Ahmad Mahasiswa sekaligus blogger

Cara Download Video dari Facebook di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi

2 min read

Cara Download Video dari Facebook di HP Android – Facebook sebagai salah satu media sosial besar yang sudah lama dikenal pengguna internet memang mempunyai konten beragam jenis. Bukan hanya teks melainkan juga gambar dan video.

Khususnya untuk video, banyak sekali beragam video yang sering kita lihat di Facebook. Entah itu tersebar di grup, postingan dari orang lain, atau halaman.

Video tersebut bisa jadi konten hiburan, informatif, atau kejadian-kejadian yang bermacam-macam. Maka gak jarang kita menemukan video yang populer atau viral dan ditonton oleh banyak orang.

Akan tetapi sangat disayangkan, ternyata kita hanya bisa melihat saja saat di Facebook. Anda tidak bisa mendownloadnya dengan mudah dari sana.

Hingga saat ini belum ada fitur dari FB yang dibuat untuk download video, mungkin alasannya karena tidak terlalu penting atau bisa juga supaya kita hanya bisa melihat ketika membuka aplikasi maupun mengakses situsnya.

Untuk itu di sini saya akan berbagi cara untuk mengatasi hal tersebut dengan solusi yang bisa dibilang cukup mudah untuk diikuti dan di praktekan.

Hanya dengan aplikasi yang ada di Google Play store HP Android atau situs web yang bisa diakses melalui browser, anda sudah bisa melakukannya.

Aplikasi tersebut bernama MyVideoDownloader for Facebook yang berbasis seperti browser tetapi mempunyai fitur khusus yang dirancang untuk mendownload video dari Facebook.

Situs tersebut bernama savefrom.net, yang memang dibuat untuk keperluan download video dari berbagai situs.

Sebelum anda melakukan langkahnya silahkan cermati dulu perbandingan yang saya buat antara dengan aplikasi atau tanpa aplikasi di bawah sebagai berikut.

Kelebihan menggunakan aplikasi MyVideoDownloader

  • Lebih mudah ketika sudah memasang aplikasinya, anda tinggal sekali pasang dan jika menemukan video hanya dengan memencet tombol yang sudah ada di aplikasi tersebut.
  • Aplikasi MyVideo Downloader for Facebook juga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas di Facebook seperti pada umunya.

Kekurangan menggunakan aplikasi MyVideoDownloader

  • Anda harus mendownload dan menginstall terlebih dahulu aplikasi MyVideoDownloader for Facebook dari Google Play Store yang ada di HP Android anda.
  • Anda harus melakukan login kembali ke aplikasi tersebut, bagi yang males mengetik email dan password mending gak usah deh.

Kelebihan menggunakan situs savefrom.net

  • Tidak perlu memasang aplikasi apapun, karena hanya dilakukan melalui browser yang biasanya sudah ada di ponsel anda.
  • Dalam melakukannya cukup mudah dan cepat, karena situs savefrom.net memang di desain untuk mengunduh berbagai video dari berbagai situs di internet, salah satunya Facebook.

Kekurangan situs savefrom.net

  • Harus membuka situs Facebook terlebih dahulu atau aplikasi Facebook.
  • Harus menyalin link dan kemudian di paste pada situs savefrom.net.
  • Harus memiliki browser dan sering berpindah-pindah aplikasi.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari kedua cara yang akan saya sampaikan dibawah.

Daripada kebanyakan basa-basi, untuk itu mending kita langsung saja lanjut ke langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara download video Facebook dengan aplikasi MyVideoDownloader for Facebook

Cara Download Video dari Facebook di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi
  1. Download dan install aplikasi “MyVideoDownloader for Facebook” dari Google Play Store yang ada di ponsel anda atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.giannz.videodownloader&hl=in.
  2. Jika sudah buka, kemudian jika dimintai perizinan silahkan pilih izinkan.
    Cara Download Video dari Facebook di HP Android dengan dan Tanpa AplikasiCara Download Video dari Facebook di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi
  3. Kemudian pilih login, dan masukan email atau nomor hp dan password akun Facebook anda.
    Cara Download Video dari Facebook di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi
  4. Jika sudah masuk dan menemui tampilan Facebook seperti pada umumnya, silahkan cari video yang ingin anda download.
    Cara Download Video dari Facebook di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi
  5. Jika sudah ketemu pencet bagian tengah video atau tombol play, nanti akan muncul pop up dengan berbagai pilihan. Pilih saja download.

Cara download video tanpa aplikasi dengan menggunakan situs savefrom.net

  1. Buka aplikasi Facebook atau situs Facebook.com seperti pada biasanya. Di sini saya menggunakan aplikasi Facebook.
  2. Cari video yang akan anda download.
    Cara Download Video dari Facebook di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi
  3. Ppilih ikon titik tiga pada bagian pojok kanan atas video.
  4. Nanti akan muncul pilihan, silahkan pilih salin link tautan.
  5. Jika sudah, buka browser yang ada di smartphone android anda kemudian buka situs https://id.savefrom.net/. Di sini saya menggunakan browser Google Chrome.
    Cara Download Video dari Facebook di HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi
  6. Pastekan link video yang tadi sudah dicopy dari Facebook
  7. Tunggu hingga proses selesai, kemudian geser ke bawah. Nanti akan muncul tombol download, silahkan pencet tombol tersebut.

Begitulah caranya untuk melakukan download video dari Facebook. Sebenarnya gak terlalu sulit bukan? tetapi memang mungkin anda belum tahu sebelumnya.

Sekarang anda sudah berhasil melakukannya. Tetapi perlu diingat, bahwa cara tersebut mungkin menyalahi aturan dari pihak Facebook. Kalaupun tidak apa-apa pasti pihak FB sendiri sudah memberikan fitur tersebut secara langsung dari aplikasi resmi atau situsnya.

Tetapi pada kenyataannya kan tidak. Maka dari itu saya beranggapan demikian.

Selain kedua cara di atas, entah itu yang menggunakan aplikasi dan yang tidak menggunakan aplikasi sebenarnya masih banyak aplikasi dan situs lain yang bisa digunakan untuk mengunduh.

Namun, saya lebih senang dengan aplikasi dan situs web diatas karena menurut saya mudah dan gratis.

Demikian dahulu artikel tentang download video dari fb kali ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa memecahkan masalah anda dan bermanfaat.

Jangan lupa bagikan ke berbagai media sosial, supaya teman anda yang lain juga tahu dan anda akan terlihat lebih dahulu. Terima kasih dan sampai jumpa.

Ahmad Mahasiswa sekaligus blogger

Fungsi Colek di Facebook, Fitur yang Hampir Terlupakan

Fungsi Colek di Facebook – Dizaman sekarang yang serba canggih dan erat kaitannya dengan teknologi ini semuanya menjadi lebih termudahkan, salah satunya yaitu adanya...
Ahmad
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *