada smartphone saja yang bisa digunakan. Namun whatsapp dalam website dapat membantu dengan menggunakan fitur-fitur unik tersebut.

Anda bisa dengan puas melakukan video call pada layar yang cukup lebar sesuai dengan ukuran layar laptop yang sedang Anda gunakan.

Tapi, sebenarnya bagaimana cara untuk masuk whatsapp melalui website resminya? yang Anda butuhkan adalah barcode atau kode batang wa di hp sendiri.

Mengenal Barcode Whatsapp

Selanjutnya maka akan timbul pertanyaan tentang bagaimana cara melihat barcode WA sendiri? Sebelumnya kita kan membahas terlebih dahulu  tentang apa itu barcode.

Barcode umumnya berisikan data informasi yang berisi tentang penggunaan aplikasi Anda hingga terakhir penggunaannya. Barcode whatsapp sendiri di android akan memunculkan beberapa menu seperti kontak whatsapp, chat, dan profil.

Oleh karena itu, barcode tersebut bersifat sangat rahasia dan mesti berhati-hati jangan sampai orang lain menggunakan barcode Anda pada aplikasi whatsapp.

Barcode atau kode batang ini bisa Anda temukan pada aplikasi whatsapp yang ada di smartphone. Cara melihat barcode WA sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Yang harus Anda lakukan pada pertama kali adalah cukup persiapkan laptop yang akan digunakan dan smartphone whatsapp milik Anda sendiri.

Barcode whatsapp sendiri hanya bisa diakses oleh nomor ponsel yang sudah tersambung dan digunakan  whatsapp yang ada pada smartphone. Barcode juga merupakan kumpulan data optik yang dapat dibaca oleh mesin.

Namun teknologi barcode yang digunakan pada whatsApp ini bukan barcode dalam bentuk garis, melainkan menggunakan barcode versi terbaru, yaitu QR Code. QR Code ini sendiri merupakan barcode yang memiliki corak secara dua dimensi.

Agar dapat membaca Barcode, WhatsApp Anda harus menggunakan kamera belakang smartphone untuk proses memindai barcode.

Maka sangatlah penting untuk memastikan kamera belakang agar bisa menangkap gambar dengan baik, karena jika kamera belakang Anda bermasalah maka proses pemindaian QR Code pun tentunya tidak akan berhasil.

Mengunjungi Website Resmi Whatsapp

Untuk mengakses Whatsapp web, Laptop yang akan digunakan tentunya terlebih dahulu harus disambungkan dengan internet. Kemudian, kunjungi website resminya pada mesin pencarian ydiang Anda pilih alamat https://web.whatsapp.com.

Anda akan diarahkan ke tampilan whatsapp web yang mengharuskan Anda untuk memasukkan nomor telepon. Dengan demikian Anda harus mengetahui cara melihat barcode WA yang digunakan.

Langkah selanjutnya, persiapkan juga smartphone Anda sudah benar-benar terkoneksi dengan jaringan internet.

Setelah whatsapp website sudah siap, maka buka aplikasi whatsapp pada smartphone Anda. Cara melihat barcode WA sendiri adalah dengan klik titik tiga di pojok kanan atas.

Maka akan ada lima pilihan dan salah satunya yaitu tulisan “Whatsapp Web”. Dekatkan smartphone Anda dengan laptop yang sudah membuka whatsapp web.

Lalu, klik tulisan “Whatsapp Web” yang ada pada layar smartphone.

Secara otomatis, alat scan yang ada pada smartphone akan meminta Anda untuk memindai QR code yang sudah terpasang jelas pada whatsapp website resmi.

Cara Melihat Barcode dengan Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara melihat barcode WA sendiri di hp juga harus didukung dengan koneksi internet. Jadi, pastikan kedua perangkat tersebut memang sudah tersambung dengan jaringan internet yang memang stabil.

Jika salah satu perangkat antara laptop atau smartphone tidak tersambung jaringan internet, dapat dipastikan Anda tidak bisa menggunakan whatsapp versi website.

Untuk Anda yang ingin terus menggunakan whatsapp website namun, malas untuk membuka whatsapp di smartphone dan memasukkan scan barcode kembali.

Cobalah untuk mencentang tulisan “tetap masuk” saat diminta scan barcode. Lakukan hal ini sebelum memasukkan scan barcode. Sehingga, selanjutnya tidak perlu melihat barcode WA lagi.

Akan tetapi, jika jarang menggunakan whatsapp website dan menjaga agar akun whatsapp tidak mudah untuk dibuka oleh orang lain sebaiknya tidak perlu melakukan hal tersebut. Anda bisa sesekali menggunakan cara melihat barcode WA sendiri agar lebih aman.

Masih belum tahu mengenai cara melihat barcode WhatsApp? Jangan khawatir, karena banyak orang yang mengalami hal yang sama, khususnya untuk orang yang masih baru menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi.

Pasti banyak fitur yang belum banyak diketahui bagian letak dan fungsinya. Untuk itu baca perlahan informasi ini.

Web Whatsapp Kode QR memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan chatting melalui browser dekstop. Jadi dalam pengetikan teksnya maka  bisa lebih cepat.

Fitur pada WhatsApp Web sudah lama ada, namun masih sedikit orang yang bisa menggunakannya. Mungkin karena masih sedikit orang yang tahu mengenai fungsinya atau belum memerlukannya.

Karena umumnya fitur ini biasa digunakan orang yang berjualan online untuk dapat berkomunikasi dengan calon pembelinya.

Sebetulnya untuk mengetahui bagaimana cara melihat barcode hanya perlu mengikuti beberapa langkah singkat berikut ini:

  1. Pertama siapkan laptop atau PC untuk membuka browser, Anda boleh menggunakan browser andalan Anda misalnya bisa menggunakan Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, atau yang lainnya.
  2. Selanjutnya silakan buka atau kunjungi laman WhatsApp Web melalui browser https://web.whatsapp.com/.

Jika sudah masuk laman WhatsApp versi Web dengan sempurna, maka nantinya akan nampak kotak barcode atau QR Code berwarna hitam mencolok.

QR Code itulah yang nantinya akan dipindai menggunakan aplikasi Whatsapp jika ingin menggunakannya di laptop atau komputer.

Untuk melakukan pemindaiannya sangatlah mudah, Anda hanya tinggal jalankan aplikasi WhatsApp kemudian masuk ke Menu.

  1. Klik ikon berbentuk titik tiga horizontal pada bagian atas kanan dan pilih Whatsapp Web.
  2. Pilih ikon + (plus) untuk memulai pemindaian, lalu kemudian arahkan tangkapan kamera ke layar laptop yang terdapat barcodenya.

Jika Anda sudah mahir maka Anda dapat membantu melihat barcode whatsapp orang lain.

Tentunya Anda tidak bisa melihat whatsapp teman di hp sendiri. Itulah penjelasan mengenai cara melihat barcode WA sendiri dengan bantuan dari aplikasi whatsapp pada smartphone.

Setelah scan barcode sukses dilakukan, Anda sudah bisa menggunakan whatsapp website yang sesuai dengan percakapan dan informasi seperti di dalam whatsapp pada smartphone Anda.

Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang memerlukan informasi seputar barcode untuk whatsapp website.

Fauzan Seorang mahasiswa DKV, Web Developer, dan SEO Enthusiast yang sudah lama dekat dengan dunia teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *